5 Alasan Kenapa Segitiga Pengaman Tidak Boleh Diganti dengan Benda Lain

2018-07-31T01:52:04+00:00Januari 24th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , , , , |

segitiga pengaman mobilKetika sedang dalam perjalanan ke tempat kerja atau bepergian ke luar kota, kendaraan mogok mungkin saja terjadi. Dalam kondisi seperti itu, Anda tidak memiliki pilihan selain berhenti untuk sesaat. Dalam proses memperbaiki mesin atau roda kendaraan, Anda diwajibkan memasang semacam tanda kepada pengendara lain agar mereka bisa berhati-hati.

Segitiga pengaman mobil adalah benda terstandar yang umum, sekaligus wajib digunakan sebagai penanda posisi Anda. Segitiga pengaman biasanya diletakkan pada bagian bahu/agak di tepi badan jalan, di bagian belakang mobil dengan jarak tertentu. Jarak akan ditentukan oleh situasi  di mana mobil Anda berada.

Walaupun penggunaan segitiga pengaman sudah ditegaskan, masih saja ada pengendara lalai yang enggan menggunakannya. Alih-alih, dalam beberapa kasus, mereka malah menggunakan benda lain seperti potongan kayu, dahan pohon, atau bahkan setumpuk rumput. Praktik seperti ini sangatlah berbahaya!

Di bawah ini adalah 5 alasan kenapa segitiga pengaman mobil baik digunakan sebagai tanda posisi mobil Anda.

Standar Umum

Segitiga pengaman mobil - sinarharapan.co

Segitiga pengaman mobil – sinarharapan.co

Walaupun berbeda dari segi ukuran, bahan, dan paduan warna, segitiga pengaman sudah menjadi standar, baik di dalam maupun di luar negeri. Karena sifatnya yang sudah dikenal dan umum bagi sebagian besar orang, maka akan berbahaya jika diganti dengan benda lain.

Di jalan menikung, jika yang digunakan adalah tumpukan dahan, pengendara lain mungkin akan berpikir kalau dahan tersebut hanyalah benda gugur dan bukannya tanda kalau Anda sedang berhenti di depan sana. Jika hal semacam ini terjadi, skenario terburuk adalah pengendara lain bisa saja menabrak mobil Anda.

Warna yang Cerah dan Mencolok

Segitiga pengaman mobil - wikimedia.org

Segitiga pengaman mobil – wikimedia.org

Segitiga pengaman memiliki warna merah pada sekeliling tepinya. Warna cerah ini akan tampak jelas saat diterpa cahaya matahari. Dengan warna mencolok, pengendara lain akan dengan mudah mengenalinya.

Dalam hal warna, coba bandingkan dengan potongan kayu atau dahan yang cenderung cokelat dan hijau tua. Warna yang tidak mencolok hanya bisa disadari saat jarak sudah terlanjur dekat.

Ukuran dan Desain yang Portable

Segitiga pengaman mobil - tokopedia.net

Segitiga pengaman mobil – tokopedia.net

Ukuran paling standar untuk segitiga pengaman adalah 30-40 cm pada tiap sisinya. Namun begitu, Anda juga bisa menemukan ukuran yang lebih panjang dari itu. Tanda pengaman ini biasanya bisa dilipat, hingga tidak perlu memakan banyak ruang saat dimasukkan ke dalam mobil.

Dengan ukuran dan desain yang portable, Anda tidak akan kerepotan saat membawanya ke mana-mana.

Produk yang Berinovasi Pada Segitiga Pengaman Mobil

Segitiga pengaman mobil - carmudi.co.id

Segitiga pengaman mobil – carmudi.co.id

Kemungkinan horor lainnya adalah saat mobil Anda mengalami kerusakan pada malam hari. Tidak sampai di situ, keadaan semakin buruk jika daerah tempat Anda berhenti adalah area yang tidak memiliki lampu jalan. Dalam situasi seperti ini, posisi Anda jelas lebih sulit untuk dikenali.

Seiring dengan perkembangan zaman, beberapa produk segitiga pengaman bahkan sudah ada yang berinovasi dengan teknologi pencahayaan (LED), hingga bisa digunakan pada malam hari. Jadi, Anda tidak perlu cemas dengan minimnya cahaya.

Dorongan dari Segi Hukum

Segitiga pengaman mobil - honkforhelp.com

Segitiga pengaman mobil – honkforhelp.com

Di Indonesia, peraturan penggunaan tanda pengaman disinggung dalam Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009, pasal 5 ayat 3. Dalam peraturan ini, pengendara wajib memiliki perlengkapan berkendara seperti dongkrak, ban cadangan, sabuk pengaman, segitiga pengaman, P3K, pembuka roda, helm, rompi dengan pemantul cahaya (untuk beberapa jenis kendaraan roda empat  atau lebih), dan lainnya.

Baca juga:

Peraturan, umumnya, selalu diiringi dengan sanksi bagi yang melanggar. Untuk kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian dalam hal keamanan, pengendara bisa dijatuhi hukuman minimal 2 bulan kurungan dan denda Rp500.000.

Ada lebih banyak alasan kenapa Anda wajib menggunakan segitiga pengaman mobil. Dan 5 alasan di atas hanyalah poin dasarnya saja. Segera miliki, dan Anda pun tidak perlu cemas dalam menjalani aktivitas berkendara. Untuk Info atau Pemesanan Segitiga Pengaman Mobil Klik Di Sini

Komentar

Leave A Comment