Ingin Mempercantik Rumah, tapi Dana Terbatas? Vinyl adalah Pilihan Terbaik

2018-08-13T13:31:44+00:00Maret 10th, 2018|Categories: Lantai Vinyl, Vinyl|Tags: , , |

Rumah bukan sekadar tempat untuk berlindung dari teriknya matahari dan dinginnya malam, melainkan juga sebagai tempat untuk mencari kenyamanan. Tak jarang orang rela mengeluarkan uang demi menciptakan sebuah hunian yang layak. Salah satunya ialah dengan melakukan renovasi. Sayangnya, tidak semua orang sanggup mengeluarkan biaya besar untuk merombak rumah dan vinyl adalah pilihan terbaik

“Perhaps home is not a place but simply an irrevocable condition.”

James Baldwin.

Lantas, bagaimana cara mempercantik hunian dengan biaya terbatas? Cara paling aman dan murah, bahkan untuk rumah sewa sekalipun, adalah dengan mengubah dekorasi rumah. Cukup lakukan perubahan di sejumlah bagian, seperti mengganti lantai dengan vinil. Vinyl adalah solusi cerdas untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Apa itu Lantai Vinyl? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

Vinyl adalah

Vinyl adalah – motif kayu vinyl

Material Plastik

Lantai vinyl pada dasarnya adalah material plastik yang berfungsi untuk melapisi lantai. Penggunaan vinil sebagai lantai sudah dimulai sejak tahun 1930-an. Lantai ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1933 melalui pekan raya Century of Progress Exhibition di Chicago.

Meski vinyl merupakan lantai yang mudah dipasang, tetapi kepopulerannya sendiri sempat memudar seiring dengan pecahnya Perang Dunia II. Produksi vinil pun terhenti sementara hingga perang berakhir.

Pada tahun 1960-an, vinyl mulai mengalami perkembangan. Vinyl kembali menjadi material lantai yang paling banyak dipilih konsumen. Bahkan ketenarannya hampir menyamai karpet.

Pada tahun 1970-an, lantai papan vinyl mulai diperdagangkan. Lantai ini bermotif kayu dengan potongan yang menyerupai aslinya. Jenis papan sangat disukai karena terlihat lebih realistis ketimbang model lembaran.

Saat ini ada tiga jenis vinyl yang di jual di pasaran, yakni vinyl plank, vinyl tile, dan karpet vinyl roll. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, tetapi tujuannya sama, yaitu untuk melapisi lantai dan memberikan suasana yang baru pada hunian Anda.

Vinyl plank

Merupakan jenis vinil yang memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar antara 10 sampai 20 sentimeter dan panjang antara 90 sampai 100 sentimeter. Umumnya, motif vinyl plank didominasi oleh corak kayu.

Vinyl tile

Dibuat menyerupai keramik. Bentuknya kotak dengan ukuran dan warna yang bervariasi. Bedanya, vinyl tidak perlu menggunakan nat layaknya keramik—lantaran sambungan antara vinil dengan vinil lainnya sangat rapat.

karpet vinyl

Merupakan pelapis lantai yang bentuknya menyerupai karpet. Jika karpet dibuat dari bahan katun atau nilon, karpet vinil berbahan dasar Polyvinyl Chrolide (PVC) yang lebih solid dan tidak berbulu. Serupa dengan dua jenis lainnya, karpet vinil juga memiliki beragam motif.

Lantai Vinyl Adalah Untuk Mempercantik Hunian Anda

Vinyl adalah

Vinyl adalah – vinyl untuk ruang tamu

Desain

Berkat teknologi canggih, vinyl semakin berkembang dan mengalami sejumlah perubahan, baik dari segi desain, model maupun warna. Anda dapat mempercantik rumah dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu saja, penggunaan vinil sebagai alas mampu meningkatkan estetika dan nilai jual rumah sebuah rumah.

Nyaman

Maklum saja, dibandingkan dengan kayu, permukaan vinyl lebih halus karena dilapisi dengan busa ataupun kain. Tidak seperti ubin, pelapis lantai vinil jauh lebih hangat. Penghuni rumah akan merasakan kenyamanan saat berpijak di atasnya.

Model

Vinil merupakan pilihan terbaik untuk rumah karena materialnya kuat, awet, tahan air, dan tidak mudah tergores. Desainnya pun bervariasi, ada banyak model dan warna. Vinyl cocok digunakan di berbagai ruangan.

Lantai vinyl sering digunakan untuk membuat hunian bergaya minimalis menjadi lebih elegan. Rumah minimalis menonjolkan kesederhanaan, tanpa menghilangkan keindahan. Umumnya, hunian dengan konsep ini memiliki dekorasi interior yang mengutamakan fungsi.

