Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai

Memiliki rumah yang mewah tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda bisa pula mendapatkan kesan mewah meski dengan bujet yang tak terlalu besar. Triknya adalah dengan menampilkan kesan mewah pada desain interior ruangan, salah satunya adalah terkait model plafon.

Terkait menampilkan kesan mewah pada ruangan, Anda juga tidak harus mengeluarkan biaya besar. Dengan memperhatikan berbagai faktor dalam memilih model plafon, ruangan bisa terlihat glamor dan biaya yang diperlukan juga tidak banyak. Penasaran, kan?

4 Faktor Penting Dalam Mendesain Model Plafon Rumah Mewah

Faktor Penting Dalam Mendesain Model Plafon Rumah Mewah - Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai

Faktor Penting Dalam Mendesain Model Plafon Rumah Mewah – Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai – tiltoncofferedceilings

Nah, sebelum melangkah lebih jauh dalam mendesain sebuah ruangan, ada beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk menampilkan kesan mewah, yaitu model plafon, pilihan warna, ketinggian, dan bahan plafon.

Model Plafon Cantik yang Sesuai dengan Kondisi Rumah

Ada beberapa jenis tipe plafon yang bisa Anda terapkan. Semua model langit-langit tersebut bisa Anda terapkan, disesuaikan dengan bentuk ruangan dan suasana di dalam rumah. Dari sekian banyak pilihan, ada 7 tipe plafon yang bisa Anda pertimbangkan untuk memperoleh kesan ruangan yang mewah, yaitu:

  • Tray ceiling

Model plafon yang pertama adalah tray ceiling yang kerap digunakan pada area dapur serta ruang makan. Langit-langit dengan model ini memiliki bentuk seperti baki dengan bagian tengah berbentuk persegi. Tipe langit-langit ini memberi kesan ruangan jadi lebih luas, sangat cocok ketika Anda memiliki ukuran ruangan yang terbatas.

Tray ceiling ini biasanya memiliki bentuk ‘baki’ dengan kedalaman sekitar 15 cm. Untuk mempercantik penampilannya, biasanya dilakukan penambahan molding dekoratif pada tipe plafon ini. Selain itu, pada bagian tengah diberi pencahayaan lebih untuk menampilkan kesan menonjol. Opsi lainnya, bisa pula menggunakan lukisan atau cat dengan warna yang mencolok.

  • Coffered ceiling

Opsi model langit-langit yang berikutnya adalah coffered ceiling. Plafon jenis ini memiliki bentuk seperti roti waffle, dengan adanya panel-panel berukuran lebih kecil yang dibentuk menggunakan molding. Tipe plafon ini kerap menjadi pilihan utama bagi pemilik rumah mewah.

Pada zaman dulu, coffered ceiling dibuat dengan biaya yang sangat mahal. Alasannya, karena langit-langit ini menggunakan ukiran kayu. Namun, saat ini tersedia opsi bahan plafon lainnya yang memungkinkan Anda untuk memakai plafon tipe coffered dengan harga lebih murah.

Jenis plafon yang satu ini akan terlihat cantik ketika Anda memiliki ruangan dengan perabotan yang minim. Dengan begitu, keunikan dari coffered ceiling bisa secara langsung terekspose. Hanya saja, Anda juga perlu memperhatikan peletakan lampu agar penerangan di dalam ruangan terjaga dengan baik.

  • Plafon transparan

Tipe plafon yang bisa dipakai untuk memberi kesan mewah berikutnya adalah model plafon transparan. Dalam proses pembuatannya, plafon ini menggunakan bahan berupa kaca yang tebal dan kuat. Tipe langit-langit ini biasanya dipakai pada ruangan semi terbuka.

Keuntungan utama dari plafon transparan adalah pencahayaan alami. Dengan menggunakan plafon transparan, ruangan akan terlihat sangat terang, dengan memanfaatkan sinar matahari. Pada praktiknya, biasanya plafon ini dibiarkan dalam bentuk polos. Kalaupun ada tambahan motif, biasanya tidak terlalu mencolok.

  • Vaulted ceiling

Model plafon untuk kesan ruangan yang mewah selanjutnya adalah vaulted ceiling atau biasa disebut juga dengan nama cathedral ceiling. Penamaan itu disematkan pada model langit-langit ini karena kerap digunakan pada bangunan katedral. Ada pula yang membedakan kedua jenis plafon ini, karena vaulted ceiling punya struktur tidak securam pada cathedral ceiling.

