Setiap hunian pastinya membutuhkan furnitur di setiap ruangannya. Kayu solid umumnya menjadi idola pemilik rumah. Sayangnya harganya semakin melambung tinggi, karena kelangkaan bahan bakunya. Nah, sebagai solusinya bisa menggunakan furnitur dari kayu olahan yang dilapisi HPL (High Pressure Laminate). Harga HPL Taco per lembar 2021 tetap terjangkau dengan kualitas memuaskan.

HPL Sangat Diandalkan Sebagai Pelapis Kayu Olahan

Taco merupakan merek HPL terkenal di Indonesia. Konsistensi warna dan keawetannya sangat teruji. Selain ini pasar juga semakin diramaikan dengan munculnya banyak brand. Sehingga semakin banyak pilihan bagi Anda yang ingin memanfaatkan HPL sebagai pemanis furnitur.

Kebutuhan akan penampilan kayu olahan lebih halus dan cantik menjadi latar belakang semakin dikenalnya material pelapis di bidang desain furnitur. Kayu solid yang semakin langka dan mahal semakin digantikan keberadaannya oleh kayu olahan sebagai alternatifnya.

Selain itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam juga menjadi faktor yang mengurangi penggunaan kayu solid. Pembabatan hutan tanpa penanaman ulang sudah terjadi sejak lama. Padahal untuk mendapatkan kayu berkualitas membutuhkan waktu bertahun-tahun. Karena harus menunggu pohon tumbuh besar, dan layak untuk ditebang untuk dimanfaatkan kayunya.

Solusi bagi pecinta kayu sudah hadir dengan adanya produk kayu olahan. Ada beberapa pilihan kayu olahan yang biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur. Jenis kayu olahan tersebut antara lain MDF (Medium Density Fiber Board), multipleks, teakblock dan sebagainya. Semua jenis tersebut menjadi andalan dunia furnitur dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kayu solid.

Sayangnya, kayu olahan memiliki kekurangan terutama pada tampilan serat yang tidak secantik kayu solid. Karena itulah, pembuatan furnitur menggunakan kayu olahan harus dipercantik dengan pelapis khusus. Sebenarnya tidak hanya untuk meningkatkan estetika saja, pemakaian pelapis juga menunjang perawatan furnitur.

Permukaan furnitur yang lebih halus dan rata, tentunya bisa mengurangi kelembaban dan paparan debu. Sehingga acara bersih-bersih menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan kayu olahan yang semakin meningkat, secara otomatis mendongkrak kebutuhan akan material pelapis. Sehingga produknya semakin inovatif, untuk memenuhi keinginan pasar.

Pilihan desainnya semakin melimpah, dengan varian warna dan motif menawan. Selain itu, dilengkapi dengan beragam fitur bermanfaat, seperti tahan goresan dan anti air. Sehingga masa pakainya lebih panjang. Selain itu, harga yang ditawarkan tetap terjangkau.

Pelapis untuk kayu olahan harus memiliki tampilan non transparan. Karena tujuan penggunaannya untuk menyembunyikan atau menutupi serat kayu dari kayu olahan yang kurang menarik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengandalkan HPL. Bentuknya lembaran dan mudah dalam pemasangannya. Cukup direkatkan pada permukaan kayu olahan.

Material tersebut semakin dibutuhkan oleh dunia desain interior, sebab banyak digunakan sebagai pelapis aneka produk furnitur. Harga HPL Taco per lembar 2021 sangat bersaing dengan merek lainnya. Tentunya dengan mutu tetap terjamin.

HPL, Tacon dan Veneer, Manakah yang Ideal?

daftar Harga HPL Taco per lembarSetidaknya ada tiga macam produk pelapis dengan bentuk lembaran. Produk yang dimaksud adalah tacon, veneer dan HPL. Tacon diproduksi dari bahan baku plastik. Ketebalan pelapis ini berkisar satu milimeter. Untuk harga terbilang terjangkau daripada jenis pelapis lainnya.

Pilihan motifnya cukup beragam dengan permukaan bertekstur. Sayangnya, tingkat kelenturan pelapis kayu olahan ini kurang lentur. Karena itu, terbilang kurang cocok apabila diaplikasikan pada bagian furnitur yang melengkung. Jika produknya kurang berkualitas, maka konsistensi warna bisa berkurang sangat cepat. Sehingga tampilan warnanya mudah berubah menjadi kekuning-kuningan.

