Pemilihan Keramik Tangga tidak boleh hanya melihat keindahannya saja. Faktor keamanan juga sangat penting, agar tidak berbahaya bagi penghuni rumah. Nah, kalau Anda ingin mengaplikasikan keramik pada anak tangga, sejumlah tips berikut ini sangat layak diterapkan.

Kalau Anda ingin mengaplikasikan keramik untuk lantai anak tangga, maka pastikan memilih produk yang tepat. Keramik bertekstur lebih cocok digunakan, karena tidak licin atau antiselip. Sehingga bisa meminimalisir risiko terpeleset ketika melewati anak tangga. 

Apalagi kalau penghuni rumah tangga adalah lansia atau usia kanak-kanak. Risiko terpeleset dan terjatuh bisa saja terjadi. Sebagai antisipasi risiko tersebut,  yang bisa saja berujung fatal maka pastikan menentukan material pelapis anak tangga yang tepat.

Selain penggunaan keramik dengan tekstur yang tepat, sangat penting pula untuk memerhatikan berbagai komponen tangga berikut ini.

 

  • Pasang Handrail atau Pegangan Tangan

Guna memudahkan dalam meniti setiap anak tangga, dan mendukung faktor keamanannya ketika mengakses tangga, maka sangat disarankan untuk melengkapinya dengan pegangan tangan. Tujuannya supaya saat menaiki dan menuruni anak tangga lebih terjaga keselamatannya. 

Pastikan pegangan tangan tersebut terbuat dari material yang tidak licin atau kesat. Anda juga harus memastikan kalau pegangan tangannya terpasang dengan kuat. Sehingga tidak mudah rusak atau bahkan terlepas, yang tentunya bisa berbahaya bagi penggunanya.

Pegangan tangan tersebut sebaiknya dipasang dengan ketinggian antara 80 hingga 90 centimeter. Supaya pegangan tangannya tidak gampang dipanjat oleh anak-anak. Sebab kalau hal itu terjadi tentunya bisa mendatangkan bahaya bagi buah hati.

Kalau buah hati Anda suka bermain dan berlarian di sekitaran tangga, sangat dianjurkan untuk memasang pintu di setiap ujung tangga. Sehingga bisa menjadi perlindungan bagi anak-anak. Apalagi kalau pengawasan dari orang dewasa sangat kurang.

 

  • Pastikan Permukaan Anak Tangga Tidak Licin

Kalau permukaan anak tangganya licin sudah pasti akan sangat berbahaya bagi penghuni rumah. Oleh sebab itu, gunakan hanya pelapis anak tangga dari material yang tidak licin. Keramik Tangga bisa menjadi salah satu pilihannya selain kayu atau marmer. Pastikan tekstur dari keramiknya kesat, supaya menekan risiko terpeleset. 

Bila perlu Anda juga bisa menambahkan alas pada anak tangga berupa matras karet. Supaya permukaan keramiknya tidak terlalu licin. Sekarang ini tersedia banyak ukuran dan motif matras karet yang bisa diaplikasikan di anak tangga. Jadi selain mendukung faktor keselamatan juga tetap enak dipandang. 

 

  • Jangan Biarkan Anak Tangga Dalam Kondisi Gelap

Bila dirasa penerangan di area tangga terbilang kurang, maka Anda harus menambahkan penerangannya. Kondisi tangga yang remang-remang atau malah gelap tentunya tidak mendukung faktor keamanan penghuni rumah. 

Ketika siang hari mungkin Anda masih bisa menggunakan pencahayaan alami dari cahaya matahari. Sehingga area tangga terlihat lebih terang. Sayangnya kalau malam hari pencahayaannya kurang. Untuk itu, Anda harus menambah beberapa lampu LED di bagian pegangan tangga atau anak tangganya. Supaya kawasan tangga tetap terlihat terang.

 

  • Singkirkan Barang Tidak Diperlukan di Anak Tangga

Jangan memenuhi anak tangga dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Karena sudah pasti akan mengganggu akses jalan dan membuat pemandangan tidak nyaman. Bagi yang masih memiliki anak kecil, biasanya berbagai barang bisa berserakan di area anak tangga. 

Berbagai benda itu bisa berupa mainan, buku, alat tulis, alas kaki dan sebagainya. Kondisi tersebut terlihat wajar, tapi sebenarnya sangat berbahaya bila ada barang berantakan di anak tangga. Oleh karena bisa berbahaya bagi pengguna tangga.

