Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D

2018-10-02T11:17:42+00:00September 5th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Ingin interior rumah tampak lebih unik tanpa menambah banyak dekorasi? Ganti dinding Anda dengan wallpaper dinding 3D. Pelapis dinding ini dapat memberi kesan menonjol di dalam ruangan apa pun, bahkan yang memiliki sedikit dekorasi atau perabot. Anda bisa menciptakan titik pandangan (focal point) di dalam ruangan, atau menciptakan atmosfer tertentu sesuai selera.

 

Tertarik memasang pelapis dinding semacam ini? Gunakan panduan ini untuk memilih serta memasang produk yang tepat.

 

Keuntungan Wallpaper Dinding 3D

Keuntungan Wallpaper Dinding 3D - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - humideas.com

wallpaper dinding 3D – image : humideas.com

Wallpaper jenis ini memang cenderung agak lebih mahal dari produk sejenis yang biasa. Akan tetapi, ada beberapa keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan. Inilah alasan mengapa pelapis dinding tiga dimensi lebih baik dari produk biasa:

 

  • Mengisi ruang kosong di ruangan besar

Jika Anda memiliki ruangan luas sekaligus menyukai desain minimalis, ruangan Anda berisiko terlihat “hampa” karena ada banyak ruang yang tidak terisi. Wallpaper tiga dimensi dapat mengisi celah-celah tersebut, sehingga ruangan terlihat berisi dan seimbang.

 

  • Menciptakan atmosfer sesuai desain pilihan

Apakah Anda menyukai jenis desain spesifik untuk interior? Wallpaper tiga dimensi dapat membantu menegaskan atmosfer desain favorit Anda. Misalnya, jika Anda penggemar desain elegan yang feminin, wallpaper motif bunga yang realistis bisa menjadi pilihan. Penggemar gaya modern minimalis bisa menggunakan wallpaper motif timbul dengan pola geometris.

 

  • Menciptakan kesan material tertentu

Menciptakan kesan material tertentu - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - wallmurals.ie

wallpaper dinding 3D – image : wallmurals.ie

Wallpaper tiga dimensi masa kini banyak yang meniru tampilan material tertentu, misalnya bata, panel kayu, marmer, atau ubin batu. Memasang pelapis dinding seperti ini akan memberi kesan bahwa dinding Anda terbuat dari material tersebut, padahal sebenarnya tidak. Cocok jika Anda ingin mengganti suasana tanpa membongkar rumah.

 

  • Mengurangi kebutuhan akan ornamen

Jika Anda tipe yang tidak suka memasang terlalu banyak ornamen di rumah, wallpaper tiga dimensi akan membantu. Desainnya yang menonjol membantu menghilangkan kebutuhan akan ornamen. Anda bisa menghemat tempat serta mengurangi penumpukan benda-benda yang tidak terpakai di rumah.

 

  • Mengganti suasana secepat kilat

Anda tipe pembosan yang suka mengganti suasana rumah? Pelapis dinding tiga dimensi wajib menjadi salah satu andalan. Jika Anda ingin menciptakan suasana baru, pilih produk yang desain serta warnanya sangat berbeda dengan dinding Anda sebelumnya. Suasana rumah pun akan berubah dalam sekejap.

 

Akhirnya, wallpaper membantu melindungi dinding rumah serta menjaga permukaannya lebih awet. Anda bisa menjaga bahkan meningkatkan nilai properti dengan memasang pelapis dinding seperti ini. Rumah pun akan terlihat cantik dan lebih awet.

 

Jenis Wallpaper Dinding 3D Berdasarkan Pemasangan

Jenis Wallpaper Dinding 3D Berdasarkan Pemasangan - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - ebay.co.uk

wallpaper dinding 3D – image : ebay.co.uk

Wallpaper 3D mungkin berbeda dengan wallpaper biasa, tetapi metode pemasangannya masih sama. Secara umum, ada dua macam wallpaper berdasarkan jenis pemasangannya, yaitu:

 

  • Gulungan (roll)

Wallpaper jenis ini terdiri dari gulungan yang ditempelkan ke dinding dan dipotong sesuai ukuran. Jenis ini cocok untuk ruangan dengan bentuk simetris serta desain dinding, pintu, dan jendela yang cenderung rata atau lurus, misalnya berbentuk persegi panjang.

 

  • Ubin atau panel

Wallpaper jenis ubin atau panel terdiri dari lembaran-lembaran berukuran tertentu, misalnya 50×50 cm atau 62×80 cm. Panel-panel ini kemudian ditempelkan secara terpisah di dinding hingga menutupi seluruh permukaannya.