Lalu, bagaimana dengan veneer? Pelapis furnitur ini merupakan lembaran kayu tipis. Pembuatannya dengan cara mengiris, mengupas atau bisa dengan menyerut gelondongan kayu utuh. Tentunya serat-serat yang didapatkan sangat tergantung dari cara pengirisan kayunya.

Hasil kupasan dari sepanjang kulit luar kayu gelondongan tersebut bisa menghasilkan motif yang berbeda-beda. Biasanya alur potongan kayu tersebut adalah memanjang. Namun ada pula pengirisan kayu gelondongan dengan cara melintang.

Serat kayu yang dihasilkan dari kayu percabangan, batang dan akar memiliki karakter yang berbeda-beda. Apalagi jenis kayu yang digunakan dalam prose pembuatan veneer sangat banyak. Setidaknya ada empat puluhan jenis kayu yang biasa digunakan, antara lain mahoni, jati, cherry, maple, oak dan sebagainya. Oleh karena itu, mampu dihasilkan pelapis dengan ragam motif beragam dan unik.

Proses pembuatan jenis pelapis kayu olahan ini terbilang sangat sulit. Sebab harus menggunakan bahan baku dari kayu berkualitas. Tampilannya sangat cantik dan alami, sehingga tidak bisa tertandingi oleh kayu imitasi. Wajar saja bila harga veneer lebih mahal, ketimbang bahan pelapis kayu lainnya. Umumnya ketebalan pelapis ini antara 0.25 hingga 0,75 milimeter.

Nah, jenis pelapis lainnya yang semakin marak digunakan dalam dunia furnitur adalah HPL. Popularitasnya semakin menanjak, karena permintaan pasar yang semakin meningkat. Hal itu karena pabrikan menyuguhkan banyak pilihan motif yang bisa dikatakan tidak terbatas. Kekuatan material ini juga sangat bisa diandalkan.

daftar Harga HPL Taco per lembar 2021Kabar baiknya, walaupun kualitasnya sangat tinggi namun harga jualnya masih tetap terjangkau. HPL merupakan hasil dari penyatuan beberapa lapisan material dengan tekanan dan suhu sangat tinggi.

Lapisan tersebut terdiri atas decorative paper (kertas dekoratif) untuk menunjang tampilan motifnya. Kemudian digunakan lapisan berupa resin dan melamin sebagai penguat dan tahan gores. Kemudian lapisan paling bawah berupa kraft paper.

Kertas dekoratif yang merupakan lapisan paling atas dari HPL bisa dicetak dalam aneka motif dan warna. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari pelapis HPL. Karena itu, tampilan desain dari produk pelapis kayu ini sangat beragam. Mulai dari tampilan polos, bebatuan alam, motif metal, serat kayu cantik dan sebagainya.

Produk lembaran ini memiliki ketebalan hingga tiga milimeter. Sehingga sangat ideal digunakan sebagai pelapis aneka furnitur, seperti lemari dapur, lemari pakaian, meja kerja, rak buku, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pelapis panel dinding.

Cara pemasangan HPL juga relatif praktis dan cepat. Dengan kemampuan anti air dan anti gores tentunya semakin meningkatkan kualitas dan daya tahannya. Segala keuntungan tersebut bisa dinikmati dengan harga HPL Taco per lembar 2021 tetap terjangkau.

Saat ini muncul banyak merek HPL di pasaran. Bahkan produknya tidak hanya buatan lokal saja, tetapi juga impor. Untuk itu, harus sangat cermat dalam pemilihan produknya. Agar Anda tidak kecewa karena mendapatkan produk bermutu rendah, sangat disarankan membeli HPL di IsiBangunan.com.

Distributor bahan dekorasi bangunan ini terkenal sangat berpengalaman dan terpercaya. Sebab seluruh produk yang disediakan terjamin kualitas dan keamanannya. Pilihan motif dan warnanya sangat melimpah. Tentunya dengan penawaran harga sangat bersahabat.

Ayo cek langsung harga HPL Taco per lembar 2021 di IsiBangunan.com! Dapatkan pula aneka produk penunjang dekorasi bangunan lainnya dengan harga bersaing, seperti lantai vinyl, panel dinding, plafon PVC, wallpaper, SPC, dan lain sebagainya.

Please rate this