10 Jenis Plafon Terbaik untuk Berbagai Desain Rumah dan Kantor

2018-07-30T22:50:42+00:00Juni 8th, 2018|Categories: plafon|Tags: , , |

Plafon adalah bagian dari rumah yang sering dijadikan finisher atau dikerjakan paling akhir. Bagian ini kerap diabaikan oleh pemilik rumah karena dianggap kurang penting. Asal bagian rumah lain sudah benar, bagian ini bisa dikerjakan seadanya saja asal tidak bocor saja sudah cukup.

Sebenarnya plafon atau ceiling adalah bagian yang cukup penting. Meski sering diabaikan ada banyak hal yang harus dipenuhi agar rumah bisa terlihat lebih indah secara desain atau sehat karena ceiling juga memiliki kemampuan untuk melakukan sirkulasi udara.

Nah, untuk mengetahui seperti apa pentingnya dari plafon dan juga jenis-jenisnya yang cocok untuk rumah dan kantor, simak ulasan di bawah ini.

Mengapa Plafon atau Eternit Penting untuk Rumah dan Kantor?

plafon

Mengapa ceiling Penting untuk Rumah dan Kantor – alternativealexandriawaterfrontplan

Tidak hanya masalah membuat langit-langit di rumah agar tidak kelihatan kerangka bangunan dan gentingnya saja. Namun memiliki beberapa hal penting yang di antaranya terdiri dari:

  • Menentukan Suasana

Plafon menentukan suasana dari rumah atau kantor. Kalau Anda ingin mendapatkan suasana yang berbeda saat berada di rumah, pilih jenis yang berbeda-beda. Misal untuk ruangan bersantai, pilih jenis plafon rendah yang memberikan kesan nyaman sehingga cocok untuk tempat relaksasi.

Sementara itu kalau ingin membuat klien terkesan dengan ruangan yang dimiliki, coba gunakan jenis high ceiling. Dengan jenis ini, meski ruangan untuk rapat tidak terlalu lebar, Anda akan merasa berada di ruangan yang lebar.

Bisa dibilang, efek ini hanya ilusi pandangan saja. Namun, cukup berpengaruh untuk membangun mood menjadi baik.

  • Menentukan Kesehatan

Seseorang jadi mudah sakit bukan hanya karena mereka tertular dari orang lain. Terkadang ruangan rumah yang terlalu lembap dan memiliki sirkulasi udara yang buruk juga bisa menyebabkan seseorang jadi sering sakit.

Untuk mengatasi kondisi ini diperlukanlah ceiling yang bagus dan cenderung tinggi. Ceiling jenis ini akan memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga ruangan di dalam rumah akan mendapatkan suplai udara segar dan tidak akan ada udara yang diam dan lembap.

ceiling tinggi juga cocok digabungkan dengan jendela dengan ukuran yang lebih lebar. Jendela akan memberikan suplai udara yang cepat. Selain itu kalau jendelanya terbuat dari bahan kaca, suplai cahaya alami di dalam rumah juga akan melimpah.

  • Meningkatkan Estetika

plafon

Meningkatkan Estetika – ceiling -pixabay

Anda yang suka sekali mendesain ruangan, ceiling adalah bagian penting karena bisa mendukung estetika secara menyeluruh. Kalau desain interior dan eksterior hanya diaplikasikan pada ruangan dan sekitar tembok saja, keindahannya tidak akan dimaksimalkan.

Plafon akan menunjang apa yang ada di bawahnya. Misal menggunakan plafon dengan unsur kayu bisa menambah suasana dalam di dalam rumah. Selain itu kalau menggunakan jenis plafon yang berisi aneka lampu menggantung akan membuat suasana jadi lebih nyaman dan minimalis.

  • Mengurangi Suara Berisik

Plafon yang diaplikasikan pada rumah dan kantor memiliki sedikit perbedaan fungsi. Kalau di rumah difokuskan pada estetika dan kesehatan saja, di kantor juga difungsikan untuk mereduksi suara-suara yang tidak perlu atau terlalu berisik.

Kalau kantor memiliki konsep kubikel mungkin suara tidak akan terlalu banyak karena karyawan jarang mengobrol. Sementara kalau kantornya berbentuk open space, suara berisik bisa saja terjadi dan mengganggu pekerjaan orang lain yang tidak menyukai kebisingan.

Pada kantor, plafon biasanya dibuat dengan konsep tinggi dan diberi bahan untuk menyerap suara. Dengan konsep ini, ruangan akan jadi lebih tenang dan bonus sirkulasi udara yang baik kalau dipadukan dengan jendela yang besar dan memberi suplai cahaya matahari yang melimpah.

  • Menjaga Produk

Kalau Anda sedang membuat perusahaan atau memiliki rumah yang digunakan untuk menyimpan barang, plafon harus diperhatikan. Pertama, plafon haruslah tinggi karena bisa memberikan sirkulasi udara yang baik.

Dengan sirkulasi udara yang baik, barang retail yang dijual tidak akan mudah rusak entah karena lembap atau mungkin jamuran. Jadi, ketimbang barang yang dijual tidak bisa digunakan dengan, lebih baik memerhatikan kondisi langit-langit rumah atau kantor kita.

Jenis yang Cocok untuk Rumah dan Kantor

plafon

10 Jenis Plafon Terbaik untuk Berbagai Desain Rumah dan Kantor

Setelah mengetahui pentingnya plafon untuk rumah atau kantor, sekarang saatnya kita cari tahu jenis-jenisnya yang bisa diaplikasikan. Berikut daftar jenis plafon yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

Baca juga:

Jenis Konvensional

eternit

Eternit Konvensional – pixabay

Eternit pertama yang bisa digunakan untuk rumah adalah jenis konvensional. Eternit jenis ini biasanya memiliki bentuk mirip sekali dengan tembok karena cenderung datar dan tidak memiliki apa-apa. Eternit ini biasanya terbuat dari cor atau menggunakan semacam asbes yang nantinya akan ditambahi beberapa bahan agar lebih tebal dan juga menarik untuk dilihat.

Eternit konvensional biasanya tidak terlalu tinggi. Ukurannya hanya sekitar 2,5-3 meter dari lantai. Salah satu aksesori yang ada di eternit konvensional adalah lampu, kipas angin, atau mungkin kotak untuk sirkulasi udara di rumah.

Kelebihan dari plafon konvensional adalah mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Sementara itu kekurangannya hanya dari segi desain yang tidak menarik dan kadang tidak memiliki sirkulasi udara sehingga rumah membutuhkan jendela yang besar.

Jenis Metal

Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai. Pastinya bahan jenis ini akan bertahan lebih, namun butuh keahlian khusus dalam pemasangan. Selain itu harus diperhatikan sekali dalam pewarnaan ceiling jenis metal ini.

Demikianlah ulasan tentang jenis plafon yang cocok untuk rumah dan kantor. Kalau Anda butuh bahan untuk plafon atau berbagai kebutuhan untuk membangun rumah, silakan kunjungi www.isibangunan.com.

Komentar

2 Comments

  1. […] 10 Jenis Plafon Terbaik untuk Berbagai Desain Rumah dan Kantor […]

  2. […] 10 Jenis Plafon Terbaik untuk Berbagai Desain Rumah dan Kantor […]

Leave A Comment