Tips Aplikasi Lantai Vinyl Ke Dalam Ruangan

Lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang banyak diminati akhir-akhir ini. Bukan hanya di Indonesia, lantai ini sangat populer di luar negeri, khususnya untuk rumah atau bangunan komersial. Kehadiran lantai kayu membawa kemewahan tersendiri ke dalam sebuah ruangan.

Bukan hanya untuk interior saja, namun juga untuk eksterior rumah. Mulai dari kayu jati hingga kayu ulin, ada banyak jenis kayu yang bisa dipakai sebagai bahan lantai ini.

Namun, harga lantai kayu yang cenderung mahal, membuat banyak orang beralih menggunakan alternatif lain yang lebih murah. Ya, namanya adalah lantai vinyl.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menjual lantai kayu vinyl murah untuk berbagai keperluan bangunan, seperti rumah, hotel, gedung perkantoran, sampai rumah sakit.

Lantai ini jadi solusi bagi yang mendambakan rumah dengan interior yang berkesan natural, namun menuntut budget yang rendah. Bukan hanya motif kayu saja yang ditawarkan jenis lantai vinyl ini, melainkan banyak sekali pilihan dan ragamnya.

Memang ragam lantai ini bukan hanya dari segi motif dan warna saja, melainkan juga dari segi harga. Ada lantai kayu vinyl murah yang juga menyajikan kualitas yang bagus untuk hunian dan bangunan komersial.

Read More :   Kelebihan Wallpaper 3D Dan Tips Memilih Importir Wallpaper 3D

Sebelum menerapkan lantai ini, ada baiknya melihat dahulu tips-tips tentang penggunaan lantai vinyl, agar mendapat hasil flooring yang sempurna dan memuaskan.

Tips Yang Wajib Dibaca Sebelum Memasang Lantai Vinyl

1. Persiapkan ruangan

  • Kondisi lantai

Sebelum memasang lantai vinyl, keadaaan lantai rumah harus sudah terkondisikan dan  layak untuk dipasangi lantai vinyl. Pemasangannya akan menggunakan lem, maka dari itu, kondisi alas untuk vinyl sendiri sangat penting untuk menentukan hasil flooring yang sempurna.

Pertama, periksa apakah kondisi lantai ada yang retak, pecah atau berlubang. Kalau ada, maka segera perbaiki sebelum memasang lantai vinyl. Jika tidak, maka lem pada vinyl  tidak akan merekat sempurna.

Bukan hanya itu, kondisi lantai yang retak atau berlubang bisa menjadikan lantai vinyl tampak tidak rata dan mudah rusak. Pastikan pula kondisi lantai dalam kondisi benar-benar bersih tanpa debu yang menempel di permukaannya.

Bila lantai dipel, maka pastikan biar kering dulu baru kemudian kita bisa pasang lantai kayu vinyl murah dan berkualitas bagus. Jika kita memperhatikan kondisi lantai sebelum memasang vinyl, maka kita akan mendapat hasil yang terbaik dan sempurna seperti yang diharapkan.

  • Luas ruangan

Luasnya ruangan juga jadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena tentu saja kita ingin tahu seberapa banyak kita membutuhkan lantai vinyl. Jenis lantai ini bisa dibeli dalam bentuk lembaran atau roll, ada juga dalam bentuk persegi.

Read More :   Lantai Vinyl Motif Kayu - Interior Unik, Alami Dan Kelebihannya

Lantai yang fleksibel ini memudahkan dalam memasang, hingga sebenarnya kita bisa memasangnya sendiri tanpa perlu bantuan ahli. Dan hal ini menjadi daya tarik dari lantai ini sendiri.

  • Kelembaban

Kelayakan sebuah ruangan yang akan dilapisi dengan lantai vinyl, juga harus dicek kelembabannya. Bagi ruangan dengan intensitas kelembaban yang tinggi dirasa kurang pas untuk aplikasi lantai vinyl.

Karena akan membuat lantai ini tak terpasang sempurna. Oleh karena itu, survey ruangan mana yang akan dipasangi vinyl ini, sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan vinyl untuk flooringnya.

Leave a Reply