Desain rumah minimalis pun efisien, jarang sekali menggunakan sekat. Inilah mengapa gaya minimalis kerap digunakan untuk rumah yang tidak begitu luas. Salah satu yang menjadi ciri khas rumah ini adalah penggunaan material jenis batuan ataupun kayu untuk interior maupun eksterior.

Motif

Pada bagian lantai misalnya, vilny jenis motif kayu oak sering dipilih untuk melapisi lantai ruang tamu lantaran memberikan nuansa alami. Selain oak, corak kayu hutan pun tak kalah favorit. Jika Anda kurang begitu menyukai motif kayu, ada motif bebatuan yang dapat dijadikan alternatif.

Sama halnya dengan corak kayu, corak bebatuan tampak natural, ruangan pun terasa lebih sejuk. Dengan kombinasi perabotan yang tepat, ruang tamu akan menjadi tempat pertemuan yang nyaman.

Warna

Di ruang keluarga, Anda dapat menyesuaikan warna lantai vinyl dengan warna sofa, dinding, atau wallpaper. Tak masalah menggunakan warna yang kontras selama perpaduannya pas.

Vinil pun cocok dipasang di ruang tidur. Malahan, motif kayu akan membuat kamar terasa lebih hangat. Tidur pun semakin nyenyak. Tak hanya itu saja, kamar akan tampak lebih cantik dan elegan.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa lantai vinil dapat digunakan untuk melapisi area dapur. Vinyl dipilih karena ketahanannya yang baik terhadap air. Setiap lembarannya mengandung perekat yang sangat kuat.

Mengingat dapur adalah salah satu tempat yang mudah kotor, lantai vinyl merupakan pilihan bijak. Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkan lantai karena vinil mudah untuk dibersihkan. Lantai vinyl memang dirancang untuk meminimalkan noda selama penanganannya cepat.

Di Indonesia, kebanyakan lantai kamar mandi menggunakan jenis lantai keramik karena ketahanannya yang baik terhadap air. Namun, sifat kamar mandi yang identik dengan hawa lembap karena cenderung basah, keramik dapat menyebabkan penghuni rumah terpeleset atau terjatuh. Cukup berbahaya bagi anak-anak.

Untuk menghindari hal tersebut, tidak sedikit orang mulai menerapkan kamar mandi kering, yakni menggunakan bathtub, toilet duduk, dan wastafel. Kegiatan mandi pun semakin menyenangkan dengan karpet vinyl sebagai penyempurna dekorasi.

Selain diaplikasikan untuk interior, lantai vinil pun dapat digunakan untuk memperindah bagian luar rumah Anda. Tentunya dengan lantai vinyl khusus untuk eksterior. Berbeda dengan vinil interior yang halus, pelapis vinyl untuk luar ruangan dibuat bertekstur agar tetap aman dipijak saat musim penghujan tiba.

Jika warna vinil interior lebih bevariasi, vinyl eksterior hanya menawarkan warna metal. Lantaran didesain untuk luar ruangan, vilny eksterior tahan terhadap sengatan matahari dan antilicin. Lantai ini cocok digunakan untuk melapisi carport dan garasi.

Mengapa Harus Vinyl, Bukan yang Lain?

Sebagian orang sadar bahwa untuk mempercantik rumah diperlukan material yang tepat dan berkualitas. Disamping furnitur, lantai masuk menjadi bagian terpenting dalam sebuah hunian. Bahkan tak jarang lantai menjadi sorotan lantaran mencerminkan tingkat kenyamanan tempat tinggal.

Inilah alasan mengapa orang rela menghabiskan biaya besar untuk memasang lantai marmer demi tampilan rumah yang lebih elegan dan tampak mewah. Sayangnya, marmer pun memiliki kekurangan, yakni mudah kotor, harganya mahal, dan semakin dingin saat musim hujan tiba.

Lain halnya dengan lantai vinil yang fleksibel, dapat digunakan untuk keperluan apa pun dan tahan di segala cuaca. Pasalnya, lantai vinyl memberikan kehangatan, bahkan di musim panas pun tetap nyaman.

Vinyl adalah

lantai yang fleksibel, cocok diaplikasikan di berbagai ruangan, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi hingga dapur. Vinil pun menciptakan kesan homey yang diidamkan dari sebuah hunian.

Dengan segala kelebihan vilny, tak berlebihan rasanya jika lantai ini sangat pas dijadikan sebagai pilihan utama. Agar Anda lebih yakin, simak sejumlah keunggulan vinil, pelapis lantai terpopuler di bawah ini.

