Kelebihan Lantai PVC Untuk Sebuah Rumah Atau Hunian

Polivinil Klorida atau PVC merupakan salah satu bahan baku yang sering dipakai untuk berbagai keperluan kontruksi rumah atau bangunan.

Keunggulan dari bahan ini adalah karena harganya yang ekonomis, fleksibel untuk digunakan dalam berbagai macam material, mudah dirangkai, serta tahan lawa serta awet. Penggunaannya bisa untuk atap, pipa, dan juga lantai.

Untuk jenis lantai PVC sendiri kini makin populer di masyarakat dengan penggunaan untuk rumah-rumah modern dan bangunan komersial. Lantai ini banyak dipilh karena alasan harganya yang ekonomis dan juga mudah pemasangannya. Seian itu, corak dan ragamnya juga sangat variatif hingga kita bisa memilih sesuai selera dan juga budget yang ada.

Kelebihan Lantai PVC Untuk Sebuah Rumah Atau Hunian

1. Tekstur lebih halus

Banyak yang memilih lantai  karena teksturnya yang halus. Bahkan jka dibanding dengan lantai kayu, pantai ini bisa dikatakan lebih halus dan nyaman ketika dipijak.

Pemasangan lanai ini memakai lapisan kain atau busa di bagian dasarnya hingga ada sensasi empuk dan nyaman ketika dipijak. Sifat lantai ini lembut dan juga fleksibel, jadi makin mempermudah pemasangannya di instalasi rumah atau bangunan.

Untuk anak-anak yang bermain ini pun juga relative aman, karena permukaannya tidak sekeras lantai plester, tegel, atau keramik. Namun, permukaan yang halus ini juga harus dilindungi dengan karpet jika ingin meletakkan furniture dan barang berat lainnya di atasnya. Hal ini untuk melindungi keadaan lantai agar tidak terjadi goresan dan merusak lantai PVC.

Read More :   11 Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Untuk menjaga permukaan lantai yang halus ini, kita juga tidak boleh menggeser furniture, seperti meja, lemari atau kursi ketika memindahkannya. Perawatan benar akan membuat lanati ini awet bahkan sampai 15 tahun.

2. Corak dan gara bervariasi

Satu agi kelebihan lantai jenis PVC. Jika kita ingin mendatangkan kesan alam dan juga natural ke rumah, kita tak perlu beli lantai kayu yang mahal. Alternatifnya, kita bisa memakai lantai jenis PVC untuk dipasang di sebagai lantai rumah. Hal ini akan membuat kita berhemat dalam budget dan lebih ekonomis.

Bukan hanya desain yang menyerupai lantai kayu. Jika Anda menyukai motif batu alam, maka ada pula desain dan corak lantai PVC yang menghadirkan kesan natural mirip batu alam. Kelebihannya, tentu harga PVC untuk lantai ini lebih murah daripada kita membeli lantai dari batu alam seperti marmer atau granit.

3. Awet dan tahan lama

Seperti sudah disinggung di atas bahwa lantai PVC ini lebih awet dan tahan lama. Jika lantai dari bahan kayu mudah lapuk dan juga rentan terhadap kelembaba, maka lantai ini bisa lebih awet dan tahan lama.

Read More :   Harga Karpet Vinyl Per Meter Murah Sesuai Isi Kantong

Belum lagi, jenis PVC juga lebih tahan terhadap air. jadi, jika terjadi tumpahan air, kita tak perlu takut air kaan meresap. Namun perlu diketahui bahwa ketika ada air di atas lantai, harus segera dikeringkan untuk menjaganya lebih awet dan tahan lama.

Beberapa produsen lantai ini juga memberikan jaminan bahwa lantai ini bisa awet hingag 20 hingga 25 tahun. Namun, semuanya bergantung pada kualitas PVC yang dibeli. Ada beberapa yang kualitasnya cenderung tidak tahan terhada air dan debu yang mudah masuk ke lapisan PVC. Jadi, pilihlah yang menjanjikan kualitas pVC terbiak untuk  lantai sebelum membeli.

4. Mudah di rawat

Daripada lantai kayu atau lantai marmer,, lantai PVC cenderung mudah dirawat. Cara merawat lanati ini hampir sama dengan merawat jenis lantai lainnya. Untuk perawatan harian, maka kita bisa membersihkan debu dan kotoran dengan sapu. Bisa juga dengan vacuum cleaner. Mudah, bukan?

Dan untuk perawatan rutinnya, bisa dengan membersihkannya dengan kain pel. Namun jangan menggunakan detergen, karena bisa merusak lapisan PVC. Lebih baik menggunakan cairan pembersih khusus PVC yang bisa mudah kita temui di pasaran.

Read More :   Harga Vinyl Lantai Murah Di Jakarta Dan Kelebihannya

Di samping kelebihan di atas, lantai dengan lapisan PVC ini juga memiliki kekurangan tersendiri. Seperti lantai ini memiliki kemampuan melepaskan VOC ke udara hingga embuat udara dalam ruangan tercemar. Terutama bagi orang yang sensitive.

Pemasangan lantai PVC juga menuntut pemasangan yang sempurna untuk menjaga ketahannya. Msialnya kondisi lnatai sebelum  dilapisi lantai jenis PVC harus benar-benar bersih dari debu, dan juga tidak boleh basah atau lembab. Hal ini agar lapisan bawah lantai bisa melekat dengan sempurna. Oleh karena itu, sebelum memasang  lantai PVC wajib untuk memastikan kelayakan kondisi lantai rumah atau bangunan.

Saat mengangkat atau memindahkan perabot pun juga harus ekstra hati-hati jika tidak ingin permukaan lantai jadi rusak. Karena bila rusak, lantai ini tidak bisa diperbaiki, namun harus diganti dengan yang baru.

Demikialah kelebihan dan juga kekurangan lantai PVC yang wajib kita tahu. Jenis lantai dengan lapisan PVC ini makin populer penggunannya. Bukan hanya untuk memaksimalkan fungsinya dan juga menjadikan rumah sebagai hunian yang nyaman, namun juga lebih artistic dengan nilai estetika yang tinggi. Kehadirannya banyak ditemui di rumah-rumah modern yang terlihat mewah dan berkelas. Selain itu juga banyak diaplikasikan di gedung atau bangunan komersial.

Leave a Reply