 

Kedua jenis pemasangan wallpaper ini memiliki keunggulan masing-masing. Untuk menentukan mana yang Anda butuhkan, perhatikan karakteristik ruangan serta kebutuhan spesifik Anda sebagai pemilik rumah. Saat ini, wallpaper bentuk panel cenderung lebih diminati karena lebih mudah dipasang atau dimodifikasi. Wallpaper bentuk panel juga mudah dibersihkan, dan cocok untuk Anda yang senang mengganti suasana rumah berkali-kali.

 

Jenis Wallpaper Dinding 3D Berdasarkan Bahan

Jenis Wallpaper Dinding 3D Berdasarkan Bahan - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - grahambrown.com

wallpaper dinding 3D – image : grahambrown.com

Setelah memilih bentuk dan metode pemasangan, Anda juga harus memilih bahan paling tepat. Kertas merupakan bahan umum untuk membuat pelapis dinding, tetapi jarang digunakan untuk wallpaper tiga dimensi karena mudah robek. Anda membutuhkan bahan yang lebih mantap untuk produk seperti ini.

 

Contoh beberapa bahan wallpaper berkualitas adalah:

 

  • Kertas “berat”

Kertas “berat” alias heavy-duty paper adalah peningkatan dari pelapis dinding biasa yang terbuat dari kertas ringan. Kertas macam ini tidak hanya lebih tebal, tetapi juga cocok untuk desain tiga dimensi karena bisa memajang efek timbul (emboss). Kertas untuk desain seperti ini biasanya dilapisi linen di bagian belakangnya.

 

  • Kertas kilap

Kertas kilap (foil) adalah pelapis dinding kertas dengan permukaan yang memantulkan cahaya. Efeknya cukup unik dan bisa mengisi “kekosongan” pada dinding yang luas. Akan tetapi, karena masih sejenis kertas, wallpaper berbahan ini mudah robek. Kertas kilap juga lebih cocok dipajang pada dinding yang bepermukaan halus, tanpa tekstur menonjol atau cacat.

 

  • Vinil

Vinil kini populer sebagai bahan wallpaper yang lebih awet dari kertas. Permukaan vinil mudah dibersihkan dan tidak rapuh, sehingga cocok jika Anda punya banyak anggota keluarga. Vinil juga hadir dalam berbagai corak dan warna. Sama seperti kertas berat, vinil juga memiliki versi “berat” dan “ringan”, dengan tingkat kualitas berbeda.

 

  • Vinil berlapis kain

Vinil berlapis kain - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - mywowdecor.com

wallpaper dinding 3D – image : mywowdecor.com

Wallpaper vinil ini memiliki lapisan kain tipis di bagian belakangnya. Selain membuatnya lebih tebal dan eksklusif, lapisan kain ini cocok untuk desain yang lebih berat. Anda juga bisa melindungi dinding dengan lebih baik jika menggunakan bahan ini.

 

  • Kain

Wallpaper kain memiliki permukaan lembut dan cenderung bertekstur, tetapi tekstur tersebut bisa halus atau sedikit menonjol. Wallpaper jenis ini cukup sulit dipasang karena membutuhkan pemotongan yang rapi. Selain itu, kain cenderung menyerap cairan dan noda, sehingga lebih sulit dibersihkan.

 

  • Serat alami

Wallpaper berbahan serat alami sepintas mirip kain biasa, tetapi sebenarnya terbuat dari serat daun, rami, bambu, daun kering, atau daun kelapa. Wallpaper jenis ini memiliki tekstur yang menonjol karena tampilan alaminya. Akan tetapi, bahan-bahan ini biasanya digunakan untuk wallpaper yang desainnya tidak terlalu mencolok, karena memang tekstur alaminya yang ditonjolkan.

 

  • PVC

PVC adalah material yang sering digunakan untuk wallpaper panel tiga dimensi dengan corak menonjol. Permukaannya juga relatif kuat, serta cocok untuk memajang motif yang relatif kompleks. Anda juga bisa mengecat ulang permukaannya jika ingin mengubah warna ruangan tanpa melepas pelapis dinding. Bahan PVC bisa dilem atau dipasang dengan semacam rangka.

 

Ketika memilih wallpaper, pastikan bahannya sesuai dengan karakteristik rumah serta kebutuhan Anda.

 

Tips Memilih Desain Wallpaper Dinding 3D

Tips Memilih Desain Wallpaper Dinding 3D - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - fly-pia.com

wallpaper dinding 3D – image : fly-pia.com

Pelapis dinding akan membuat ruangan Anda berubah dalam sekejap, tetapi sulit untuk dilepas lagi. Pastikan memilih desain yang telat sejak awal, terutama jika Anda membeli wallpaper tiga dimensi yang cukup mahal. Berikut tips agar tidak menyesal saat memilih desain pelapis dinding:

 

  • Tentukan tema desain ruangan

Tema desain membuat pemilihan warna serta motif menjadi lebih mudah, termasuk untuk wallpaper 3D. Misalnya, jika Anda memilih tema “pantai”, warna-warna seperti biru laut, cokelat muda, biru langit, dan putih bisa menjadi pilihan. Panel tiga dimensi bercorak gelombang (mirip ombak laut) atau wallpaper motif air bisa menjadi pilihan.