  • Daya Tahan

Vinyl adalah

Vinyl adalah – motif kayu

Lantai vinil memiliki daya ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca dan goresan. Berkat antimicrobacterial, vinyl pun tidak mudah terkena jamur dan rayap. Tak hanya itu saja, antistatic membuat vinil tahan guncangan ataupun pergeseran.

Berkat antislip, lantai ini aman untuk dipijak bahkan oleh kaum difable sekalipun. Vinyl didesain agar tetap aman dari paparan sinar ultraviolet yang menjadi penyebab utama warna kusam.

  • Lentur

Lantai berbahan dasar PVC ini tergolong lentur dan aman digunakan.

  • Banyak Pilihan

Vinyl adalah

Vinyl adalah – motif lantai kayu vinyl

Tersedia banyak motif yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari bebatuan, kayu, parket, dan juga keramik.

  • Tampilan Menarik

Vinil dibuat persis menyerupai material aslinya, seperti batu dan kayu. Sangat sulit untuk membedakan lantai ini dari jarak jauh karena terlihat sangat mirip.

  • Multifungsi

vinyl adalah

vinyl adalah – motif lantai vinyl

Tak hanya digunakan untuk melapisi lantai, vinil pun dapat diaplikasikan pada dinding dan plafon.

  • Perawatan

Perawatan lantai vinil mudah karena dibuat dari material yang mudah dibersihkan. Anda pun tak perlu keluar banyak uang lantaran vinil dapat bertahan hingga puluhan tahun.

  • Harga

Harga vinyl tergolong murah dibandingkan dengan material jenis lain. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang memiliki dana terbatas.

Bagaimana Cara Memilih Lantai Vinyl?

Meskipun, di pasaran tersedia beragam jenis vinyl yang akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, tetapi faktanya ada sebagian orang yang justru merasa bingung dengan hal tersebut.

Agar Anda tak salah pilih, cobalah sejumlah tips mudah dalam memilih lantai vinyl berikut ini.

  • Desain
Vinyl adalah

Vinyl adalah – living room

Pastikan untuk menyesuaikan desain lantai vinyl sesuai dengan kebutuhan Anda. Abaikan tren yang sedang berkembang, renungkan sejenak desain vinil yang paling cocok atau mendekati konsep hunian Anda. Apakah itu modern, klasik, natural, mewah, atau minimalis.

  • Warna Vinyl adalah yang sesuai dengan 

Warna tidak hanya memengaruhi kesan suatu ruangan, melainkan berdampak pada psikologi penghuni rumah. Warna merah misalnya, warna ini akan menciptakan suasana yang penuh semangat.

Warna kuning sangat bagus digunakan untuk meningkatkan inspirasi, perasaan gembira, semangat, dan menghilangkan rasa gelisah. Adapun yang menginginkan suasana ruangan yang hangat dan nyaman dapat menjadikan oranye sebagai pilihan.

Lain lagi dengan warna biru, warna ini akan memberikan kesan dingin dan tenang. Sangat cocok digunakan pada ruang tidur dan belajar. Anda dapat memadukan warna biru dengan warna lain untuk mengurangi kesan dingin.

Warna hijau melambangkan kesegaran, warna ini tepat untuk mewujudkan rumah dengan konsep back to nature. Warna hijau pun cocok diaplikasikan untuk ruang santai, sedangkan warna coklat memberikan kesan yang hangat dan natural. Jika Anda ingin hunian tampak mewah, gunakan warna ungu. Warna ini sekaligus menciptakan kesan yang romantis.

Pemilihan warna vinyl yang tepat akan memberi kesan menyenangkan. Perpaduan warna yang selaras akan menciptakan harmoni yang indah.

  • Motif vinyl adalah yang Paling Beragam
Vinyl adalah

Vinyl adalah – kitchen

Serupa dengan warna, corak pun berpengaruh terhadap suasana. Vinyl dengan motif kayu akan menimbulkan kesan yang lebih alami. Corak bebatuan membuat ruangan lebih segar dan menenangkan.

  • Kualitas Vinyl adalah yang terbaik

Pastikan untuk memilih lantai vinyl dengan kualitas terbaik. Tujuannya, agar lantai tahan lama dan awet. Anda tidak perlu mengganti lantai dalam jangka waktu lama. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran Anda.

Bandingkan jika Anda membeli lantai vinil dengan kualitas rendah. Anda akan mengeluarkan lebih banyak dana karena lantai mudah mengelupas dan rusak. Semakin tinggi kualitas vinyl maka semakin tinggi daya tahan dan keawetannya.

