Mengenal Kelebihan, Kekurangan, Serta Harga vinyl yang Sesuai untuk Keperluan Rumah Anda

Apakah Anda baru saja membeli rumah, atau sedang berpikir untuk merenovasi rumah? Dalam menata rumah, pastinya Anda ingin memilih material yang terbaik untuk setiap sudutnya. Tidak terkecuali untuk lantai.

Pada umumnya, rumah saat ini menggunakan material keramik pada lantai. Ukuran, warna, motif, dan kombinasi pola lantai keramik memang sangat beragam. Ini menjadikan keramik sebagai material yang mudah diaplikasikan pada rumah. Namun bagaimana jika Anda ingin memberikan tampilan yang berbeda bagi rumah? Untuk itu, lantai vinyl bisa jadi solusi.

Mengenal Lantai Vinyl untuk Rumah

Mengenal Lantai Vinyl untuk Rumah - allfamilysites.com

Mengenal Lantai Vinyl untuk Rumah – allfamilysites.com

 

Lantai vinyl adalah pelapis lantai yang umumnya terdiri dari tiga lapisan utama yaitu compact layer, fiber glass, dan printed layer. Lapisan utama vinyl mirip dengan busa sehingga memberikan rasa pijakan yang nyaman. Selain itu, lapisan utama ini juga memberikan kehangatan bagi ruangan.

Di bagian dalam, lapisan dibuat  sedemikian rupa agar mudah menempel pada keramik dengan menggunakan lem rubber. Pada lapisan paling luar, terdapat polivinil klorida atau PVC yang memberikan tampilan mengilat pada lantai vinyl.

Karena digunakan sebagai pelapis, biasanya lantai vinyl bisa diaplikasikan di atas lantai keramik. Motif yang sering ditemui pada lantai vinyl adalah motif kayu dan bebatuan. Dengan motif yang beragam, Anda bisa mengganti lantai vinyl kapan saja jika bosan dengan tampilannya. Namun begitu, rata-rata produk lantai vinyl kuat dipakai selama 15 hingga 20 tahun dengan perawatan yang baik.

Lapisan vinyl untuk lantai ini biasa dijual dalam bentuk lembaran, papan, atau gulungan. Untuk ketebalannya pun beragam dari mulai 1 hingga 4 milimeter. Semakin tebal lantai vinyl, semakin nyaman untuk dipijak dan kemampuannya untuk meredam suara semakin  baik. Berikut adalah tiga bentuk lapisan vinyl yang bisa Anda temukan di pasaran:

Lantai Vinyl Plank

 

Lantai vinyl jenis ini memiliki bentuk seperti papan parquet. Walaupun terlihat lebih mirip dengan lantai kayu, lantai vinyl plank ini tidak memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi. Lantai vinyl berbentuk papan ini cocok digunakan untuk ruangan yang tidak memiliki sudut yang sulit dijangkau.

Secara tampilan, lantai vinyl plank ini memberikan gaya yang elegan untuk rumah. Ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan lantai kayu alami dengan harga yang lebih terjangkau.

Lantai Vinyl Tile

 

Lantai vinyl tile memiliki bentuk yang mirip dengan keramik dan biasanya dijual dalam satu set motif. Anda bisa membuat beragam kombinasi dengan lantai vinyl jenis ini karena cara penyusunannya hampir sama dengan menyusun keramik.

Hanya saja, lantai vinyl tile tetap diaplikasikan menggunakan lem, bukan semen. Maka dari itu, walaupun disusun seperti keramik, lantai vinyl tile tidak menggunakan nat dalam pemasangannya.

Lantai Vinyl Roll

 

Lantai vinyl roll atau gulungan sangat cocok untuk ruangan yang luas tanpa sudut yang sulit dijangkau. Luasnya beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Biasanya, lantai vinyl gulungan ini digunakan pada ruangan besar seperti rumah sakit dan perkantoran.

Walaupun pemasangannya lebih cepat, lantai ini memiliki kekurangan. Jika tergores atau rusak, sulit untuk memperbaikinya dan Anda mungkin harus mengganti seluruh lantai.

Terlepas dari bentuk dan motif, harga vinyl di pasaran pun beragam, tergantung ukuran dan ketebalannya. Beberapa lantai vinyl juga memiliki harga yang lebih mahal karena kualitasnya. Jika Anda menginginkan pelapis lantai yang nyaman, terlihat elegan, serta fungsional, lantai vinyl bisa Anda pertimbangkan.

Read More :   Harga Wallpaper 3D & Jenis-Jenis Wallpaper 3D

Kelebihan Kualitas Vinyl untuk Lantai Rumah

Kelebihan Kualitas Vinyl untuk Lantai Rumah - 1.bp.blogspot.com

Kelebihan Kualitas Vinyl untuk Lantai Rumah – 1.bp.blogspot.com

Sebagai pelapis lantai, vinyl memiliki berbagai kelebihan yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pemasangan mudah

Lantai vinyl dipasang dengan menggunakan lem. Maka dari itu, cukup mudah untuk memasangnya terutama pada rumah yang memiliki banyak sudut yang sulit dijangkau oleh jenis lantai lain. Terlebih lagi, Anda bisa bebas memilih pelapis vinyl dengan bentuk papan, lembaran, atau gulungan.

Bentuk lantai vinyl bisa disesuaikan dengan dimensi lantai sehingga Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam melapisi seluruh ruangan. Motif pun bisa disesuaikan sehingga tampilan lantai tetap terlihat utuh secara keseluruhan.

