Pipa Baja Galvanis – Spesifikasi, Fungsi, dan Kelebihan

Pemilihan jenis pipa seringkali didasarkan pada kebutuhan dan tujuan instalasinya. Berbagai jenis dan merek tersedia di pasaran tergantung pada fungsi, letak, dan materialnya. Salah satu jenis pipa yang populer digunakan untuk industri adalah pipa baja galvanis. Tidak seperti pipa PVC, pipa baja galvanis memiliki keunggulan lebih banyak dan dinilai lebih tahan lama.

Spesifikasi Pipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis - Alibaba.com

Pipa Baja Galvanis – Alibaba.com

Pemilihan material pipa memang cukup membingungkan, apalagi jika Anda tidak tahu jelas apa fungsi dan kegunaannya. Pipa baja galvanis adalah sejenis pipa yang dibuat dari besi dan dilapisi oleh pelindung terbuat dari bahan seng. Lapisan tersebut ditujukan untuk melindungi baja dari korosi sehingga penggunaannya lebih awet.

Dalam pembuatan pipa baja galvanis, dibutuhkan baja karbon rendah dengan lapisan galvanis yang mengandung berbagai jenis unsur di dalamnya. Unsur karbon yang terdapat pada pipa ini sebesar 0.091%, cukup rendah jika dibandingkan dengan unsur seng (Zn) sebesar 99,7%. Prosesnya memerlukan bahan baja yang ditempatkan dalam wadah berisi lelehan seng – seperti mencelupkan ke dalam cairan – yang disebut dengan proses galvanisasi.Selain untuk mencegah korosi, lapisan seng di bagian luar pipa juga bisa memperpanjang usia tabung di dalamnya. Karena unsur utama dari pipa galvanis adalah seng, jenis pipa yang satu ini disarankan untuk diaplikasikan untuk instalasi air dingin saja. Menggunakannya sebagai saluran pipa air panas dirasa kurang tepat.

Tipe Pipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis - Distributor Besi Baja Surabaya

Pipa Baja Galvanis – Distributor Besi Baja Surabaya

Jika Anda berpikir semua pipa galvanis itu sama, coba pikir lagi. Produksi pipa baja galvanis disesuaikan dengan berbagai ukuran dan ketebalan dindingnya untu beragam penggunaan yang berbeda. Standarnya, ukuran panjang pipa galvanis adalah 6 meter.

Read More :   Fakta-Fakta Pipa Besi untuk Air Bersih

Untuk bentuk, galvanis juga memiliki tipe berbeda. Ada bentuk pipa biasa, tabung, plat lembaran, bentuk U, H, C, kotak, dan sebagainya. Sebelum memilih ukuran dan tipe pipa, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Saat ini, salah satu jenis pipa baja galvanis yang paling populer adalah tipe standar dan sch 40. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalan konstruksi pipa; tipe sch 40 tingkat ketebalannya lebih tinggi dan sering digunakan untuk pembuluh pipa yang tolakannya juga tinggi.

Seringkali, pipa baja galvanis disebut sebagai GIP (Galvanized Iron Pipe) atau GI (Galvanized Iron). Dalam penjelasan berikut ini, Anda akan melihat beberapa jenis yang menjadi spesifikasi pipa galvanis selain ukuran panjang dan diameternya.

  • Satuan ukuran menggunakan standar m (meter), ft (kaki), sm (sentimeter), inci, dan milimeter.
  • Diameter menggunakan standar Ø.
  • Jenis diameter pipa yang umum dikerjakan oleh pembuat pipa:
  • Ø ½ “, ¾ “, 1”, 1½ “,2”, 2½”, 3”, 4”, 6”, 8”, 10” dengan panjang 6 m.
  • Ketebalan pipa memiliki spesifikasi beragam, tergantung pada jenis atau tipe, serta ketebalan dinding pipa yang disebut dengan schedule.
  • Tipe schedule pipa baja galvanis biasa disebut dengan kelas Medium A, Medium B, dan Nonmedium.
  • Ketebalannya bervariasi, dari mulai 1mm, 1½mm, 2mm, dan seterusnya.
  • Perbedaan schedule/ketebalan bisa dilihat dari bobot pipa baja saat diangkat. Jika jenis pipa terasa lebih berat dari yang lain dengan diameter yang sama, berarti pipa tersebut memiliki nomor medium yang lebih besar.

Macam-Macam jenis Uliran Pipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis - Aptibet.org

Pipa Baja Galvanis – Aptibet.org

Bagi kebanyakan orang, membeli pipa baja galvanis tanpa tahu tentang uliran adalah hal yang biasa. Namun, sebaiknya Anda mengetahui panjang uliran pada pipa yang dibeli. Ulir standar pada sambungan pipa biasa disimbolkan dengan huruf “R”.