 

  • Pilih wallpaper dari skema warna di ruangan

Lihat sekeliling ruangan serta perabot yang Anda miliki. Perhatikan skema warna dari ruangan serta perabot tersebut, lalu pilih pelapis dinding yang bisa mewakili semuanya. Anda juga bisa memilih warna dan motif berdasarkan warna-warna “sejuk” atau “hangat”. Misalnya, jika kebanyakan perabot Anda berwarna sejuk seperti biru muda, abu-abu, atau hijau, pilih wallpaper dengan kesan serupa.

 

  • Maksimalkan efek pencahayaan

Jika ruangan Anda cenderung kurang mendapat cahaya matahari, pilih wallpaper yang akan memberi kesan terang. Misalnya, pilih panel tiga dimensi putih yang memiliki tekstur lembut agar bisa memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Sebaliknya, Anda bisa berkreasi dengan warna dan desain yang lebih ramai jika ruangan mendapat cukup banyak cahaya.

 

  • Pilih warna dan motif berdasarkan fungsi ruangan

Sesuaikan wallpaper dengan tujuan pembuatan ruangan agar Anda tidak keliru memilih desain. Misalnya, jika Anda ingin menghias ruangan untuk keperluan resmi, memberi kesan serius, atau menerima tamu, pilih wallpaper dengan motif yang cenderung jarang dan “lebar”, lengkap dengan warna lembut serta netral.

 

  • Gunakan pola untuk “memanipulasi” ukuran

Gunakan pola untuk memanipulasi ukuran - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - akairan.com

wallpaper dinding 3D – image : akairan.com

Jika Anda menghias ruangan yang langit-langitnya cenderung rendah, pilih wallpaper yang polanya membentuk garis-garis vertikal, agar kesan langit-langit lebih tinggi. Jika ruangan cenderung sempit, coba gunakan pola lebar yang cenderung horizontal, agar ruangan kecil terlihat “melebar”.

 

  • Berhati-hatilah saat memadukan corak

Ingin menggunakan corak berbeda di ruangan yang berlainan? Pastikan setiap corak yang Anda pilih masih memiliki kaitan. Misalnya, jika Anda memilih wallpaper tiga dimensi bermotif bunga-bunga merah muda di satu ruangan, pilih motif geometris dengan dominasi warna merah muda di ruangan lain. Anda juga bisa memilih motif ramai untuk satu ruangan, tetapi menggunakan panel tiga dimensi putih di ruangan sebelahnya.

 

  • Beri aksen di sekitar langit-langit

Untuk “menutup” desain Anda, coba tambahkan aksen atau detail pada sambungan antara dinding dan langit-langit. Ini cocok untuk ruangan dengan desain tiga dimensi yang bercorak abstrak. Aksen akan membuat desain Anda terlihat lebih luwes, tidak “terputus” begitu saja (kecuali jika Anda juga ingin melapisi langit-langit).

 

Desain wallpaper tiga dimensi kini sangat beragam, sehingga Anda punya banyak pilihan. Pastikan memilih motif dan warna yang sesuai agar Anda tidak menyesal.

 

Tips Sukses Memasang Wallpaper Dinding 3D   

Tips Sukses Memasang Wallpaper Dinding 3D - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - Clusiv.pl

wallpaper dinding 3D – imag : Clusiv.pl

Ketika memilih pelapis dinding, masalah Anda bukan hanya soal memilih warna serta corak. Memasang wallpaper adalah kegiatan yang membutuhkan ketelitian serta perhitungan, apalagi jika produknya istimewa seperti pelapis dinding tiga dimensi. Berikut tips agar wallpaper bisa terpasang dengan rapi, tanpa rugi:

 

  • Ukur dinding rumah dengan seksama

Anda harus memiliki ukuran dinding yang akurat untuk memasang wallpaper dengan sukses. Caranya, ukur panjang dan lebar satu dinding di dalam ruangan, lalu kalikan hasilnya. Lakukan hal yang sama dengan setiap sisi ruangan yang hendak ditempeli wallpaper. Ukuran setiap dinding akan membantu Anda memilih ukuran wallpaper, terutama jika berbentuk panel.

 

  • Gunakan katalog

Tanyakan ke toko wallpaper incaran jika mereka memiliki katalog. Gunakan contoh dari katalog tersebut untuk melihat apakah motifnya akan cocok dengan ruangan Anda atau tidak. Jika pelapis dindingnya berupa panel-panel, cetak pola panel tersebut dan tempelkan di dinding untuk memperkirakan penampilan aslinya.

