Memilih Lantai Vinyl untuk Lapangan Futsal

2018-01-10T08:00:37+00:00Januari 10th, 2018|Categories: Lantai Vinyl|Tags: , , , , , |

Menciptakan lapangan futsal yang nyaman merupakan target dari setiap pengelola untuk mendapatkan untung yang menjanjikan. Setiap komponen pendukung harus dipertimbangkan dengan baik agar tercipta lapangan yang nyaman.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan lantai lapangan. Ketika keliru memilih material, risiko cedera pada pemain semakin besar. Akibatnya, usaha Anda akan mendapatkan ulasan buruk dari pelanggan sehingga mengurangi jumlah kunjungan.

Banyak bahan yang bisa Anda gunakan sebagai penutup lantai lapangan futsal. Namun bila ingin yang ramah di kantong, lantai vinyl adalah jawaban yang tepat. Meskipun murah, tekstur vinyl lembut ketika dipijak. Kelebihan ini dipercaya dapat mengurangi risiko cedera pemain.

Jika Anda adalah pebisnis baru dan ingin menggunakan lantai vinyl untuk lapangan futsal, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai karakteristik lantai ini. Rencanakan dengan matang dan pilih lantai vinyl yang tepat agar usaha Anda berkembang maju.

Memilih Tipe Vinyl

Memilih Type Vinyl - isibangunan.com

Memilih Type Vinyl – isibangunan.com

Tidak semua tipe vinyl dapat Anda aplikasikan ke lapangan futsal. Pilihlah vinyl yang memiliki permukaan tidak terlalu licin sehingga pemain bisa terhindar dari cedera parah.

Tipe yang sering digunakan untuk lapangan futsal adalah karpet vinyl atau sering disebut vinyl roll. Jangan terkecoh dengan sebutan karpet, karena tipe ini tidak berbahan benang seperti karpet pada umumnya. Karpet vinyl terbuat dari material sintesis, polyvinyl carbonated (PVC).

Tebal karpet ini berkisar antara 0,5 mm sampai dengan 2,2 mm; ketebalan yang pas membuat para pemain merasa nyaman saat memijaknya khususnya ketika bertanding. Biasanya tipe ini dijual dalam bentuk roll yang memiliki ukuran lebar 2 meter, serta kisaran panjang antara 20-25 meter.

Utamakan Kualitas Serta Harga

Utamakan Kualitas Harga - 1.bp.blogspot.com

Utamakan Kualitas Harga – 1.bp.blogspot.com

Saat hendak membeli lantai vinyl untuk lapangan futsal, utamakanlah kualitas. Di pasaran lokal, Anda dapat menjumpai beragam jenis vinyl yang diimpor dari berbagai tempat seperti Eropa, Korea, Taiwan dan Cina. Adapun vinyl asal Eropa dikenal memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Selanjutnya menyusul produk asal Taiwan kemudian Cina.

Setelah kualitas, harga juga menjadi pertimbangan pengusaha sebelum membeli penutup lantai. Biasanya, vinyl dari Eropa didatangkan dari beberapa negara seperti Inggris, Italia, serta Perancis. Harganya berkisar antara Rp200-300 juta untuk satu lapangan futsal. Biaya ini sudah termasuk jasa pemasangan. Harga ini dua kali lipat lebih tinggi dibanding vinyl dari Cina dan Taiwan.

Sementara itu, produk vinyl asal Korea biasanya ditawarkan dengan kisaran Rp160-200 juta. Harga ini tidak terpaut jauh dengan vinyl dari Cina,  yakni sekitar Rp150 juta per satu lapangan.

Meskipun harganya lebih murah dibandingkan rumput sintesis atau interlocking, kualitas vinyl tergolong bagus. Apalagi bila dibandingkan dengan lapangan futsal yang hanya diberi lapisan semen.

Keunggulan Lantai Vinyl

Keunggulan Lantai Vinyl - barcelona4seasons.files.wordpress.com

Keunggulan Lantai Vinyl – barcelona4seasons.files.wordpress.com

Tekstur lantai vinyl yang empuk memudahkan pemain untuk melakukan selebrasi seperti sliding maupun diving. Meskipun demikian, permukaannya tidak licin sehingga tidak membuat pemain terpeleset.

Keunggulan lainnya adalah corak dan motif dari vinyl yang sangat bervariasi, Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kondisi serta desain lapangan futsal. Soal daya tahan, vinyl termasuk tahan banting sehingga dapat diaplikasikan di mana saja. Perawatannya pun sangat mudah, jadi tidak memerlukan banyak biaya.

Demikianlah informasi mengenai seluk beluk lantai vinyl untuk lapangan futsal. Selalu teliti barang sebelum membeli agar tidak tertipu oleh para distributor nakal yang menjual material vinyl palsu.

Komentar

Leave A Comment