Ciri utama dari model atap ini adalah bentuk plafon seperti huruf v. Selain itu, plafon ini juga biasanya membutuhkan ruangan yang lebar dan tinggi, yang memberikan kesan elegan. Dengan begitu, sirkulasi udara bisa berlangsung dengan baik, sehingga memberi rasa nyaman. Hanya saja, plafon jenis ini

  • Plafon gantung

Model langit-langit berikutnya adalah tipe plafon gantung. Model yang satu ini dibuat dengan menggunakan plafon tambahan di bawah plafon yang telah ada. Penggunaannya kerap dilakukan untuk menutupi plafon lama yang rusak atau menyembunyikan kabel listrik, pipa saluran air, serta instalasi mekanik lain.

Pada praktiknya, plafon gantung kerap dibuat menggunakan bahan gypsum. Bentuk dari plafon ini secara umum adalah mendatar. Namun, tak menutup kemungkinan bisa dilakukan penambahan panel dekorasi untuk mempercantik penampilannya.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan plafon gantung. Konsekuensi dari pemakaian plafon ini adalah berkurangnya ukuran ketinggian plafon. Karena itu, tidak heran kalau ruangan yang menggunakan plafon gantung, akan terlihat memiliki ukuran sempit.

  • Beam ceiling

Beam ceiling atau desain plafon dengan rangka terekspose memang bukan model langit-langit yang modern. Jenis atap yang satu ini merupakan model tradisional yang biasa digunakan pada rumah bertema rustic. Namun, bukan berarti model langit-langit ini tidak bisa memberi kesan mewah, lho.

Beam ceiling memiliki ciri khas pada pemakaian kayu berukuran besar yang merupakan rangka rumah. Tereksposnya rangka kayu itu merupakan daya tarik utama pada model langit-langit ini. Keberadaannya memberi kesan yang lembut di dalam ruangan. Sebagai tambahan, beam ceiling juga membuat ruangan jadi terlihat lebih luas.

  • Stretch ceiling

Terakhir adalah stretch ceiling yang secara tekstur memiliki kemiripan dengan plafon gantung. Jenis langit-langit ini dibuat dengan menggunakan plafon berbahan PVC yang kemudian dipakai untuk menutupi sebuah area. Anda bisa membentuk PVC tersebut secara mendatar atau melengkung, disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Sisi menarik dari stretch ceiling ini adalah pada kemudahan penambahan hiasan. Pada jenis langit-langit ini, Anda bisa menambahkan lukisan atau cat dengan warna mencolok pada plafon. Dengan begitu, keberadaannya bisa memberi kebebasan dalam berkreasi untuk menghasilkan ruangan yang mewah dan unik.

Pemilihan Warna yang Sesuai Merupakan Representasi Kemewahan

Pemilihan Warna yang Sesuai Merupakan Representasi Kemewahan - Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai

Pemilihan Warna yang Sesuai Merupakan Representasi Kemewahan – Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai – download3dhouse

Pemilihan warna menjadi faktor berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan untuk menampilkan kesan plafon mewah. Warna putih kerap dipilih, dan memang berhasil memberi kesan yang mewah pada ruangan. Hanya saja, di waktu yang sama, pemilihan cat warna putih itu juga bisa pula membuat ruangan jadi terlihat monoton.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencari cat warna selain putih. Jangan takut untuk berkreasi dalam memanfaatkan warna, misalnya memberi tone warna emas, biru muda, atau bisa pula berkreasi dengan warna hitam. Hal yang paling penting, Anda perlu mempertimbangkan faktor keseimbangan warna. Selain itu, ada 5 trik pengecatan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Pertimbangkan mengecat dinding dan trim dengan warna yang sama.

Trik pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pewarnaan sama pada bagian dinding serta trim di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan cat berbasis air untuk dinding, dan cat berbasis minyak untuk perabotan. Selain itu, tidak perlu ada perbedaan warna pada tiap ruangan. Trik ini memberi kesan ruangan akan terasa lebih luas.

  • Pilih warna yang kontras antara cat dinding dengan trim

Kalau opsi pertama tidak disukai, bisa mencoba pertimbangan berikutnya, yakni mengecat tembok dan trim dengan warna yang kontras. Sebagai contoh, gunakan warna yang gelap pada perabotan dan cat yang terang pada dinding.

