Jenis Lantai Rumah Untuk Ruang Makan

Lantai merupakan salah satu bagian dasar dari sebuah rumah maupun bangunan pada umumnya. Semakin hari, makin banyak jenis lantai yang bisa diaplikasikan ke dalam rumah. Mengingat lantai bukan sekedar alas rumah, namun juga salah satu elemen yang membawa keindahan pada sebuah ruangan, maka pemilihannya tidak boleh sembarangan. Khususnya untuk ruang-ruangan tertentu.

Misalkan ruang makan, dimana aktivitas bersama keluarga banyak dihabiskan di sana. Lantai di ruang makan ini seharusnya bukan hanya menjadi lantai sebagai alas ruangan, namun juga mampu memaksimalkan fungsinya, sebagai tempat yang nyaman. Untuk itulah, jenis lantai seperti lantai corak kayu atau batu alam banyak dipilih.

Ada banyak jenis lantai yang bisa diterapkan di ruang makan. Salah satu tipsnya adalah memilih jenis lantai yang mudah dibersihkan dari berbagai noda. Baik itu lantai corak kayu atau desain lainnya, maka harus dipilih dengan seksama. Jenis lantai yang tak mudah menyerap noda bisa  jadi pilihan terbaiknya.

BerikutJenis Lantai Untuk Ruang Makan Keluarga

1. Lantai plester untuk ruang makan

Jenis lantai plester adalah alas rumah yang paling sederhana. Aplikasinya mudah dan murah. Pada beberapa bangunan, masih ada yang menggunakan jenis lantai plester. Meskipun tidak bercorak, lantai ini bisa memberikan nuansa tersendiri untuk sebuah ruangan.

Read More :   Jenis-Jenis Lantai Kayu Yang Harus Anda Ketahui

Berbeda dengan plester dinding, untuk hasil lantai ruang makan terbaik, kita harus melakukan penggosokan lantai hingga halus dan mengkilap. Kelemahan lantai ini adalah mudah retak dan rusak.

Akibatnya, perbaikannya pun akan relative susah. Untuk melindungi lantai ini kita bisa mengaplikasikan lantai corak kayu, seperti vinyl untuk melindungi permukaannya hingga lebih awet dan menyajikan suasana yang lebih nyaman di ruang makan keluarga.

2. Lantai keramik

Inilah jenis lantai yang banyak digunakan untuk berbagai ruangan. Aplikasinya cukup fleksibel, bisa di hampir semua ruangan, bahkan bisa pula untuk dinding pagar dan kamar mandi. Sementara untuk ruang makan sendiri, lantai ini cukup direkomendasikan, karena permukaannya mudah dibersihkan jika terkena noda.

Untuk noda membandel, bisa menggunakan pel. Banyaknya motif keramik yang bisa dipilh memudahkan kita dalam memasukkan berbagai unsur ke dalamnya. Bisa dengan aplikasi keramik dengan warna yang lebih gelap untuk menyamarkan lantai yang kotor karena noda.

Bila ingin tampilan lantai keramik yang lebih elegan dan memiliki pesona alam dan natural, ada satu cara yang bisa diaplikasikan, yakni dengan aplikasi lantai vinyl, salah satu pelapis lantai corak kayu yang ekonomis dan mudah dipasang.

3. Lantai marmer untuk ruang makan

Read More :   Tips Memilih Karpet Lantai Kayu

Jenis batuan alam ini adalah salah satu jenis lantai yang sangat menawan dan juga menghadirkan kesan istimewa ke dalam rumah. Salah satu keuntungan dari lantai ini adalah kesan mewah dari lantai marmer dan corak batuan alamnya.

Bila menerapkan lantai ini ke ruang makan, maka harus rutin membersihkan lantai agar tidak ada noda yang terserap olehnya hingga menjadi sulit dibersihkan. Tekstur dan pola lantai ini sendiri menyajikan nuansa yang berbeda. Bagi yang ingin sensasi natural, namun enggan menggunakan lantai corak kayu layaknya parket atau vinyl, maka marmer bisa jadi pilihannya.

4. Lantai granit

Hampir sama dengan marmer, granit merupakan lantai yang cukup langka, karena bahannya berasal dari batuan yang diambil dari alam. Untuk masalah harga, lantai ini bisa dibilang cukup mahal, dan persediaannya kadang terbatas. Kelebihan granit sendiri adalah pori-porinya lebih rapat hingga memiliki kemungkinan yang kecil untuk dimasuki air dan kotoran.

Jadi, bagi yang memiliki anak dan sering menumpahkan makanan atau minuman, jenis lantai ini bisa dipilih untuk ruang makan. Jika sulit mendapatkan granit alam, maka sekarang sudah ada granit buatan yang menawarkan desain alam yang unik dengan  harga yang lebih ekonomis.

5. Lantai kayu

Read More :   Jual Vinyl Lantai Kayu Murah Dan Nilai Positif Yang Didapatkan

Lantai kayu bisa menghadirkan kesan hangat ke dalam ruangan. Lantai corak kayu dan alam ini membuat suasana ruangan nampak lebih nyaman. Selain itu, ketika dipijak juga tak akan menimbulkan sensasi dingin seperti lantai keramik atau marmer.

Jika mengaplikasikan lantai corak kayu  yang satu ini, maka harus sering merawat dan menjaga  kebersihannya. Karena lantai kayu cenderung lebih mudah untuk menyerap noda. Untuk melindunginya, beri lapisan pelitur atau lapisan lain untuk membuatnya lebih awet.

6. Lantai vinyl

Lantai vinyl hadir dengan berbagai pilihan, salah satunya adalah lantai corak kayu yang banyak diminati oleh orang sekarang ini. Harganya jauh lebih murah dibanding lantai kayu solid, namun coraknya tak kalah indah dan nampak terlihat nyata menyerupai corak aslinya.

Untuk ruang makan, lantai ini cukup bisa diandalkan karena  tahan air dan juga kotoran, hingga menjadikan lantai lebih awet dan tahan lama. Lantai ini bisa tahan hingga 15 tahun. Jika rajin dirawat dan dibersihkan, maka lantai vinyl bisa lebih awet lagi.

Demikianlah jenis lantai banyak digunakan untuk ruang makan. memang tidak mudah untuk memilihnya. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Budget pun juga menjadi salah satu faktor yang menentukan jenis lantai mana yang bakal digunakan.

Leave a Reply