Apakah Anda memiliki dinding awet yang bagus di rumah Anda? Mungkin, sebisa mungkin Anda akan mencoba untuk merawatnya. Tapi, Anda bingung hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat dinding rumah itu dengan melakukan apa.

 

Masalah yang sering terjadi pada dinding adalah masalah yang cukup serius jika tidak ditangani dengan serius. Hal ini dikarenakan dinding merupakan elemen utama pada setiap bangunan. Apalagi jika dinding rumah Anda retak dan berjamur.

 

Untuk merawat dinding diperlukan kemampuan yang lihai dalam merawatnya. Memersihkannya pun bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Maka dari itu, simak tips berikut ini untuk merawat dinding rumah Anda.

  1. Membersihkan dinding dengan kain basah

 

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan dinding menggunakan kain basah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

 

Usapkan kain lap basah secara merata pada permukaan dinding lalu  tunggu hingga kering setelah itu Anda bisa lanjut membersihkannya dengan menggunakan kain lap yang kering untuk menjatuhkan sisa-sisa kotoran yang masih melekat pada dinding.

 

  1. Membersihkan dinding dari debu

 

Semakin lama dinding tidak dibersihkan maka semakin banyak debu yang menumpuk. Terutama adalah sarang laba-laba yang menempel di setiap sudut langit-langit rumah dan sudut lantai rumah.

Anda dapat menggunakan sapu bergagang panjang untuk membersihkan sarang laba-laba yang menempel pada bagian atas dinding. Sedangkan pada bagian bawah gunakan sapu biasa. Namun untuk lebih efektif, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner sehingga semua bagian permukaan dinding rumah dapat bersih dari debu.

  1. Membersihkan noda pada dinding

 

Pastinya, Anda pernah mengalami hal serupa seperti dinding yang bernoda bekas anak Anda bermain-main. Apakah Anda mengalami kendala pada saat membersihkannya? Jika Anda kesulitan dalam membersihkannya Anda bisa simak tulisan ini baik-baik.

 

Perhatikan terlebih dahulu jenis noda yang seperti apa yang menempel pada dinding rumah Anda. Jika yang menempe adalah noda yang tidak berminyak, Anda bisa menggunakan tips nomor satu. Hanya dengan mengelapnya dengan kain lap basah tanpa menggunakan bahan tambahan seperti sabun, maka noda dan bekas yang menempel pada dinding akan hilang.

 

Lain hal dengan noda yang menempel dan bercampur dengan minyak. Jika hal ini sedang Anda alami, maka segeralah bersihkan dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring. Bahan dasar sabun cuci piring yang dibuat khusus untuk menghilangkan noda membandal dapat Anda gunakan untuk membersihkan dinding rumah Anda yang tertempel oleh noda berminyak.  Usahakan untuk tidak menyampur banyak air ke dalam campuran. Atau Anda juga bisa untuk tidak menggunakan air dalam metode ini. Sehingga noda berminyak pun akan lekas hilang.

 

  1. Membersihkan noda permanen pada dinding

 

Memiliki anak kecil yang sedang melakukan eksperimen dengan melukis di dinding memang biasa terjadi. Dinding pun menjadi terlihat tidak indah akibat krayon, pastel, atau spidol yang mengotori dinding.

Noda tersebut termasuk noda permanen namun tetap dapat dihilangkan. Cukup gunakan sabun cuci piring dalam jumlah yang agak banyak pada lap bertekstur kasar. Tidak perlu menambahkan tetes air dan gosokan berulang-ulang pada noda permanen. Jika cat mengelupas maka jangan malas untuk mengecat ulang bagian dinding yang terkelupas.

 

  1. Perhatikan bekas percikan cat

 

Ketika mengecat dinding, tentu ada percikan cat yang jatuh ke lantai. Segera bersihkan percikan cat agar tidak permanen. Selain itu akan membuat tampilan bawah dinding menjadi tidak indah. Percikan berupa titik akan menggumpal dan sulit dihilangkan. Sehingga perlu segera menghilangkan percikan yang jatuh

Dinding seakan terlihat bersih jika tidak diperhatikan secara seksama. Keberadaan noda harus segera dihilangkan dengan tips tepat di atas merawat dinding rumah. Tanpa langkah yang tepat maka dinding rumah menjadi kotor. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan seluruh ruangan teurtama dinding.

 

  1. Melakukan pengecatan ulang

 

Nah, hal berikut harus Anda lakukan jika dinding rumah Anda sudah tidak layak lagi untuk dikatakan indah. Jika dinding rumah Anda sudah banyak yang mengelupas, Anda kami sarankan untuk melakukan pengecatan ulang dinding. Hal ini akan mengembalikan keindahan dinding rumah Anda yang sudah terlihat buruk.

 

Usahakan untuk memilih produk cat yang berkualitas dan tahan terhadap berbagai musim. Dikarenakan iklim Indonesia yang tropis dan tidak memungkinkan, pemilihan kualitas cat pun menjadi modal utama untuk memberikan keindahakn pada dinding rumah Anda. Selain itu, dengan cat yang berkualitas, Anda bisa membuat dinding rumah menjadi tahan lama.

 

  1. Gunakan lapisan wallpaper dinding

 

Tips yang terakhir adalah dengan menggunakan wallpaper dinding sebagai pelapis dinding. Penggunaan wallpaper ini sebagai alternatif jika Anda tidak ingin melakukan pengecatan ulang pada dinding.

 

Sudah tersedia berbagai macam jenis wallpaper yang bagus untuk dinding. Anda hanya tinggal memilih produk yang tepat untuk dinding rumah Anda. Selain harganya terjangkau, penggunaan wallpaper dinding ini juga banyak sekali manfaatnya. Kita akan bahas di artikel lainnya tentang manfaat wallpaper dinding.

 

Itu tadi tujuh tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada dinding rumah Anda.

 

Selain itu, kami juga menjual berbagai bahan material bangunan yang bisa Anda dapatan di website resmi kami di isibangunan.com.

 

Please rate this