 

  • Hindari mematok ukuran lebih kecil

Saat memperkirakan jumlah serta ukuran wallpaper yang Anda perlukan, hindari mematok ukuran yang terlalu pas. Hal ini berisiko membuat ukuran wallpaper menjadi lebih kecil dari dinding. Untuk menghindari risiko akibat kesalahan menghitung atau kekurangan bahan, pastikan Anda sedikit melebihkan ukuran dinding saat mengukur. Anda bisa memotong dan menyesuaikan wallpaper di bagian pinggir jika perlu.

 

  • Pasang wallpaper di seberang pintu

Pasang wallpaper di seberang pintu - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - diyinspired.com

wallpaper dinding 3D – image : diyinspired.com

Mulailah memasang wallpaper Anda di dinding yang berada di seberang pintu. Jika ada dua pintu, mulailah memasang di seberang pintu yang paling sering digunakan (terutama oleh tamu). Hal ini membantu tampilan dinding yang paling sering dilihat menjadi lebih rapi. Cara ini juga cenderung membuat bekas sambungan menjadi berada di bagian dinding yang tidak langsung dilihat.

 

  • Gunakan wallpaper sebagai aksen

Desain tiga dimensi dapat membuat ruangan terlihat “penuh”. Anda sebaiknya memilih satu atau dua bagian dinding untuk ditutup dengan wallpaper tiga dimensi. Pilih bagian yang menjadi fokus dari seluruh desain ruangan. Anda juga bisa menjadikan desain tiga dimensi sebagai aksen, bukan permukaan dinding secara keseluruhan. Misalnya, Anda bisa memasangnya di bagian belakang TV atau sofa panjang.

 

  • Jangan ragu memesan desain khusus

Toko wallpaper mungkin menawarkan model tertentu, namun Anda bisa menanyakan kemungkinan membuat desain khusus (customized). Walau harus membayar sedikit lebih mahal, pilihan ini cocok untuk ruangan yang memiliki sudut janggal atau pemilik rumah yang menginginkan desain spesifik.

 

Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri, hubungi jasa pemasangan wallpaper atau kontraktor rumah Anda. Tanyakan juga kepada toko tempat belanja jika mereka menawarkan jasa pemasangan.

 

Solusi Wallpaper Dinding 3D Terbaik

Solusi Wallpaper Dinding 3D Terbaik - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - contemporist.com

wallpaper dinding 3D – image : contemporist.com

Ingin segera memasang wallpaper 3D? Pastikan memilih toko terbaik seperti IsiBangunan.com. Anda bisa mendapat produk wallpaper 3D dengan beragam pola, terutama yang berbentuk panel. Cocok untuk mendekorasi rumah atau kantor agar terlihat lebih cantik tanpa mencolok mata.

 

IsiBangunan menawarkan panel 3D berwarna putih berbahan PVC yang kuat dan mampu melindungi dinding dengan baik. Berbagai panel ini memiliki pola yang cocok untuk desain favorit Anda, seperti pola gelombang, ubin, pola geometris, hingga corak abstrak. Anda bisa mengecat atau memadukannya dengan ornamen dinding lain agar terlihat lebih cerah. Wallpaper berupa panel ini juga bisa dijadikan aksen, serta dipadukan dengan warna dan corak dinding yang berbeda.

 

Setiap produk memiliki tebal standar 1 cm, dengan ukuran bervariasi mulai dari 50×50 cm hingga 62,5×80 cm. Satu paket wallpaper 3D ini bisa menutupi dinding berukuran 6, 8, 13, hingga 18 meter persegi. Anda bisa memasangnya dengan menggunakan rangka atau lem, sesuai kebutuhan serta anggaran.

 

Harga Wallpaper 3D

Harga Wallpaper 3D - Keunggulan dan Tips Pemasangan Wallpaper Dinding 3D - portoalegre.travel

wallpaper dinding 3D – image : portoalegre.travel

Harga wallpaper 3D di IsiBangunan bervariasi, namun masih relatif terjangkau. Anda bisa mulai dari Rp1.500.000,00 untuk satu paket panel 50×50 cm (24 buah) hingga Rp4.950.000,00 untuk satu paket panel 62,5×80 cm (36 buah). Dengan harga sekitar Rp62.500,00 per panel, Anda bebas menentukan jumlah panel yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh atau sebagian dinding.

 

Ingin desain yang lebih spesifik? Hubungi kami untuk menentukan ukuran serta motif wallpaper. Kami memberi harga terbaik untuk produk kustom yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Wallpaper dinding 3D tidak hanya unik, tetapi juga membuat ruangan Anda menjadi lebih indah dan “hidup”. Hubungi kami segera lewat telepon/WA, dan jadikan wallpaper ini sebagai bagian unik dari properti Anda.

Komentar

Leave A Comment