Mengenal Pipa Baja Hitam, Pipa Andalan Perusahaan Industri

Pipa baja hitam merupakan jenis pipa yang terbuat dari baja dan belum melalui proses galvanisasi. Biasanya, pipa baja hitam banyak digunakan pada objek yang tidak melibatkan baja galvanis. Pipa baja hitam memiliki sifat anti korosi dan tahan cuaca. Jenis pipa satu ini paling banyak diandalakan di bidang industri dan konstruksi. Biasanya, pipa baja hitam digunakan sebagai pengalir cairan seperti air, gas, minyak, dan lainnya. Tidak hanya itu, pipa baja hitam pun sering digunakan sebagai pondasi penyangga bangunan karena sifatnya yang kukuh.

Perbedaan Pipa Baja Hitam dan Pipa Galvanis

Pipa Baja Hitam - Abter Steel Pipe

Pipa Baja Hitam – Abter Steel Pipe

Orang awam menganggap pipa galvanis dan pipa baja hitam merupakan jenis pipa yang sama. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan kentara di antara keduanya. Pipa galvanis biasanya dilapisi material seng yang berfungsi untuk membuat pipa lebih tahan korosi. Material seng pada pipa galvanis ternyata tidak hanya tahan terhadap karat dan korosi. Seng juga dapat membantu mencegah penumpukan deposit mineral yang dapat menghambat aliran air dalam pipa. Pipa galvanis juga sering dimanfaatkan sebagai bingkai perancah (scaffolding frame) berkat sifatnya yang tangguh dalam melawan korosi.

Sementara itu, perbedaan utama antara pipa galvanis dan pipa baja hitam terletak pada sistem lapisannya. Jika pipa galvanis dilapisi seng, permukaan pipa baja hitam tidak dilapisi material apapun. Warna hitam pada pipa berasal dari proses okisidasi besi yang muncul di permukaan selama proses pengolahan. Kegunaan utama pipa baja hitam adalah mengalirkan propana atau gas alami ke rumah-rumah dan gedung. Pipa baja hitam diolah tanpa menggunakan lapisan material apapun, yang membuatnya jauh lebih tahan terhadap bara api dibandingkan dengan pipa galvanis.

Ketangguhan pipa baja hitam membuatnya selalu diandalkan dalam mengalirkan air dan minyal di area-area rural, dan mampu melidungi saluran-saluran listrik serta mengantarkan tekanan udara dan uap yang cukup tinggi. Industri perminyakan menggunakan pipa baja hitam guna mengantarkan minyak dalam jumlah besar ke area-area terpencil. Penggunaan pipa baja hitam di bidang industro tentunya menjadi nilai plus dalam segi biaya sebab pipa baja hitam memiliki harga lebih murah dibanding pipa galvanis.

Read More :   Daftar Penawaran Harga Pipa Baja 2017 dengan Kualitas Terbaik

Desain Pipa Baja Hitam

Pipa Baja Hitam - Bhansali Overseas

Pipa Baja Hitam – Bhansali Overseas

Pipa baja pada umumnya memiliki dua jenis, yakni seamless (mulus) dan pipa dengan garis patrian di permukaannya. Pipa seamless biasanya jauh lebih ringan dan tipis. Karena sifatnya yang ringan itulah, pipa seamless umumnya digunakan sebagai material pembuat sepeda dan pipa pengalir air. Berbeda dari tipe seamless, pipa yang memiliki lapisan biasanya lebih berat dan kaku. Pipa jenis ini kerap digunakan di pabrik-pabrik gas, listrik, dan penyaluran air.

Karakteristik pipa bisa disesuaikan selama masa produksi. Diameter pipa, misalnya, dapat disesuaikan dengan kegunaan atau area yang akan ditempatinya. Diameternya pun bervariasi, dapat berukuran kecil seperti tabung jarum suntik, atau besar seperti pipa baja hitam yang digunakan untuk mengalirkan gas. Elemen lain yang dapat disesuaikan di antaranya panjang, material pelapis, dan finishingnya.

Bahan Mentah Pembuatan Pipa Baja

Pipa Baja Hitam - Dhamatajhiz.com

Pipa Baja Hitam – Dhamatajhiz.com

Sesuai dengan namanya, pipa baja hitam terbuat dari baja sebagai material utamanya. Nah, baja sendiri merupakan material olahan dari besi. Beberapa material lain yang mungkin juga digunakan dalam pembuatan pipa baja di antaranya:

