5 Alasan Mengapa Menggunakan Lantai Vinyl Roll untuk Rumah Sakit

2018-01-06T08:00:34+00:00Januari 6th, 2018|Categories: Desain Rumah, Lantai Vinyl|Tags: , , , , |

Rumah sakit sering diidentikkan sebagai tempat menakutkan. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan material lantai yang tidak sesuai sehingga menimbulkan kesan suram. Karena itulah, sudah saatnya tampil dengan inovasi baru yang mampu memberi kenyamanan baik bagi para pasien, pengunjung, bahkan para pekerja.

Banyak jenis penutup lantai yang bisa Anda gunakan di rumah sakit. Namun bila ingin menekan biaya, salah satu solusinya adalah lantai vinyl rol murah yang banyak terdapat di pasaran. Berikut lima alasan mengapa Anda harus menggunakannya untuk rumah sakit.

Motif dan Warna yang Menarik

1.Motif dan Warna yang Menarik - pixabay.com

Motif dan Warna yang Menarik – pixabay.com

Lantai vinyl memiliki beragam motif serta warna yang menarik sehingga memberikan kesan cerah. Karena itu, pilihlah lantai yang tidak terlalu gelap dibandingkan warna dinding. Ini bertujuan agar cahaya masuk dapat direfleksikan dengan baik, maka ruangan pun terasa lebih segar.

Misalnya untuk aplikasi di ruang tunggu rumah sakit. Berhubung banyak pengunjung menghabiskan waktunya di sini, pilihlah lantai vinyl dengan warna krem polos atau bermotif bebatuan alam. Pilihan ini akan menimbulkan kesan asri sehingga para pengunjung tidak bosan. Sementara untuk ruang perawatan anak, Anda bisa memilih lantai dengan motif serta warna lebih ceria.

Harga Terjangkau

Harga Terjangkau - styleplantation.com

Harga Terjangkau – styleplantation.com

Harga adalah pertimbangan utama sebelum seseorang membeli material untuk melengkapi bangunan. Karena merupakan material sintetis, harga lantai vinyl roll murah. Anggaran Anda pun tidak akan terlalu terkuras, apalagi untuk melapisi seluruh lantai rumah sakit yang tentu membutuhkan material yang banyak. Dengan begitu, sisa dana dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain, misalnya membeli komponen dekorasi ruangan atau taman.

Antibakteri

Anti Bakteri - homeadvisor.com

Anti Bakteri – homeadvisor.com

Salah satu keunggulan vinyl roll yakni—sebagian produk—telah dilengkapi fitur antibakteri. Dalam artian, lantai jenis ini dapat mencegah penyebaran bakteri atau virus. Tidak heran jika vinyl roll direkomendasikan untuk penggunaan di rumah sakit, terutama pada pelapis lantai di ruang operasi atau laboratorium.

Ada dua jenis vinyl antibakteri yang dapat Anda pilih untuk dipakai sebagai lantai rumah sakit. Jenis pertama disebut vinyl heterogeneous, yang memiliki lapisan antibakteri di bagian permukaan saja. Sementara pada bagian bawahnya, terdiri dari campuran karet dan PVC.  Jenis kedua adalah vinyl homogeneous yang memiliki lapisan antibakteri menyeluruh, mulai dari permukaan hingga lapisan di bawahnya.

Memang dari segi harga, vinyl homogeneous lebih mahal dibandingkan dengan jenis heterogeneous. Untuk menyiasati biaya, gunakanlah vinyl homogeneous pada ruangan-ruangan tertentu saja, seperti ruang operasi serta UGD. Untuk ruang perawatan, jenis heterogeneous bisa digunakan.

Mudah Dirawat

Mudah dirawat - cdn.skim.gs.com

Mudah dirawat – cdn.skim.gs.com

Bila tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk pemeliharaan lantai rumah sakit, gunakanlah lantai vinyl roll. Untuk membuang kotoran, para pekerja hanya perlu menyapu atau menyedot debu secara rutin. Jangan biarkan kotoran menumpuk di sudut ruangan karena justru akan merusak vinyl. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lantai juga harus dipel menggunakan cairan pembersih komersial yang banyak dijual.

Aman

Aman - 1.bp.blogspot.com

Aman – 1.bp.blogspot.com

Meskipun sering dituding memiliki kandungan berbahaya, produsen lantai vinyl roll kini semakin berinovasi untuk menciptakan material yang ramah lingkungan dengan senyawa kimia organik. Ini membuatnya aman digunakan sebab tidak berpengaruh pada kesehatan.

Selain itu, sifat lantai vinyl roll murah yang tahan terhadap api sangat baik digunakan di bangunan-bangunan publik seperti rumah sakit. Bila terjadi kebakaran, proses evakuasi dapat ditangani dengan baik.

Demikianlah lima alasan mengapa Anda harus menggunakan vinyl roll sebagai lantai rumah sakit. Teliti kualitas bahan sebelum membeli, dan pastikan Anda berbelanja di toko material atau situs online tepercaya.

Komentar

Leave A Comment