Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl Dibanding Lantai Keramik, 110rb

kelebihan dan kekurangan lantai vinylRumah-rumah di Indonesia pada umumnya menggunakan lantai berbahan keramik. Selain karena harganya terjangkau, keramik memiliki daya tahan yang tinggi, mudah dalam perawatannya, serta memiliki motif yang beraneka ragam.

Namun, tidak jarang juga yang menggunakan lantai berbahan selain keramik seperti marmer, porselen, bambu, parket, dan vinyl. Bahan-bahan tersebut dipilih karena pemilik rumah menginginkan rumah yang unik dan berbeda dari rumah-rumah pada umumnya di Indonesia. Salah satunya lantai yang dipilih adalah lantai vinyl.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakannya, kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan lantai vinyl.

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl – https://fimell.com

Lantai Vinyl

Lantai vinyl memiliki kualitas bagus dan tahan lama, serta harga yang terjangkau. Perawatan lantai vinyl juga mudah, yaitu cukup menyapu dan mengepel seperti lantai keramik. Selain itu, lantai buatan ini juga memiliki motif beraneka ragam. Misalnya lantai vinyl dibuat menyerupai lantai parket dan hasilnya pun benar-benar mirip seperti kayu.

Lantai vinyl memiliki permukaan yang lebih halus dan memiliki ketahanan terhadap cuaca dan tidak memuai. Pemasangannya pun terbilang mudah sehingga Anda bisa memasangnya sendiri tanpa harus mempekerjakan pekerja bangunan layaknya memasang keramik.

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl – https://fimell.com

Lantai Keramik

Lantai berbahan keramik terbuat dari campuran tanah liat dan glazur yang dibakar dan kemudian diproses sedemikian rupa. Hasil dari proses pembuatan tersebut menghasilkan material keras yang dilapisi lapisan mengkilap di permukaannya. Lantai keramik dipasang di atas tanah yang sudah diratakan. Kemudian keramik-keramik tersebut disusun dengan rapi dan dilapisi nat disela-sela potongan keramiknya.

Keramik memiliki beraneka ragam motif untuk beragam gaya interior desain, mulai dari motif bergaya modern, minimalis, klasik, tradisional, natural, elegan, dan lain-lain. Keramik juga sangat mudah didapatkan karena banyak tersedia di toko-toko bangunan.

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl – lantai keramik

Perbandingan Lantai Vinyl dan Lantai Keramik

Jika Anda masih ragu antara memilih lantai keramik atau lantai vinyl, berikut adalah perbandingan yang bisa Anda cermati sebelum menjatuhkan pilihan.

  • Lantai keramik lebih mahal dibandingkan dengan lantai vinyl. Terlebih, peningkatan harga keramik relatif lebih cepat dibandingkan dengan harga lantai vinyl yang cenderung stabil.
  • Motif lantai keramik lebih banyak dibanding dengan lantai vinyl.
  • Lantai keramik banyak tersedia di toko-toko bangunan, sedangkan lantai vinyl yang masih tergolong baru bisa dijumpai di toko-toko besar yang berada di perkotaan. Namun, jangan khawatir karena Anda juga dapat membelinya secara online.
  • Lantai keramik memiliki sifat yang keras dan getas sehingga gampang pecah dan tergores. Berbeda dengan lantai vinyl tidak mudah pecah karena terbuat dari bahan semacam karet bermutu tinggi. Namun, jika rusak, baik lantai keramik maupun lantai vinyl tidak bisa perbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

Baca juga:

  • Lantai keramik dan vinyl sama-sama memiliki permukaan yang terasa dingi dan nyaman di telapak kaki.
  • Lantai vinyl terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC). Bagi mereka yang sensitif terhadap bahan ini, tentu saja akan berbahaya karena vinyl dapat melepaskan volatile organic compounds (VOC). Sementara itu, lantai keramik mengandung bahan yang aman.
  • Lantai vinyl mudah rusak ketika tergores, tertusuk benda tajam, atau terkena gesekan. Sementara itu, lantai keramik cenderung lebih kukuh dan hanya akan pecah jika tertimpa barang yang berat.
kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl – https://fimell.com

Nah, dari beberapa uraian tentang kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dibanding lantai keramik, tentu Anda bisa menarik kesimpulan sendiri. Lantai vinyl atau lantai keramik yang akan Anda pilih untuk rumah Anda?

Untuk info atau pemesanan Klik Di sini

Komentar

Leave A Comment