Kelebihan Dan Kelemahan Lantai Vinyl Serta Parket

Jika kita sudah akrab dengan lantai tegel atau keramik, saatnya kita mengenal lebih jauh tentang lantai vinyl dan juga parket. Kedua jenis lantai ini merupakan lantai yang cukup unik dengan kesan natural yang bisa didatangkan ke dalam rumah.

Dari segi kualitas, kedua jenis lantai tersebut memang berbeda, namun sekilas ketika melihat aplikasinya, keduanya sama-sama  mendatangkan unsur alam pada sebuah hunian.

Tidak heran jika banyak bangunan yang memasang jenis  alas rumah ini. Terlebih bagi yang mendambakan estetika sebuah rumah, maka parket dan vinyl bisa jadi pilihan tepatnya.

Untuk mendapatkan lantai vinyl maupun parket ini memang tidak semudah mendapat lantai kermaik. Pasalnya tidak semua toko bangunan jual vinyl roll murah maupun parket dengan kualitas tertentu.

Perlu mencari di toko bangunan yang esar dan juga lengkap, hingga kedua lantai ini bisa ditemukan. Alternatif lainnya adalah bisa dengan mencarinya secara online, maka akan ditemui perusahaan yang menjual jenis alas rumah ini. Sebelum memutuskan memilih yang mana, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis lantai di atas.

Keuntungan Menggunakan Lantai Vinyl

1. Mudah dipasang

Bahkan tanpa tukang dan ahli pun, kita bisa memasang sendiri lantai vinyl ini. Terlebih untuk ruangan yang tidak memiliki liku, maka pemasangannya akan lebih mudah lagi. Jika kondisi ruangan seperti ini, maka kita bisa memasangnya sendiri.

Read More :   Harga Lantai Vinyl Per Meter, Bedah Rumah Dengan Biaya Hemat

2. Harga murah

Banyak yang jual vinyl roll murah di toko tertentu. Tentu saja, bahannya yang sintetis membuat jenis lantai ini tergolong jenis lanati yang murah, namun juga memiliki keunggulan yang disukai banyak orang. Motif yang beragam, bahkan yang menyerupai parket solid sering ajdi daya tariknya sendiri. Jadi, meskipun harga murah, tetap menjanjikan tampilan rumah yang artistic dan berasa natural.

3. Mudah diganti

Bosan dengan desainnya? Maka pemasangan lantai vinyl yang mudah membuatnya mudah pula untuk diganti. Maka dari itu, bagi yang ingin merubah suasana rumah, maka cara tercepat dan murahnya adalah dengan mengganti vinyl ini sesuai selera dan keinginan. Mudah, cepat, praktis, dan juga dengan motif yang menawan adalah salah satu keunggulan dari lantai vinyl.

4. Lentur dan fleksibel

Bentuk lantai ini cenderung lebih lentur dan fleksibel hingga memudahkan pemasangan maupun pelepasannya. Selain itu, ketika diinjak, lantai ini juga memberi kesan yang nyaman di kaki. Bila terjadi penyok, maka bentuknya yang lentur akan memudahkanya kembali lagi ke bentuknya semula.

5. Anti rayap

Ini dia keunggulan lantai vinyl, yakni anti rayap. Jika kayu asli mudah terkena rayap dan membuatnya tidak awet, maka lantai vinyi menjadi solusi bagi yang ingin lantai yang menghadirkan kesan natural namun juga anti rayap.

Read More :   Harga Parket Vinyl, Jenis Parket Menentukan Harga Jual

a) Kekurangan Lantai Vinyl

Pada beberapa jenis desain antai vinyl tertentu, permukaan sertanya dapat mudah dimasuki debu dan  air. Namun hal ini tergantung dengan dimana kita beli lantai vinyl. Oleh karena itu, sebelum membeli pastika memilih tempat yang jual vinyl roll murah namun berkualitas.

b) Kelebihan Lantai Parket Kayu

  1. Meningkatkan nilai jual bangunan. Lantai parket dikenal dengan salah satu lantai paling mahal. Jadi tidak heran jika sebuah bangunan akan meningkat nilainya jika menggunakan lantai parket solid yang mahal dengan kayu yang berkualitas.
  2. Lebih artistic dan alami. Dengan pilihan kayu yang beargam baik kualitas maupun motifnya, maka sebuah bangunan bisa memiliki nilai artistic yang lebih tinggi. Tentunya kesan yang dihadirkan  berbeda dengan jenis lantai sintetis atau buatan. Selain karena harganya lebih mahal, secara kualitas, latai parket kayu juga memiliki bahan yang lebih aman untuk keluarga.
  3. Menyesuaikan  suhu ruangan. Apapun cuaca yang sedang terjadi, lantai parket kayu tetap menwarkan kenyamaan bagi penghuni rumah. Ketika cuaca dingin, lantai ini akan hangat ketika dipijak. Sedangkan ketika suhu cenderung panas, maka lantai akan lebih sejuk dan membuat kita nyaman. Inilah kelebihan dari lantai kayu yang tidak dimiliki lantai lainnya.
Read More :   Harga Bathtub Murah Dan Berkualitas

Kekurangan Lantai Parket Kayu

Lantai kayu butuh perawatan yang khusus dan ekstra. Salah satunya harus dipoles untuk membuatnya lebih awat dan tahan alam. Selain itu, jika dipoles dengan benar, maka permukaan lantai lebih awet dan akan mencegah terjadinya banyak goresan.

Lantai kayu juga cenderung tidak tahan terhadap air dan suhu lembab. Namun, kualitas dan pilihan jenis kayu juga bisa mempengaruhi ketahanannya.

Oleh karena itu, wajib mencari jenis kayu yang akan dijadikan lantai atau alas rumah. Bahan dari kayu ini juga cenderung tidak tahan akan rayap dan suhu udara yang lembab karena mudah lapuk. Karenanya, perlu dipoles dengan bahan tertentu agar permukannya tetap awet dan juga memiliki penampilan yang menawan.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dan parket yang kini keberadaannya makin populer di masyarakat. Khususnya untuk rumah modern dan kontemporer, penggunaan kedua jenis lantai ini sangat banyak digunakan.

Untuk membelinya pun tidak sembarang toko bangunan dan material menyediakan kedua jenis lantai ini. Carilah toko bangunan besar baik offline maupun online yang jual vinyl roll murah atau parket yang kualitas dan motifnya beragam.

Leave a Reply