Pilih Mana Antara Lantai Vinyl Motif Kayu Atau Lantai Kayu Asli?

Memiliki rumah yang bernuansa asri atau selaras dengan alam tentu menjadi impian kebanyakan orang. Salah satu cara membuat rumah berkesan alami adalah memilih lantai kayu yang tepat. Ya, lantai kayu sering kali menjadi daya tarik yang kian diminati oleh masyarakat. Banyak tempat-tempat yang mengaplikasikan lantai kayu sebagai daya tarik utama seperti restauran, hotel, vila dan tempat yang lain.

Harga karpet lantai motif kayu

Kelebihan Serta Kekurangan Lantai Kayu Asli Dan Lantai Vynil Motif Kayu

Sebelum anda memutuskan untuk memakai lantai dari material kayu maka lebih baik anda mengetahui lebih dulu tentang kelebihan dan kekurangan lantai kayu asli dibanding lantai vinyl termasuk harga karpet lantai motif kayu.

Berikut informasi tentang kelebihan dan kekurangan antara lantai kayu asli dan lantai vynil motif kayu. Hal ini perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk memasang salah satu dari kedua jenis lantai tersebut termasuk harga karpet lantai motif kayu.

1. Lantai kayu asli

Bahan yang biasa digunakan untuk lantai bahan kayu antara lain jenis kayu jati, kapur, ulin dan lain-lain. Penggunaan lantai bahan kayu menjadi pilihan karena kesan unik dan memiliki seni tinggi. Nuansa alam benar-benar terasa dengan adanya lantai dari bahan kayu asli ini.

Read More :   Ini 6 Alasan Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Tapi, kekurangan dibalik lantai kayu adalah seiring perkembangan waktu. Lantai kayu akan mengalami penyusutan dan perenggangan apalagi jika teknik pemasangan yang digunakan kurang benar.

Kelemahan lain antara lain kayu bisa saja dimakan rayap, mudah lapuk bila tergerus oleh air. Jadi, anda perlu memeras kain pel sampai benar-benar kering agar lantai kayu tidak cepat rusak dan keropos.

2. Lantai vinyl motif kayu

Solusi dari perkembangan lantai kayu yang semakin diminati kebanyakan orang adalah lantai dari karpet vinyl yang bermotif kayu. Harga karpet lantai motif kayu dari bahan vinyl pun cukup terjangkau berkisar antara 100 sampai 150 ribu per meter tergantung kualitas karpet vinyl yang ditawarkan.

Harga karpet lantai motif kayu dari bahan vinyl pun bervariasi tergantung corak dan anda bisa mengubah karpet lantai sesuka hati jika sudah bosan dengan motif kayu yang lama dan diganti dengan motif yang baru. Pemasangan dan perawatan karpet lantai dari bahan vinyl cukup mudah.

Harga karpet lantai motif kayu dari bahan vinyl bisa anda sesuaikan dengan kantong karena lantai vinyl bisa dibeli secara eceran per meter atau per roll.

Read More :   Cara Pasang Lantai Vinyl yang Mudah untuk Diikuti

Kekurangan karpet lantai yang satu ini adalah mudah rusak bila mendapat tekanan benda-benda yang lumayan berat. Selain itu, kandungan volatile organic compounds yang berbahaya bagi orang yang alergi. 

Karpet Lantai Dari Bahan Vinyl Percantik Hunian Anda

Di atas sudah dijelaskan kelebihan dan kekurangan penggunaan lantai dari bahan kayu asli atau memilih dari bahan sintesis guna mengurangi penebangan pohon. Sekarang, anda tinggal memilih mau menggunakan yang mana untuk lantai rumah anda. Penggunaan karpet lantai dari bahan vinyl tentu tidak akan mengurangi kesan alam, unik dan seni seperti bahan kayu asli sesuai dengan harga karpet lantai motif kayu.

Harga karpet lantai motif kayu yang masih relatif terjangkau pun akan membuat anda lebih hemat dibandingkan menggunakan lantai kayu yang memerlukan biaya perawatan yang lebih mahal.

Selain itu, anda juga bisa mengganti karpet lantai motif kayu bila sudah bosan dengan motif yang lama. Toh, harga karpet lantai motif kayu tidak terlalu mahal sehingga pengeluaran anda tidak membengkak selaras dengan keinginan untuk mengubah corak lantai kayu yang anda inginkan.

Read More :   Proses Pemasangan Lantai Vinyl & Hal Yang Dibutuhkan

Leave a Reply