  • Karbon (C): Penggunaan bahan karbon pada proses produksi pipa baja bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan pipa dalam menghadapi tekanan.
  • Mangan (Mn): Mangan memiliki fungsi untuk menghilangkan kerapuhan dari besi sulfida serta meningkatkan kekuatan pipa baja pada proses yang melibatkan suhu panas yang ekstrem.
  • Silicon (SI): Adanya silikon dapat menangkap oksigen terlarut sekaligus mengurangi risiko korosi.
  • Chromium (Cr): Chromium dapat membantu mengurangi aus dan abrasi pada pipa. Elemen satu ini pun meingkatkan ketahanan pipa terhadap temperatur tinggi.
  • Aluminium (Al): Aluminium dapat membantu proses deoksidasi pada pipa, terutama jika dikombinasikan dengan silicon.
  • Vanadium (V): Vanadium dapat memurnikan biji baja sekaligus meningkatkan ketahanan terhadap proses hidrogenisasi pada suhu tinggi.
Read More :   Mengenal Pipa Baja Seamless

Proses Pembuatan Pipa Baja Hitam

Pipa Baja Hitam - 101pipe.com

Pipa Baja Hitam – 101pipe.com

Pipa baja dibuat melalui dua tahapan proses yang berbeda. Masing-masing proses tersebut memiliki tiga tahapan yang sama. Pertama, bahan baja mentah diolah menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diproses. Kedua, pipa dibentuk berdasarkan alur produksi dilakukan terus-menerus, dan yang ketiga, pipa diolah dengan ukuran yang disesuaikan kebutuhan konsumen. Proses produksi pipa baja akan dijabarkan lebih jelas di bawah ini:

  • Produksi Ingot (Batang Logam)
    Ingot atau batang logam merupakan hasil olahan tambang yang selanjutnya digunakan sebagai material pembuatan pipa baja. Hasil tambang yang akan dibuat ingot harus dicairkan terlebih dahulu demi memudahkan proses pengolahan. Baja cair, material utama pembuatan pipa baja, dibuat dengan mencairkan bijih besi dan batu bara. Baja cair tersebut kemudian dituangkan ke dalam cetakan besar yang dapat mengubah suhu ingot menjadi lebih dingin. Untuk mendapatkan bentuk yang sesuai dengan hasil akhir olahan, ingot akan dibentuk oleh mesin pencetak bertekanan besar.
  • Proses Produksi Pipa
    Proses produksi pipa baja hitam melibatkan mesin-mesin pencetak bersuhu tinggi demi mengolah pipa menjadi bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setelah dibentuk, pipa bisa harus melalui tahap terakhir, yakni proses pelurusan. Pada proses akhir, permukaan pipa dapat ditambahi minyak pelindung, cat, atau informasi mengenai ukuran dan spesifikasi pipa.
Read More :   Mendapatkan Harga Pipa Baja Hitam yang Sesuai dengan Kualitas

Merawat Pipa Baja Hitam agar Tidak Mudah Berkarat

Pipa Baja Hitam - Super Steel Pte Lte

Pipa Baja Hitam – Super Steel Pte Lte

Pipa baja hitam memerlukan perawatan lebih dibanding pipa galvanis karena permukaannya yang tidak memiliki lapisan penutup. Karena permukaannya tidak memiliki pelindung, pipa baja hitam akan lebih mudah terpapar suhu ekstrem yang dapat membuat teksturnya berkarat. Untuk mencegah bagian dalam maupun luar pipa baja hitam cepat berkarat, Anda dapat memanfaatkan cat atau minyak pelindung.

Bagaimana caranya?

Anda dapat memulainya dengan membersihkan permukaan pipa baja untuk menghilangkan karat atau kotoran lain. Sikat dengan bulu pembersih tajam dan lap dapat Anda gunakan untuk membersihkan area yang memiliki tingkat karat tinggi. Agen pembersih lain seperti aseton pun dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan permukaan pipa. Setelah membersihkan permukaan pipa dari karat dan kotoran, Anda dapat mulai mengaplikasikan lapisan pelindung, misalnya cat semprot.

Mengapa harus cat semprot? Cat semprot memiliki sifat cepat kering dan tentunya lebih mudah diaplikasikan dibanding jenis cat lainnya. Semprot cat pada seluruh bagian sudut pipa untuk memastikan bahwa seluruh bagian pipa yang rentan terhadap karat dapat terlindungi. Namun, Anda masih perlu menunggu beberapa lama untuk memastikan cat benar-benar kering. Setelah kering, Anda dapat mengaplikasikan lapisan pelindung lain agar pipa baja hitam dapat terlindungi dengan sempurna.

Perlu diingat bahwa untuk merawat pipa dari karat, Anda tidak bisa hanya sekali saja mengaplikasikan lapisan pelindung pipa. Jika dirasa lapisan cat pelindung sudah mulai luntur, Anda perlu mengaplikasikannya kembali agar bagian dalam dan permukaan pipa selalu terlindungi meski diterpa suhu ekstrem.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pipa baja hitam. Jangan lupa pilih pipa baja hitam berkualitas terbaik agar aktivitas industri Anda dapat berjalan dengan sempurna.

Leave a Reply