Read More :   Mengenal Pipa Baja Hitam, Pipa Andalan Perusahaan Industri

Untuk pipa baja galvanis, berikut adalah beberapa jenis uliran yang perlu Anda ketahui:

Ukuran Diameter Pipa (Inci)

Jumlah Ulir per Inci Panjang Ulir (mm)
½ 14 19
¾ 14 19
1 11 ½ 22
1 ¼ 11 ½ 25
1 ½ 11 ½ 25
2 11 ½ 25
2 ½ 8

38

3 8 38
4 8 41

Fungsi dan Kegunaan Pipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis - steelpipechn.com

Pipa Baja Galvanis – steelpipechn.com

Pipa baja galvanis banyak digunakan sebagai pipa pembagi atau distribusi. Di era modern ini, jenis pipa galvanis kerap dimanfaatkan sebagai aplikasi luar ruangan terutama untuk pegangan tangan, tiang listrik, atau saluran air. Perlu diketahui bahwa pipa galvanis tidak cocok untuk menyalurkan gas.

Selain fungsi di atas, berikut adalah beberapa kegunaan aplikasi pipa baja galvanis dalam berbagai industri:

  • Sistem Saluran

Air di Rumah atau Bangunan Lainnya, Berkat lapisan seng yang ada di dalam tabung, menggunakan pipa baja galvanis untuk saluran air tidak akan membuatnya cepat berkarat. Seng adalah sebuah unsur logam yang tahan korosi, sehingga cocok untuk aplikasi semacam ini. Namun demikian, penggunaannya tidak disarankan untuk saluran air panas atau gas, karena bisa menyebabkan lapisan seng di dalamnya mengelupas dan membuat pipa tersumbat.

  • Pemasangan Listrik

Penggunaan pipa baja galvanis untuk instalasi listrik semakin populer, karena bisa meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik. Selain itu, proses pemasangan dan pembongkaran bisa dilakukan lebih mudah. Sebaiknya, pemasangan listrik dilakukan di permukaan tanah.

  • Konstruksi pada Perumahan

Jika Anda berpikir pipa galvanis hanya cocok untuk sarana penyaluran, coba pikir lagi. Saat ini banyak sektor konstruksi perumahan yang menggunakan pipa galvanis sebagai pagar rumah atau pegangan tangan pada tangga. Kegunaan ini banyak diminati masyarakat karena sifat galvanis yang tahan karat dan lebih awet.Pagar yang dipasang menggunakan pipa galvanis cenderung mudah dalam perawatannya. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa dengan mudah menemukan dan menggantinya.

  • Pembuatan Knalpot
Read More :   Mengenal Pipa Baja Hitam dan Manfaatnya yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Selain untuk industri konstruksi, pipa baja galvanis juga dimanfaatkan dalam industri otomotif. Seringkali, jenis pipa ini dimanfaatkan dalam pembuatan knalpot serta rangka kendaraan.Pemasangan pipa galvanis untuk otomotif bisa dilakukan dengan mengaplikasikan lem pada ujung ulir pipa, dan menyambungnya dengan metode pengelasan.

Keunggulan Pipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis - stlpipesupply.com

Pipa Baja Galvanis – stlpipesupply.com

Banyaknya pemanfaatan pipa baja galvanis bukannya tanpa alasan. Jenis pipa ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan pipa lainnya yang membawa keuntungan tersendiri bagi Anda.

Apa saja kelebihan pipa baja galvanis?

  • Tahan Banting

Konstruksi baja yang kuat membuat pipa galvanis antipecah dan sulit untuk dihancurkan. Selain itu, baja juga memiliki permukaan yang kuat dan membuatnya tahan lama.

  • Antikarat dan Hemat

Lapisan seng dalam permukaan pipa serta bagian dalam tabung membuat pipa baja galvanis antikarat. Dengan fitur tersebut, biaya perawatannya pun semakin hemat karena Anda tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Harganya Murah

Jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya, galvanis memiliki harga yang cenderung lebih rendah. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena proses galvanisasi yang dilakukan menghabiskan biaya murah ketimbang metode pelapisan lainnya.

  • Tahan Lama

Dengan sifatnya yang antikarat, pipa baja galvanis cenderung tahan lama dan awet. Diperkirakan, pipa jenis ini mampu bertahan sampai 25 tahun (di area perkotaan) sampai 50 tahun (di area minim polusi).

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pipa besi galvanis. Pastikan untuk memilih jenis, ukuran, dan tipe pipa sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply