Ada banyak cara untuk membuat tampilan rumah menjadi cantik dan indah dipandang. Salah satunya dengan mendekorasi bagian langit-langit rumah dengan menggunakan plafon bermotif seperti plafon pvc. Mungkin sebagian dari Anda terasa asing dengan plafon pvc ini. Memang, karena penggunaan plafon pvc saat ini belum tersebar luas, hanya baru meramba ke gedung-gedung. Namun, tidak ada salahnya Anda mendekorasi rumah Anda dengan plafon pvc ini.

 

Tapi, sudahkah Anda mengetahui plafon pvc? Apa itu plafon pvc? PVC atau Polivyni Chloride merupakan jenis bahan yang sering digunakan untuk pembuatan pipa air. Sehingga, memungkinkan untuk tahan terhadap serangan air. Bukan hanya itu, plafon pvc juga mempunyai banyak keunggulan. Namun, terhelat dari keunggulan tentu saja plafon pvc memiliki kekurangan tersendiri.

 

Sebelum Anda membeli plafon pvc, terlebih dahulu Anda menyimak artikel ini sebagai referensi agar tidak salah beli. Berikut kami akan memberikan beberapa keunggulan dan kekurangan dari penggunaan plafon pvc.

 

Keunggulan plafon pvc

Mewah

Meski penggunaannya terbilang masih cukup rendah. Namun, plafon pvc yang memiliki banyak keunggulan ini sangat dicari-cari oleh para pendekorasi ruangan. Tentunya, dibalik kemewahan yang terlihat dari bahan pvc yang bermotif, plafon pvc juga mampu memberikan kenyamanan karena material yang digunakan sangat bagus. Berbeda dari plafon-plafon berbahan lain.

Mudah di bersihkan

Yang tak kalah penting juga material plafon pvc dapat bebas rayap. Karena material pvc yang digunakan memiliki pori-pori yang rapat. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan dan repot-repot untuk membersihkan plafon pvc ini.

Kuat

Karena material yang digunakan sangat berbeda, sehingga banyak orang-orang menyukai plafon pvc ini. Plafon ini juga memiliki tebal sekitar 8 mm. Sangat berbeda dengan gypsum atau triplek yang mudah hancur karena terkena air, panas, hingga dimakan rayap.

Variatif

Keunggulan lainnya adalah plafon ini telah dilakukan finishing dan pemberian warna serta motif-motif pada bagian luar, sehingga mampu memberikan kesan yang mewah pada setiap hunian. Tapi tentunya, Anda juga akan menyesuaikan motif yang ingin Anda gunakan dengan warna dinding rumah Anda. Karena, jika tidak maksimal, Anda kemungkinan akan mendapatkan hasil yang berbeda dari apa yang Anda bayangkan.

Memantulkan cahaya

Sebagai contoh, Anda tidak menginginkan suasana yang terang dan terlalu bercahaya pada rumah Anda, maka Anda bisa memilih warna plafon yang gelap agar intensitas cahaya yang Anda inginkan terpenuhi. Juga, Anda bisa menambahkan penutup pada area yang memungkinkan masuknya cahaya ke dalam rumah Anda dengan menggunakan tirai atau gorden.

 

Kekurangan plafon pvc

 

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa tidak semua material bangunan yang tidak memiliki kekurangan. Di balik keunggulan plafon pvc, juga memiliki kekurangannya tersendiri. Apa saja kekurangan plafon berbahan pvc ini, yuk simak dan baca dengan teliti artikel ini.

 

Tidak seperti plafon berbahan gypsum atau triplek yang cara menggunakannya dengan menggunakan paku. Plafon pvc ini menggunakan perekat agar dapat terpasang. Tapi, bukan asal perekat. Perekat yang digunakan pun tentunya memiliki ketentuan yang berlaku.

 

Misalnya, jika Anda menggunakan warna plafon yang cerah, Anda sebaiknya menggunakan lem perekat dengan warna yang cerah juga. Karena, kalau Anda menggunakan lem perekat yang berwarna gelap, nantinya Anda tidak akan menemukan keindahan, malah sebaliknya Anda akan melihat bahwa plafon tersebut kotor.

 

Masih banyak kekurangan-kekurangan dari penggunaan plafon pvc seperti:

  • Dapat mengeluarkan bau sehingga menganggu pernapasan
  • Perubahan deformasi ringan akibat perubahan suhu
  • Mudah rusak jika terkena benda tajam
  • Bahan asal tidak alami

 

Penting: Mengingat kekurangan ini, banyak orang memutuskan untuk menggunakan panel PVC hanya di ruangan yang tidak disediakan untuk tempat tinggal permanen.

 

Pemilihan bahan plafon PVC

Pertimbangkan beberapa prinsip untuk memilih plafon PVC:

Setelah area plafon ditentukan, disarankan untuk memutuskan ke arah mana lembaran akan dipasang. Mengingat bahwa panjang satu strip panel PVC untuk plafon adalah 5,95 m, dengan lebar 0,25 atau 0,1 m, mudah untuk menghitung berapa banyak bahan baku yang akan dibutuhkan. Rata-rata, stok material harus setidaknya 5% dari total luas lapisan. Melakukan perhitungan seperti itu akan sangat memudahkan gambar skematik sederhana, menunjukkan dimensi yang diinginkan.

 

Pada tahap awal, ketebalan strip PVC juga ditentukan, yang bervariasi dari 5-10 mm. Perhatian khusus harus diberikan pada tekstur produk, yang mengkilap atau matte. Dalam konstruksi musim panas, lebih baik untuk membuat pemasangan lembaran langit-langit PVC dari bahan baku yang mengkilap, karena menumpuk kotoran pada tingkat yang lebih rendah, dan di kamar tertutup itu adalah pilihan matte.

 

Berdasarkan pada ketebalan panel, profil “awal” lebar yang tepat dipilih, yang akan dipasang di sepanjang perimeter lapisan. Seringkali, tetapi sudah pada tahap akhir, alas atau baguette digunakan sebagai gantinya, yang tujuannya adalah untuk menutup celah antara dinding dan tepi struktur langit-langit.

Saat memilih bahan, pastikan bahwa naungan benar-benar bertepatan dan tidak memiliki kekurangan, misalnya: lecet, goresan, cacat casting, dll. Dengan memasang jenis panel plastik murah di langit-langit, ada kemungkinan celah yang tidak dapat dibenarkan muncul pada sambungan antara kanvas yang hampir tidak dapat dihindari.

 

Dengan mengingat hal ini, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu tentang kemungkinan kemungkinan kekurangan tersebut dan untuk membeli bahan berkualitas tinggi tanpa kerugian seperti itu.

silkakan cek official website kami www.isibangunan.com

follow IG kami @isi_bangunan

Please rate this