  • Gunakan cat berbasis minyak pada dinding utama

Trik berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memakai cat berbasis minyak pada dinding. Dengan melakukan hal ini, dinding tersebut akan terlihat seperti dinding kayu yang membuat ruangan jadi terlihat lebih mewah dibandingkan ketika dinding itu tampak seperti dinding bata biasa.

  • Gunakan cat yang sama antara di dinding dan plafon

Trik berikutnya adalah dengan menggunakan pewarnaan sama pada bagian dinding dan plafon. Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan selera, bisa menggunakan warna terang atau warna gelap. Hanya saja, perlu diperhatikan, ketika memilih warna gelap, pencahayaan ruangan harus diatur sebaik-baiknya.

  • Gunakan cat dengan warna yang sama di semua trim dengan warna variasi pada dinding

Trik yang terakhir adalah dengan memberi variasi pada pewarnaan dinding, tapi dibarengi dengan pengecatan warna yang sama pada bagian trim. Hal ini berguna karena bisa menampilkan kesatuan antara masing-masing ruangan dalam bangunan.

Model Plafon yang Tinggi Memberi Kesan Mewah dan Nyaman

Model Plafon yang Tinggi Memberi Kesan Mewah dan Nyaman - Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai

Model Plafon yang Tinggi Memberi Kesan Mewah dan Nyaman – Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai – homecreadeco

Faktor berikutnya yang bisa memberi kesan mewah pada ruangan adalah ketinggian langit-langit. Secara normal, ketinggian plafon biasanya berada di angka sekitar 2,5 meter. Namun, untuk kesan yang mewah, saat ketinggian plafon bisa mencapai antara 3-6 meter.

Hanya saja, perlu diperhatikan, semakin tinggi plafon, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai gantinya, ketinggian plafon ini juga memberi keuntungan berupa sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan begitu, suasana di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk.

Secara khusus, rumah dengan 2 lantai atau lebih memiliki keuntungan ketika Anda ingin punya plafon ruangan yang tinggi. Anda bisa mendesain salah satu ruangan berupa void— ruang kosong yang memungkinkan secara langsung melihat plafon di lantai 2.

Pemilihan Bahan Plafon yang Tepat Memberi Jaminan Kualitas

Pemilihan Bahan Plafon yang Tepat Memberi Jaminan Kualitas - Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai

Pemilihan Bahan Plafon yang Tepat Memberi Jaminan Kualitas – Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai – nsfinefood

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah terkait pemilihan bahan untuk plafon. Kondisi yang ada saat ini jauh berbeda dengan di zaman dulu. Pilihan material untuk plafon jauh lebih variatif. Anda bisa menemukan beragam pilihan bahan untuk plafon dengan harga yang tidak terlalu mahal dengan tetap menampilkan kesan mewah.

Apa saja pilihan bahan plafon yang dapat dipertimbangkan untuk memberi kesan ruangan yang mewah? Berikut ini adalah opsinya:

  • PVC

Polivynil chloride (PVC) menjadi bahan jenis polimer yang sering digunakan untuk pembuatan pipa air. Namun, saat ini, Anda juga bisa menemukan plafon yang dibuat dari material ini. Bahkan, pemakaiannya tidak hanya dilakukan pada rumah mewah, tapi juga apartemen, hotel, serta restoran.

Pemakaian plafon PVC memberi banyak keuntungan. Material ini dikenal sebagai bahan yang lentur dan ringan. Di waktu yang sama, daya tahannya juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan material untuk plafon lainnya. Bahkan, plafon PVC bisa bertahan hingga puluhan tahun. Alasannya, karena plafon ini memiliki kandungan polymer isosianat yang memang sulit terurai.

Tak cukup sampai di situ, dari segi pemasangan, plafon PVC juga memberi kemudahan. Material plafon ini bisa dipasang dalam waktu singkat karena memanfaatkan sistem knock-down. Perawatan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit. Cukup dengan membersihkan plafon dari debu dan kotoran menggunakan kain lap.

Terakhir, plafon PVC memberi kebebasan dalam berkreasi. Plafon ini sering kali dikombinasikan dengan pewarnaan dan penambahan motif sebagai sentuhan akhir. Pilihan warnanya bisa disesuaikan dengan situasi di rumah, termasuk di antaranya adalah plafon PVC dengan efek glossy serta doff.

