Merawat lantai agar terhindar dari kuman dan bakteri bukanlah perkara yang sulit. Tergantung dari jenis lantai apa yang Anda gunakan dan aplikasikan pada hunian Anda. Ada banyak cara untuk merawat lantai rumah Anda dengan cara yang berbeda-beda pada setiap jenis lantai.

 

Di dalam artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat lantai rumah Anda mulai dari merawat lantai granit, vinyl, atau lantai keramik sekalipun. Anda tidak perlu takut lantai Anda kotor atau banyak kuman karena si kecil senang bermain di lantai. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan perawatan sedikit agar lantai Anda terhindar dari bakteri-bakteri jahat.

 

Kesalahan pada perawatan lantai tidak hanya akan merusak tampilan dari lantai tersebut saja, melainkan bisa menimbulkan kerusakan yang mengaruskanmu untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan.

 

Tidak ingin semua itu terjadi? Berikut kami sudah menuliskan beberapa tip untuk merawat lantai

 

Lantai keramik

 

Sebagian dari Anda mungkin tidak mencemaskan kebersihan lantai keramik, tapi coba bayangkan bila si kecil Anda bermain di atas lantai Anda namun lantai tersebut kotor. Itu dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Agar lantai keramik tetap bersih dan terbebas dari kotoran seperti bakteri dan kuman, Anda harus rutin melakukan pembersihan. Cara membersihkan lantai keramik pun terbilang sangat mudah, Anda bisa juga membersihkannya dengan alat-alat yang Anda miliki di rumah.

 

Sering disapu

 

Lantai keramik harus sering disapu, kenapa? Karena, lantai keramik sangat udah ditempeli oleh debu-debu yang kecil sekalipun. Hal ini juga untuk menghindari kotoran-kotoran yang melekat pada lantai keramik. Namun, pilihlah sapu dengan tingkat kelembutan yang cukup. Karena, jika tidak, sapu yang kasar juga akan memberikan goresan pada lantai keramik Anda. Ditambah lagi dengan pasri-passir yang ikut tersapu.

 

Mengepel lantai

 

Mengepel lantai sebaiknya dilakukaan 3 kali sehari. Yaitu saat malam, siang, dan sore. Namun, Anda juga bisa mengepelnya jika saat kotor saja. Atau mungkin bisa dilakukan satu kali sehari saat sore menjelang malam. Anda bisa mengepel dengan menggunakan air bersih saja atau bisa juga dengan ditambah sedikit pelumas pel seperti sabun dan lain sebagainya.

 

Jika menggnakan obat lantai, sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena, hal ini dapat meninggalkan sisa detergen di lantai. Sehingga lantai akan lebih mudah lengket dan cepat kotor.

 

Gunakan alat pel berdaya serap tinggi

 

Gunakan kain pel yang memiliki daya serap tinggi untuk menghindari kelembapan pada lantai keramik. Karena, dengan daya serap yang tinggi, akan lebih memudahkan Anda untuk membersihkan lantai keramik.

 

Jangan menggunakan pembersih berbahan asam.

 

Karena, kandungan asam dapat membuat lantai keramik mudah terkikis. Sehingga, lapisan keramik menjadi terlihat kusam.

 

Lantai vinyl

 

Vinyl merupakan material yang sangat sensitif, proses membersihkan dan perawatannya harus dilakukan dengan tepat dan aman.

 

Tidak berbeda jauh dengan perawatan lantai keramik, lantai vinyl juga harus melakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan Anda menjadi harus menggantinya dengan yang baru.

 

Apa saja tips merawat lantai vinyl? Simak artikel berikut hingga selesai.

 

Sapu secara rutin

 

Partikel debu dan kotoran yang sukar dilihat mata jika dibiarkan akan menumpuk dan mengendap. Hal ini dapat membuat lantai terlihat kusam dan dapat menimbulkan goresan-goresan kecil pada lantai.

 

Menyapu lantai secara rutin akan membuat lantai vinyl jauh lebih bersih. Selain itu, menyapu juga meminimalisir goresan permukaan akibat geserak antara partikel kotoran dengan permukaan lantai.

 

Menggunakan vacuum cleaner

 

Selain menggunakan sapu, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu untuk membersihkan lantai vinyl. Penggunaan vacum cleaner dapat menjangkau area-area yang kotor dann juga sulit untuk dijangkau oleh alat pembersih lainnya seperti di sudut ruangan atau di bawah sofa.

 

Mengepel lantai dan keringkan

 

Setelah proses pembersihan kotoran dengan sapu atau vacuum cleaner, sebaiknya dilanjutkan dengan mengepel lantai vinyl. Proses pengerjaan mengepel lantai vinyl sama dengan mengepel lantai keramik pada umumnya. Bisa dengan menggunakan air bersih saja juga dengan bisa dengan menggunakan sabun pembersih. Berbeda dengan lantai keramik, lantai vinyl memiliki bahan khusus untuk pembersihnya.

 

Hindari menggosok lantai dengan kasar untuk mencegah kerusakan pada lantai.

 

Setelah mengepel selesai segera keringkan lantai dengan kain kering kemudian oleskan pelumas khusus vinyl untuk memberikan kesan mengkilap pada permukaan lantai.

 

Lantai granit

 

Untuk perawatan lantai granit sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan sabun seperti sabun cuci piring cair yang andal untuk menghilangkan noda membandal. Tentu saja Anda memerlukan teknik yang tepat.

 

Caranya cukup dengan menuangkan sedikit sabun cuci piring cair yang lembut atau pembersih dengan pH netral pada selembar kain mikrofiber. Basahi kain dengan sedikit air bersih yang dingin. Kemudian usap dengan lembut ke area yang bernoda. Jangan tergoda untuk mengusapnya dengan gerakan melingkan karena ini bisa merusak permukaan lantai. Setelah noda menghilang, keringkan dan poles lantai dengan menggunakan kain kering.

 

Untuk bahan dekorasi lainnya atau Anda memerlukan lantai-lantai dengan kualitas terbaik, di toko kami menyediakan bahan-bahan dekorasi rumah. Segera kunjungi website resmi kami di isibangunan.com

 

Atau Anda juga bisa berkonsultasi kepada kami mengenai apa saja yang diperlukan untuk mendekorasi rumah Anda agar terlihat baik, indah, cantik, dan elegan. Agar tidak kalah saing dengan rumah sebelah Anda.

silakan cek official website kami www.isibangunan.com

follow IG kami @isi_bangunan

Please rate this