Ketika sedang menaiki atau menuruni anak tangga, berbagai barang tersebut bisa saja jadi penyebab seseorang terpeleset. Kalau sampai terjatuh dan terbentur pasti bisa berujung pada kecelakaan. 

Agar tidak ada lagi berbagai benda berserakan di area tangga, maka Anda bisa menyediakan rak khusus di samping tangga. Sehingga anak-anak atau Anda bisa menaruh berbagai barang tersebut dengan rapi dan tidak berbahaya bagi orang lain. Cara ini sekaligus untuk mengajari buah hati untuk selalu merapikan mainan atau benda-benda yang dimilikinya.

 

  • Jangan Mendekorasi Tangga Secara Berlebihan

Jangan pernah membuat ilusi optikal di area anak tangga! Mungkin tujuannya untuk membuat dekorasi interior rumah lebih hidup. Dengan cara mengecat pegangan tangga atau memasang karpet di setiap anak tangga. Sayangnya, cara tersebut dilakukan secara berlebihan.

Sehingga bukannya membuat pemandangan semakin cantik, tapi justru berbahaya bagi penghuni rumah. Penting untuk selalu ditekankan untuk tidak mendekorasi tangga secara berlebihan. Sebab hanya akan meningkatkan risiko kecelakaan saat mengakses anak tangga.

Jadi kalau ingin mengecat pegangan tangga, jangan terlalu mencolok. Jangan pula memasang karpet dengan pola atau motif yang terlalu ramai. Sebab berbagai ornamen tersebut bisa mengakibatkan ilusi optikal. Sehingga akan mengganggu fokus saat orang melangkahkan kakinya di setiap anak tangga.

Nah, itulah sejumlah tips bila Anda ingin mengaplikasikan Keramik Tangga. Mungkin saja masih ada berbagai tips lagi berdasarkan pengalaman pribadi Anda. Sehingga bisa berguna sebagai bahan pertimbangan dalam membuat anak tangga yang aman tetapi tetap terlihat menawan. 

 

Pilih Produk Keramik yang Tepat

Sekarang ini varian produk keramik sangat banyak, berdasarkan ukuran, warna, motif, merek dan harganya. Penting pula untuk membeli di tempat atau toko keramik yang terpercaya. Sebab akan memberikan pelayanan memuaskan dan memberikan informasi akurat terkait produk yang dijualnya.

Kalau Anda masih bingung dengan pemilihan varian produknya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli atau desainer interior. Bisa juga menanyakan produk yang tepat untuk tangga ke penjual keramiknya. Tujuannya untuk mendapatkan jenis, kualitas dan keindahan yang bisa diandalkan untuk pelapis anak tangga.

Anda masih bingung di mana sebaiknya membeli keramik untuk tangga? Tidak perlu ragu dan bingung  lagi! Anda bisa memesan Keramik Tangga melalui IsiBangunan.com.

IsiBangunan adalah importir dan distributor resmi produk aneka bahan bangunan berkualitas. Mutu semua produknya tidak perlu diragukan lagi. Hebatnya lagi seluruh produknya dibanderol dengan harga sangat bersahabat. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga paling murah dengan kualitas yang sepadan. 

Selain produk keramik, tersedia juga beragam produk bermutu lainnya, seperti wallpanel dinding 3D, plafon PVC, lantai vinyl, produk sanitary dan lain sebagainya. Jadi Anda bisa sekaligus memenuhi kebutuhan lain dengan memesannya melalui IsiBangunan.com.

Untuk mengetahui berbagai pilihan produknya bisa langsung mengakses website tersebut. Kualitas setiap produk dijamin terbaik, tapi dengan banderol harga lebih murah. 

Anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk memesan seluruh kebutuhan Anda. Karena pembelian bisa melalui kanal penjualan online. Jadi cukup menentukan produk yang akan dibeli, kemudian transfer pembayaran yang sudah ditentukan. Setelah itu tinggal konfirmasi pembayaran, agar pesanan bisa cepat dikirimkan ke alamat Anda.

Bila masih ada pertanyaan seputar Keramik Tangga, Anda bisa menghubungi adminnya agar bisa mendapatkan penjelasan yang akurat.

Please rate this