  • Kayu

Opsi model plafon berikutnya yang dapat dipakai untuk menampilkan kesan ruangan yang mewah adalah plafon dari bahan kayu. Plafon ini dibuat menggunakan kayu olahan yang dibentuk berupa lembaran. Plafon dari kayu sangat cocok kalau Anda menginginkan ruangan dengan kesan yang klasik.

Hanya saja, ada hal yang harus diperhatikan ketika memilih plafon dari bahan kayu. Kayu yang Anda pilih sebagai bahan untuk plafon harus berasal dari kayu dengan kualitas terbaik. Jangan sampai salah dalam memilih kualitas kayu, hingga akhirnya kayu yang dipakai gampang lapuk dan rusak.

  • Aluminium

Opsi berikutnya adalah plafon aluminium yang bakal memberi kesan eksklusif dan mewah pada ruangan. Plafon dari bahan ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, sehingga cocok digunakan di bagian teras. Selain itu, model plafon dari bahan aluminium juga kerap dipakai di kantor untuk pemasangan di area ruang rapat serta lobi.

Dalam pemasangannya, plafon dari bahan aluminium menggunakan besi hollow yang dikombinasikan dengan sekrup. Dengan model pemasangan seperti itu, plafon aluminium memberi jaminan ketahanan dalam berbagai situasi, termasuk tahan air dan tahan api. Sebagai tambahan, aluminium juga punya kelebihan karena warnanya tidak mudah pudar.

  • Gypsum

Opsi yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah plafon dari bahan gypsum. Plafon ini memberi keleluasaan karena bisa didesain dalam berbagai model plafon, baik berupa tray ceiling, plafon gantung, ataupun plafon berbentuk kubah yang unik.

Cara pemasangannya juga tidak terlalu sulit, dan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Sebagai tambahan, sambungan pada plafon berbahan gypsum juga bisa disembunyikan dengan mudah sehingga membuatnya terlihat rapi.

Hanya saja, plafon jenis ini tidak memiliki ketahanan yang tinggi. Secara khusus, ketahanan terhadap air. Selain itu, untuk memperoleh hasil yang rapi, Anda juga perlu menggunakan tenaga tukang yang terampil.

  • Fiber semen

Plafon dari bahan fiber semen bisa menjadi pertimbangan berikutnya ketika ingin memiliki rumah yang terlihat mewah. Plafon jenis ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, baik terhadap api ataupun air. Selain itu, bahan plafon ini juga berbobot ringan.

Faktor bobot yang ringan itu membuat plafon dari fiber semen bisa dibentuk dalam berbagai model. Anda bisa menggunakan fiber semen untuk mendesain plafon berbentuk kubah. Bisa pula memakainya pada desain langit-langit tray ceiling.

Hanya saja, terkait pemasangan plafon dari fiber semen, Anda harus menggunakan tenaga khusus yang terampil. Alasannya, karena tidak semua tukang mampu mengerjakan pemasangan plafon fiber semen dengan baik.

  • Tripleks

Pilihan terakhir untuk menampilkan ruangan yang mewah adalah dengan menggunakan plafon dari bahan tripleks. Keuntungan utama yang bisa Anda peroleh dari penggunaan bahan ini adalah harganya yang relatif jauh lebih murah dibandingkan material lain.

Anda juga bisa mendapatkan material ini dengan mudah di berbagai toko bangunan. Untuk pemasangannya, Anda dapat menggunakan tukang kayu biasa, karena pengerjaannya tidak terlalu menyulitkan. Hanya saja, bahan yang satu ini cenderung gampang rusak, karena mudah terbakar dan tidak tahan air.

Baca Juga :

Demikianlah informasi terkait tips menampilkan kesan mewah pada ruangan dengan pemakaian model plafon yang tepat. Kalau sudah menentukan tipe serta bahan plafon yang Anda inginkan, bisa secara langsung menghubungi dan klik isibangunan.com untuk mendapatkannya. Kami tunggu, ya.

2018-05-15T08:39:24+00:00 Mei 15th, 2018|Categories: plafon|Tags: , , , , |

2 Comments

  1. […] Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai […]

  2. […] Menampilkan Kesan Rumah Mewah dengan Pilihan Model Plafon yang Sesuai […]

Leave A Comment