Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Salah satu tahapan yang tidak mudah saat hendak membangun sebuah hunian adalah memilih bahan bangunan, plafon misalnya. Ada beberapa hal yang harus secara matang dipertimbangkan, seperti selera, konsep ruangan, maupun harganya.

Soal selera, tentunya setiap orang berbeda-beda. Jangan sampai Anda menyesal setiap kali memandangi langit-langit hanya karena telanjur memasang plafon yang tidak sesuai keinginan Anda.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah konsep ruangan. Desain interior yang berbeda tentu menghendaki jenis plafon dengan bahan yang berbeda pula. Sebut saja konsep desain rustic yang akan lebih cenderung untuk menggunakan plafon jenis kayu.  Sebaliknya, model plafon gipsum mungkin akan lebih disarankan untuk sebuah rumah yang mengusung konsep modern.

Pertimbangan terakhir adalah masalah harga. Biaya membangun rumah yang tidak sedikit tentu membuat Anda harus menyiasati pengeluaran. Memilih jenis  plafon yang murah namun bahannya relatif kuat akan bisa menjadi solusi.

Maka dari itu, penting kiranya mengetahui lebih dalam berbagai macam plafon yang dijual di toko bangunan agar dapat memilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

 

Jenis Plafon Triplek

Plafon Triplek - Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Plafon Triplek – Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli – formstudio

Plafon triplek terbuat dari serat-serat kayu yang direkatkan. Jenis plafon ini biasanya dibuat dengan ketebalan yang bervariasi, mulai dari 2,5 mm hingga belasan mm. Perbedaan ketebalan tersebut memengaruhi harganya di pasaran. Triplek dengan diameter 2,5 mm dijual dengan harga sekitar Rp 30.000; harga ini akan terus naik sesuai tingkat ketebalan dan jenisnya. Ukuran plafon triplek yang dijual di pasaran biasanya 122 x 244 cm. Namun Anda dapat memotongnya sesuai kebutuhan.

Meski terlihat tipis, tetapi plafon triplek terkenal kuat dan tidak mudah jebol. Pun bobotnya ringan serta mudah dipasang.

 

Plafon Gipsum

Plafon Gipsum - Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Plafon Gipsum – Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli – kkhome

Plafon gipsum terbuat dari gipsum dengan tambahan lapisan kertas pada sisi-sisinya. Jenis plafon ini sangat familier digunakan di masyarakat karena cukup ringan, mudah dipasang, dan dapat didesain sedemikian rupa menurut desain interior ruangan. Ukuran plafon gipsum yang dijual di toko-toko bangunan adalah 122 x 244 cm dengan ketebalan rata-rata sekitar 9 mm.

 

Plafon Fiber atau GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board)

Plafon Fiber atau GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board) - Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Plafon Fiber atau GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board) – Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli – armstrongbuildingsolutions

Plafon fiber terbuat dari campuran beberapa bahan seperti semen, gipsum, pasir silika, dan serat selulosa untuk lebih menguatkan unsur-unsur lainnya. Jenis plafon ini termasuk mudah untuk dipasang dan cukup tahan terhadap air maupun api. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena bahan semen membuatnya mudah retak saat terjadi benturan. Hampir sama seperti gipsum, plafon fiber juga mudah disiasati untuk berbagai konsep desain interior. Beberapa toko bangunan biasanya menjual plafon fiber dengan ketebalan 4 mm dan standar ukuran 122 x 244 cm. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan menemukan jenis plafon ini dengan ukuran 60 x 120 cm.

 

Plafon Calsi (Calsium silicate board)

Plafon Calsi (Calsium silicate board) - Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Plafon Calsi (Calsium silicate board) – Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli – fscalciumsilicateboard

Plafon kalsi terbentuk dari bahan filler, semen, serat selulosa , dan silika yang dikeringkan dan diberi tekanan yang tinggi sehingga kuat. Plafon tersebut dijual dengan ketebalan yang berbeda-beda, dari mulai 2 mm hingga 20 mm. Beberapa kelebihannya di antaranya: mudah didapatkan hampir di semua toko bangunan, tahan terhadap air, api, dan rayap, serta lebih awet dibandingkan dengan jenis plafon gipsum.

 

Plafon Eternit atau Asbes

Plafon Eternit Asbes - Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli

Plafon Eternit Asbes – Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli – carolinastretchceiling

Meski bentuknya sangat mirip dengan triplek, tetapi plafon asbes terbuat dari bahan yang berbeda. Asbes atau biasa disebut eternit dibentuk dari mineral silikat alam. Partikelnya yang sangat halus bisa terhirup oleh manusia sehingga berakibat buruk bagi kesehatan. Namun demikian, model plafon ini tetap sangat familier di masyarakat karena harganya terjangkau dan mudah dalam hal pemasangannya.

Baca Juga :

Jika Anda sedang memerlukan plafon dengan harga murah, isibangunan.com solusinya! Kami menjual berbagai jenis plafon dengan harga yang terjangkau, tetapi kualitasnya tetap nomor satu. Hubungi admin kami segera untuk pemesanan melalui email, telepon, atau whatssapp di 0811 158 309

2018-06-03T08:00:45+00:00 Juni 3rd, 2018|Categories: plafon|Tags: , , |

2 Comments

  1. […] Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli […]

  2. […] Kenali Jenis Plafon dan Bahan Pembuatnya Agar Tidak Salah Pilih Saat Membeli […]

Leave A Comment