2 Jenis Vinyl adalah yang sesuai untuk anda

vinyl adalah

vinyl adalah – jenis lantai vinyl

Ada beberapa dua jenis lantai vinyl yang dapat Anda pilih, yakni vinyl urethane dan nonwax. Kelebihan vinil urethane adalah daya lindungnya yang sangat baik. Lantai vinyl jenis ini akan aman dari goresan, noda, dan benda berat.

Lantai vinil nonwax memberikan kesan yang lebih elegan. Saat disentuh lantai ini terasa lembut. Jika dilihat dengan saksama, permukaan vinyl nonwax tampak licin dan mengilap sehingga rumah terlihat lebih bersih. Lantai vinil nonwax pun mudah dibersihkan.

  • Pengukuran

Pastikan untuk mengukur luas ruangan yang akan Anda lapisi dengan vinil. Anda bisa menggunakan alat bantu meteran yang biasa digunakan oleh pekerja bangunan. Catat berapa panjang dan lebar ruangan tersebut di atas kertas.

Jika Anda kesulitan menentukan berapa banyak vinyl yang dibutuhkan, konsultasikan hal ini dengan penjual sebelum membeli barang. Pengukuran yang tepat akan menghindarkan Anda dari kelebihan anggaran dalam membeli vinyl. Anda pun akan mudah untuk menghintung berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk biaya pemasangan lantai vinil.

  • Harga

Harga merupakan salah satu faktor penting sebelum Anda membeli lantai vinyl. Hal ini berkaitan erat dengan anggaran yang Anda miliki. Namun, jangan sampai Anda tergiur harga murah, tanpa memastikan kualitas lantai vinil.

Sebelum membeli pelapis lantai vinyl, ada baiknya untuk melakukan pengecekan harga pasaran. Tujuannya, agar Anda mengetahui harga rata-rata vinyl. Dengan begini, Anda bisa menyiapkan anggaran yang tepat.

  • Supplier
vinyl adalah

vinyl adalah – kitchen

Banyak orang yang lupa memperhatikan hal ini, padahal disadari atau tidak, penyedia jasa lantai vinil sangat penting untuk dipertimbangkan. Banyak sekali supplier yang menawarkan lantai vinyl sekaligus pemasangan dengan harga murah. Namun, yakinkah Anda bahwa supplier tersebut adalah yang terbaik?

Anda harus memastikan bahwa penyedia lantai vinil tersebut tepercaya.  Jika Anda membeli secara daring, cari informasi melalui internet. Sementara jika Anda membeli secara langsung, Anda bisa langsung datang untuk mengecek kualitas lantai vinil.

Dengan memerhatikan sejumlah tips di atas, Anda akan lebih mudah untuk memilih lantai vinyl yang tepat. Rumah yang indah, hangat, dan nyaman bukan lagi impian. Anda dapat mewujudkannya secara mudah dengan bantuan lantai vinyl.

Vinyl Termurah Hanya di ISIBANGUNAN.COM

Vinyl adalah

Vinyl adalah – hotel room

Apakah Anda tengah mencari pelapis lantai vinyl berkualitas? Pastikan untuk membeli vinyl hanya di isibangunan.com, supplier lantai vinyl terlengkap dan termurah di Indonesia. Nikmati kemudahan dalam berbelanja bahan bangunan. Proses belanja pun cepat, mudah, dan sangat praktis.

Anda tak perlu ragu karena isibangunan.com merupakan situs resmi milik PT Lumbung Kemakmuran Bersama yang dikenal sebagai importir dan distributor material bangunan sejak 2014 silam.

Baca Juga :

Selain tepercaya, isibangunan pun menawarkan harga yang bersaing. Bahkan Anda dapat menjualnya kembali dan meraih keuntungan yang menggiurkan. Soal kualitas, tak perlu diragukan lagi karena isibangunan selalu mengutamakan mutu produk yang dijualnya.

Banyak jenis dan motif lantai vinly yang tersedia. Pilih yang Anda sukai dan lakukan pemesanan di nomor +62811158309 atau datang langsung ke cabang terdekat yang tersebar di sejumlah kota, yakni Bandung, Medan, Jambi, Makassar, Palembang, dan Pekanbaru.

Vinyl adalah pilihan terbaik untuk mempercantik hunian Anda, sedangkan isibangunan.com adalah solusi cerdas untuk berbelanja bahan bangunan berkualitas dan murah. Yuk, belanja sekarang juga!

Komentar

Leave A Comment