 

  • Lebih fleksibel dan kuat

Karena memiliki lapisan fiber glass, lantai vinyl memiliki fleksibilitas dan ketahanan yang tinggi. Sifatnya yang mudah dibentuk juga bisa dengan mudah mengikuti kontur permukaan lantai yang ada di rumah Anda.

Dengan material yang kuat, lantai vinyl bisa bertahan hingga 20 tahun lamanya. Selain itu, banyak lantai vinyl yang menawarkan kualitas yang berbeda seperti anti-bakteri, anti-slip, heavy duty, dan lainnya.

 

  • Harga vinyl relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan parquet

Karena berbeda material, harga vinyl memang lebih murah jika dibandingkan dengan lantai kayu parquet. Untuk motif dan ukuran yang berbeda, harga vinyl bisa bervariasi dari mulai Rp150.000 hingga Rp220.000 per meter.

Walaupun bukan terbuat dari kayu asli, lantai vinyl memiliki motif yang mirip dengan motif kayu asli. Dengan harga yang lebih murah, Anda mendapatkan tampilan yang sama dengan lantai kayu.

 

  • Tidak sulit untuk merawat lantai vinyl

Berbeda dengan lantai parquet yang memerlukan perawatan khusus, lantai vinyl lebih mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya untuk menjaga kebersihan.

Sekitar tiga bulan sekali, lapisi lantai dengan cairan poles khusus. Jika lantai berada di ruangan yang ramai dilewati oleh orang, polesan bisa diulang satu kali dalam sebulan.

 

  • Nyaman dipijak

Bahan yang ada pada lantai vinyl memiliki material yang lembut jika dipijak. Semakin tebal lapisan vinyl, maka semakin nyaman pula untuk dipijak. Selain itu, permukaan lantai vinyl pun lebih halus dibandingkan dengan lantai kayu. Dengan begitu, lantai nyaman untuk digunakan di ruangan seperti kamar tidur, ruang bermain anak, dan ruang keluarga.

  • Bisa berguna sebagai peredam suara

Materi lantai vinyl dilapisi oleh PVC sehingga membantu lantai untuk menyerap suara. Dengan suara yang minim, tentu ruangan seperti kamar tidur atau ruang bekerja akan menjadi lebih nyaman. Jika Anda menginginkan ruangan yang kedap suara, Anda juga bisa mencari lapisan vinyl yang bisa diaplikasikan pada dinding.

  • Penampilan yang bersih dan berkelas

 

Tampilan lantai vinyl terlihat mengilat dengan motif kayu yang menyerupai asli. Harga vinyl mungkin memang lebih murah dibandingkan dengan lantai kayu, tetapi tampilannya tidak kalah berkelas.

Lantai vinyl juga memberikan perasaan dan kesan hangat pada rumah. Ini membuat lapisan vinyl untuk lantai ini cocok bagi rumah di kawasan dataran tinggi atau juga ruangan dengan AC.

Namun Begitu, Ada Beberapa Kekurangan dari Lantai Vinyl

Namun Begitu, Ada Beberapa Kekurangan dari Lantai Vinyl - homeadvisor.com

Namun Begitu, Ada Beberapa Kekurangan dari Lantai Vinyl – homeadvisor.com

Seperti semua material lainnya, lantai vinyl pun memiliki beberapa kekurangan. Namun, kekurangan tersebut dapat Anda siasati. Selain itu, kekurangan yang dimiliki lantai vinyl juga merupakan kekurangan yang ada pada lantai vinyl standar. Saat ini, sudah banyak produk lantai vinyl yang menyiasati kekurangannya dengan memodifikasi materialnya.

  • Melepaskan senyawa Volatile Organic Compounds (VOC)
Read More :   Harga Parket Vinyl, Jenis Parket Menentukan Harga Jual

Lapisan PVC terkenal bisa melepaskan senyawa VOC ke udara, ini bisa berbahaya bagi Anda yang sedikit sensitif terhadap senyawa tersebut. Terlalu banyak senyawa VOC bisa menyebabkan pusing dan mual. Fenomena paparan VOC ini sama seperti yang sering kita temui pada aroma mobil baru.

Selain itu, jika material mengandung banyak senyawa VOC, dalam jangka panjang senyawa tersebut bisa membentuk lapisan O3 atau ozon yang berbahaya bagi manusia. Tapi, saat ini sudah banyak lantai vinyl yang menawarkan lapisan PVC dalam kadar yang rendah dan tidak berbahaya.

 

  • Hanya bisa maksimal ketika ditempel di keramik

Salah satu kekurangan lantai vinyl adalah hanya bisa digunakan di atas keramik. Pemasangan lantai vinyl membutuhkan permukaan yang benar-benar bersih dan rata.

Jadi, jika Anda membangun rumah baru, biayanya mungkin akan menjadi berlipat karena Anda harus melapisi lantai dengan keramik terlebih dahulu. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan lantai vinyl di beberapa ruangan saja.

 

  • Mudah tergores benda tajam

Karena lapisannya cenderung lembut, lantai vinyl mudah tergores oleh benda tajam. Jika Anda menata barang ke dalam ruangan yang berlantai vinyl, disarankan untuk tidak menggesernya agar permukaan vinyl tidak rusak.

Sudut kursi, meja, atau barang elektronik bisa saja menusuk atau merusak permukaan vinyl. Namun begitu, Anda bisa memilih lantai vinyl dengan kualitas heavy duty jika Anda memiliki banyak perabotan di dalam ruangan.

 

  • