3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak

2018-07-30T20:43:55+00:00Juni 5th, 2018|Categories: plafon|Tags: |

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan, langit-langit rumah  atau dikenal dengan sebutan plafon juga berperan sebagai hiasan yang mampu mempercantik dekorasi suatu bangunan.  Karena itulah, menjaga keindahan dan kebersihan plafon harus selalu dilakukan agar langit-langit rumah selalu sedap dipandang.

Berikut ini 3 cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk merawat langit-langit rumah agar tidak cepat rusak.

Bersihkan Bercak Noda Air untuk Mempercantik Permukaan Plafon

Bersihkan Bercak Noda Air untuk Mempercantik Permukaan Plafon - 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak

Bersihkan Bercak Noda Air untuk Mempercantik Permukaan Plafon – 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak – lowes

Saat musim hujan tiba, langit-langit rumah sangat berisiko terkena rembesan air hujan. Bila hal tersebut tak segera ditangani, tentu noda air pada plafon bisa mengurangi keindahan dekorasi rumah Anda.

Nah, Sebelum mulai membenahi permukaan plafon yang terkena noda air, sebaiknya pastikan terlebih dahulu tingkat keparahan bercak yang ditimbulkan akibat rembesan air hujan. Jika bercak tersebut cukup ringan, Anda cukup melapisi permukaan plafon dengan cat. Namun, bila bercak dirasa cukup parah, ada baiknya Anda memperbaiki permukaan plafon.

Untuk memulihkan permukaan plafon yang memiliki bercak cukup parah, Anda bisa memotong bagian plafon yang terdapat noda air. Kemudian, tambal bagian yang sudah dipotong menggunakan papan plafon baru yang ukurannya telah disesuaikan. Rekatkan potongan plafon baru dengan cara mengoleskan kompon di keempat sisi potongan plafon dan tunggu hingga mengering.

Setelah kering, amplas permukaan plafon hingga rata. Lalu, bersihkan debu yang menempel menggunakan spons basah yang telah diperas. Kini, proses pengecatan sudah bisa Anda lakukan agar permukaan langit-langit rumah menjadi cantik kembali.

Hilangkan Jamur agar Langit-langit Rumah Tidak Mudah Lapuk

Hilangkan Jamur agar Plafon Tidak Mudah Lapuk - 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak

Hilangkan Jamur agar Plafon Tidak Mudah Lapuk – 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak – gpaconferences

Sebagai akibat terburuk dari rembesan air yang tak segera dibenahi, langit-langit rumah jadi rentan ditumbuhi jamur. Di samping itu, kondisi rumah yang terlalu lembap juga bisa memicu tumbuhnya jamur.

Guna mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan plafon, Anda bisa memasang dehumidifier. Apa itu dehumidifier? Dehumidifier merupakan sebuah perangkat yang biasa digunakan untuk mengurangi tingkat kelembapan suatu ruangan.

Bila jamur telanjur tumbuh di permukaan plafon, hilangkan dengan segera agar jamur tidak membentuk koloni. Periksa terlebih dahulu bahan pembuatan plafon. Jika plafon yang digunakan merupakan jenis plafon berpori seperti gipsum, maka Anda harus menggantinya seperti cara pertama. Lain halnya dengan plafon PVC yang termasuk dalam jenis plafon tidak berpori.

Untuk membasmi jamur pada plafon tidak berpori, Anda bisa menggunakan larutan berbahan cuka atau soda kue yang bisa disemprotkan secara langsung ke permukaan plafon. Setelah disemprot, gosok permukaan plafon yang ditumbuhi jamur menggunakan spons kasar. Lakukan hal tersebut secara berulang, bila jamur tak kunjung hilang. Lalu biarkan plafon mengering.

Jika Anda berencana mengecat ulang, amplas bagian yang sudah pudar, kemudian lapisi langit-langit rumah menggunakan cat tahan air untuk mencegah jamur tidak tumbuh kembali.

Pilih Material Rangka Hollow dengan Cermat

Pilih Material Rangka Hollow dengan Cermat - 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak

Pilih Material Rangka Hollow dengan Cermat – 3 Cara Mudah Merawat Langit-Langit Rumah agar Tidak Cepat Rusak – hobby

Tips ketiga ini digunakan untuk mencegah ambruknya langit-langit rumah di kemudian hari. Umumnya, jenis plafon seperti PVC tidak membutuhkan banyak rangka hollow guna menghasilkan konstruksi yang minimalis. Meski begitu, pemilihan material rangka hollow juga harus diperhatikan.

Secara umum, rangka hollow terbuat dari bahan kayu, besi baja, stainless, besi galvanis, dan stainaluminium. Kesalahan dalam pemilihan jenis rangka hollow justru bisa membuat plafon mudah roboh akibat tidak kuat menahan beban. Sebab itu, sebelum memasang plafon, pilihlah material rangka hollow dengan cermat.

Baca Juga :

Itulah 3 tips sederhana untuk merawat langit-langit rumah agar bisa tahan lama. Namun, selain 3 tips di atas, kualitas juga memengaruhi berapa lama plafon tersebut bisa bertahan. Nah, untuk mendapatkan plafon berkualitas baik, Anda bisa membelinya di situs isibangunan.com atau memesannya melalui chat WhatsApp di sini.

Komentar

Leave A Comment