Penggunaan lantai vinyl sebagai produk alternatif pengganti keramik untuk menutup lantai sangat digemari. Tidak hanya dipasang untuk mempercantik interior rumah, beberapa gedung perkantoran hingga rumah sakit juga memanfaatkan lantai vinyl roll sebagai pelengkap dekorasi interior ruangannya. Anda hanya perlu menyesuaikan motif lantai vinyl dengan warna cat dinding serta tema yang dihadirkan oleh sebuah interior bangunan. Lebih dari itu, pemasangan lantai vinyl juga relatif lebih murah karena Anda tidak membutuhkan semen seperti saat pemasangan keramik.

Sebelum memasang lantai vinyl roll pada interior bangunan Anda, beberapa fakta ini layak diketahui. Apa saja? Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

Tipe-tipe lantai vinyl

Selama ini mungkin Anda mengira lantai vinyl roll hanya terdiri dari lembaran dengan ketebalan tertentu, persis seperti wallpaper. Padahal, di pasaran Indonesia sendiri ada dua tipe lantai vinyl yang umum digunakan. Pertama, tipe ubin vinyl. Sesuai dengan namanya, tipe lantai vinyl yang satu ini memiliki bentuk persegi layaknya keramik meski pembeliannya dalam bentul gulungan/roll. Motif yang bisa dijumpai pada ubin vinyl yaitu menyerupai marmer, yang cocok diaplikasikan melengkapi desain interior bertema klasik.

Kedua, tipe papan vinyl yang sepintas menyerupai potongan lantai hard wood atau lantai kayu asli. Dengan harga yang relatif sangat murah, tipe lantai vinyl ini cocok digunakan sebagai pelapis lantai ruang keluarga, dapur, maupun kamar tidur. Karena terbuat dari bahan yang elastis, penggunaan tipe papan vinyl tidak mudah rusak dan tahan air.

Cara memasang lantai vinyl roll

Untuk memasang lantai vinyl roll, ada beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan mulai dari persiapan, pemotongan, hingga pemasangan. Hal ini penting diketahui agar tidak ada kekeliruan selama proses pemasangan lantai vinyl roll berlangsung. Cara memasangnya bisa dimulai dengan membersihkan permukaan lantai dan memastikan kondisinya kering. Selanjutnya, ukur terlebih dulu keseluruhan luas ruangan yang akan dipasangi dengan vinyl.

Lanjutkan pada tahap pemotongan. Potong lantai vinyl roll sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Perhatikan potongan yang akan dipasang pada bagian sisi dekat dinding, sehingga lantai vinyl roll dapat terpasang secara presisi. Terakhir, oleskan lem khusus vinyl lantai secara merata pada permukaan dasar vinyl roll dan lantai. Segera tempelkan lantai vinyl roll pada lantai sesuai garis ukuran yang dibuat sebelumnya.

Aman dan nyaman saat dipijak

Lantai vinyl roll memiliki permukaan yang relatif lebih halus karena memiliki lapisan kain tipis atau busa di bagian bawahnya. Oleh karena itu, ruangan dengan lantai vinyl tetap aman dan nyaman selama dipijak. Menariknya lagi, Anda bisa dengan mudah membersihkan permukaan lantai vinyl ini dari debu dan kotoran. Apabila Anda memiliki anak-anak atau binatang peliharaan, maka tidak lagi perlu khawatir akan kebersihan lantai.

Karena mudah dibersihkan dan dijaga keawetannya, tidak mengherankan jika pemasangan lantai vinyl bisa bertahan hingga 20 tahun lamanya. Artinya, biaya perawatan pun dapat lebih ditekan dan dana yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan interior lainnya. Jelas lebih untung dengan memasang lantai vinyl roll, bukan?

Setelah mengetahui serba-serbi lantai vinyl seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda tidak lagi perlu merasa ragu untuk menggunakan pelapis lantai yang terbuat dari vinyl. Temukan motif lantai vinyl roll yang dibutuhkan di situs resmi www.isibangunan.com. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp150.000-an, Anda bisa dengan mudah menemukan lantai vinyl berkualitas terbaik yang sesuai dengan budget. Semoga bermanfaat!

Please rate this