Melihat Harga ACP Import, Jenis ACP Serta Keunggulannya

Harga-ACP-Per-Meter-Di-Tahun-2017,-ACP-ImportHarga ACP – Bagi yang ingin membangun sebuah rumah atau gedung, mungkin ada baiknya mengenal lebih dekat tentang ACP atau disebut juga dengan Alumunium Composite Panel. Salah satu material ini sering digunakan sebagai panel yang luar biasa manfaatnya baik untuk indoor atau untuk outdoor. Baik rumah atau gedung bertingkat sebagai usaha komersial, ACP merupakan salah satu solusi yang tak terbantahkan.

Buktinya, sudah banyak ruko dan juga bangunan yang menggunakan ACP ini untuk mempercantik penampakan luar sebuah gedung. Ditambah lagi, harga ACP tidaklah teralu mahal jika kita lihat benar keunggulan yang dimilki oleh ACP ini.

Sebelum menentukan untuk menggunakan Alumunium Composite Panel sebagai salah satu material bangunan maupun rumah, akan lebih baik jika kita mengenal lebih dekat mengenai jenis-jenis ACP yang berkualitas, serta keunggulan, dan harga ACP tersebut.

Apa itu ACP?

Alumunium Composite Panel ialah material yang pembuatannya ialah merupakan perpaduan antara plat alumunium dengan bahan yang disebut composite panel. Bahan ini dikenal juga dengan panel datar yang intinya adalah terdiri dari bahan non alumunium yang kemudian disatukan antara dua lembar alumunium.

Read More :   Harga ACP Per lembar - Kegunaan ACP Sebagai Material Interior Dan Ekterior

Jika panel ini sudah jadi, maka pelapisannya dilakukan dengan dua macam. Yang pertama, ada yang dilapisi dengan cat PVDF yang bisa tahan akan cuaca dan cocok untuk area outdoor. Sedangkan yang kedua ialah dilapisi dengan polyster yang banyak digunakan untuk indoor rumah atau bangunan.

Mengenal Jenis-Jenis ACP

Seperti yang kita singgung di atas, ada dua lapisan yang melapisi ACP. Perbedaan ini adalah didasari oleh lapisan yang melindungi panel ACP.

  • Polyster

ACP dengan polyster disebut pula dengan PE. Kebanyakan produk ini digunakan untuk indoor atau interior rumah atau bangunan. Salah satunya bisa digunakan untuk langit-langit bangunan.

Kenapa dipakai di bagian dalam bangunan?

Ya, alasannya ialah karena panel jenis ini tak tahan oleh cuaca, baik hujan maupun matahari hingga tak direkomendasikan untuk digunakan di luar bangunan namun jika budget terbatas dan memutuskan untuk membeli PE untuk area outdoor, maka sebaiknya memilih warna yang terang, seperti kuning terang. Jika menggunakan warna yang gelap, maka akan lebih cepat pudar dan penampakan bangunan jadi tidak apik.

  • PVDF
Read More :   Harga ACP Per M2 Dan Kelebihan ACP

PVDF ialah kepanjangan dari Poly Vinyl De Flouride, yang banyak direkomendasikan untuk digunakan di luar rumah atau bangunan atau eksterior. Jenis lapisan pada panel dengan PVDF lebih tahan terhadap cuaca, baik hujan maupun sinar UV matahari hingga tetap awet meskipun sudah terpasang bertahun-tahun. Dari segi warnapun bisa menggunakan berbagai pilihan yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Dari segi kualitas dan harga ACP, jenis PVDF lebih baik dan lebih mahal. Namun semua tergantung kebutuhan, bagi yang ingin panel lebih awet bisa memilih PVDF. Dan yang yang memiliki budget terbatas, maka PE adalah pilihan terbaiknya dengan tampilan yang juga tak kalah indah dibanding PVDF.

Leave a Reply