Tips Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Sakit

2018-01-08T08:00:26+00:00 Januari 8th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , , , |

Lantai vinyl merupakan lantai berbahan dasar polyvinyl chloride,yang merupakanmaterial pembuatpipa paralon PVC. Lantai jenis ini hadir untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap tampilan yang modern,tetapitetap ramah dikantong.

Kini, penggunaan lantai vinyl untuk rumah sakit semakin diminati.Material tersebut kerap diaplikasikan di ruang operasi, laboratorium, kafetaria, hingga kamar pasien. Selain memiliki harga yang relatif rendah, lantai jenis vinyl juga memiliki biaya perawatan yang terjangkau. Karena tak mudah terkena noda, lantai hanya perlu disapu atau dipel agar terlihat bersih. Pada bagian bawah lantai vinyl juga dilapisi busa sehinggamemberi sensasi nyaman ketika dipijak.

Hanya saja, tidak semua model lantai vinyl dapat diaplikasikan ke lantai rumah sakit seperti layaknya pada rumah atau kantor. Salah memilih justru akan merugikan karyawan serta pasien yang berada disana. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tak salah pilih.

Utamakan Kualitas

Utamakan Kualitas - weshipfloors.com

Utamakan Kualitas – weshipfloors.com

Pilihlah lantai vinyl yang berkualitas tinggi agar umurnya lebih tahan lama.Meskipun Anda bisa dengan mudah menjumpai tempat yang menjual lantai vinyl di pasaran, risiko tertipu agen yang tak bertanggungjawab tetap ada. Untuk meminimalkan risiko tersebut,belilah di toko bangunan atau situs belanjaonline tepercaya.

Antibakteri

Antibakteri - i.pinimg.com

Antibakteri – i.pinimg.com

Sebisa mungkin pilihlahlantai vinyl untuk rumah sakityang telah dilengkapi fitur antibakteri. Terlebih jika hendak digunakan pada tempat steril seperti ruang operasi atau laboratorium.

Salah satu opsinya adalah lantai vinyl jenis homogeneous yang dikenal memiliki lapisan antibakteri. Bukan hanya di bagian permukaan saja,tetapi sampai ke lapisan dasar, sehingga tetap aman meskipun terjadi kerusakan di permukaan. Produk ini juga telah memenuhi standar keselamatan penyebaran infeksi. WalaupunAnda harus mengeluarkan biaya lebih, aspek keamanan pasien dan karyawan rumah sakit pun lebih terjamin.

Motif dan Warna

Motifdan Warna - isibangunan.com

Motifdan Warna – isibangunan.com

Vinyl merupakan salah satu jenis lantai yang kaya akan motif. Mulai dari motif kayu, bebatuan alam, hingga kulit hewan. Untuk keperluan koridor di rumah sakit, sebaiknya pilih vinyl berwarna netral dengan pola sederhana sehingga tidak menyilaukan mata yang melihat.

Sementara di kamar pasien atau ruang perawatan, Anda bisa mencoba motif kayu dengan warna cokelat yang lembut. Warna ini dapat memberikan suasana tenang untuk membantu mengurangi stres penghuni kamar.Hindari pemilihan lantai berwarna merah karena akan membangkitkan ingatan pasien tentang darah.

Antigores

Antigores - lghausys.com

Antigores – lghausys.com

Aktivitas keluar masuk di rumah sakit yang cukup padat terutama pada bagian koridor; lalu lintas pejalan kaki, tandu, kereta medis, hingga kursi roda seakan tak pernah berhenti. Hal tersebut menyebabkan lantai rentan terhadap goresan yang secara estetika tidak enak dilihat. Tak hanya itu, lantai yang tergores mudah menyimpan bakteri. Karena itu,  pilihlah lantai vinyl yang telah dilengkapi dengan fitur antigores.

Antislip

Antislip - racksolutions.com

Antislip – racksolutions.com

Salah satu syarat yang harus dipenuhi lantai rumah sakit adalah harus selalu aman lantaran berlangsung aktivitas yang cukup padat setiap hari. Jangan sampai Anda memilih lantai vinyl yang memiliki tekstur terlalu licin, karena tidak hanya akan membahayakan para pekerja di rumah sakit melainkan juga pasien.

Demikianlah tips yang dapat Anda ikuti sebelum membeli lantai vinyl untuk rumah sakit. Agar terpasang rapi, sebaiknyahubungi jasa pemasangan yang profesional dan berpengalaman. Terlebih jika Anda hendak memasangnya di ruangan yang membutuhkan tingkat sterilisasi tinggi.Prosedur pemasangan yang keliru akan membuat susunan lantai tidak teratur,sertamerusak lantai dasar ketika hendak dilepas kelak.

Leave A Comment