Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Focal point atau daya tarik utama sebuah ruangan tidak hanya dapat diciptakan melalui furnitur maupun ornamen artistik lainnya. Plafon, yang notebene bagian rumah yang sering tampak polos, juga dapat disulap menjadi daya tarik yang mampu membelalakkan mata. Terutama plafon ruang tamu tidak hanya membuat tamu terpukau namun juga nyaman saat berkunjung.

Jika Anda bosan dengan desain plafon yang itu-itu saja, Anda dapat mulai berkreasi membuat tampilan yang berbeda dan menarik. Dengan perencanaan yang matang, menyulap plafon ruang tamu menjadi focal point pun bukan hal yang mustahil.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan lima rahasia membuat plafon ruang tamu sebagai focal point rumah yang elegan dan artistik.

 

Pertama, pilih material plafon yang kuat dan sesuai dengan konsep desain rumah

Pertama, pilih material plafon yang kuat dan sesuai dengan konsep desain rumah - Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Pertama, pilih material plafon yang kuat dan sesuai dengan konsep desain rumah – Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda – gotohomerepair

Kebanyakan plafon terbuat dari material gypsum. Kelebihan utama gypsum adalah kuat menahan rembesan air dan pas dipasang di hampir seluruh konsep desain interior. Selain gypsum, ada pula material plafon lain yang banyak diminati seperti kayu dan triplek. Plafon triplek dibanderol dengan harga lebih murah serta relatif mudah dipasang.

Read More :   3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak

Plafon PVC pun banyak digemari para pemilik rumah. Plafon jenis ini memiliki bobot paling ringan dan relatif tahan terhadap air maupun panas. Tak hanya itu, material PVC pun diklaim mampu menahan serangan rayap. Warna dan corak yang tersedia pun cukup beragam. Jadi, Anda dapat memiliki aneka pilihan corak dan motif untuk disesuaikan dengan konsep desain interior.

 

Plafon bermotif herringbone cocok diterapkan pada rumah berdesain natural

Plafon bermotif herringbone diterapkan pada rumah berdesain natural - Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Plafon bermotif herringbone diterapkan pada rumah berdesain natural – Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda – Pinterest

Kayu memang material terbaik untuk rumah berkonsep natural. Anda pun dapat menghadirkan nuansa kayu pada plafon. Untuk membuatnya lebih menarik, coba hadirkan corak herringbone untuk menonjolkan kesan artistik pada langit-langit rumah.

Baca juga:

 

Plafon ruang tamu bermotif ukuran rumit dapat menciptakan kesan yang dramatis

Plafon ruang tamu bermotif ukuran rumit menciptakan kesan yang drasmatis - Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Plafon ruang tamu bermotif ukuran rumit menciptakan kesan yang drasmatis – Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda – bourre-valdecher

Motif ukiran rumit menjadi salah satu pola desain yang dapat menegaskan nilai artistik sebuah benda, tak terkecuali plafon ruang tamu. Ukiran tersebut hadir dalam bentuk tempelan, kayu, atau cetakan gypsum. Anda dapat bermain dengan pencahayaan untuk mendapatkan efek desain yang dramatis di ruang tamu.

Read More :   5 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Membuat Plafon Rumah Minimalis Tampak Elegan

 

Mural artistik juga dapat menjadi focal point yang unik untuk plafon ruang tamu Anda

Mural artistik juga dapat menjadi focal point yang unik untuk plafon ruang tamu Anda - Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Mural artistik juga dapat menjadi focal point yang unik untuk plafon ruang tamu Anda – Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda – Aliexpress

Kata siapa mural hanya bisa digambar di dinding? Jika mau menghadirkan sesuatu yang berbeda, Anda juga bisa, lo, membuat mural di plafon ruang tamu. Mural untuk plafon yang banyak digemari di antaranya adalah gambar langit pada malam hari, awan, bunga-bunga, bahkan potret keluarga. Dijamin, mural tersebut akan menjadi hal pertama yang dilihat tamu saat datang ke rumah Anda.

 

Plafon berwarna cerah? Siapa takut!

Plafon berwarna cerah Siapa takut - Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda

Plafon berwarna cerah Siapa takut – Ini 5 Cara Menjadikan Plafon Ruang Tamu sebagai Focal Point Rumah Anda – hgtvhome

Sebenarnya, tidak masalah menghadirkan warna plafon dan tembok yang sedikit kontras. Asalkan, Anda memiliki ornamen lain dalam ruangan yang mampu menyerasikan perbedaan warna tersebut.

Read More :   3 Keunggulan Menggunakan Model Plafon Minimalis Pada Hunian Modern

Contohnya, jika dinding dan furnitur di ruang tamu didominasi warna putih, Anda dapat sedikit bermain dengan warna plafon yang lebih cerah seperti merah muda, biru, atau kuning. Intinya, serasikan warna perabotan di sekitar dengan warna cat dinding atau plafon. Jadi, tidak ada corak warna yang saling bertabrakkan dan bikin sakit mata.

Menjadikan plafon ruang tamu sebagai daya tarik utama rumah Anda mungkin akan sedikit agak rumit. Kuncinya, Anda perlu membuat perencanaan yang matang agar ruang tamu rumah Anda dapat tetap menarik dan nyaman.

Jika Anda membutuhkan perlengkapan rumah seperti flooring, marmer, wallpaper, panel dinding, atau sanitary ware yang sesuai untuk konsep desain minimalis, langsung saja kunjungi Isibangunan.com.

Isibangunan merupakan perusahaan importer ternama yang menawarkan material bangunan berkualitas terbaik dengan garansi tahan lama. Anda dapat memperoleh pelapis lantai dan plafon dengan aneka motif menarik yang elegan. Tertarik? Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk, pemesanan, dan penawaran menarik lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.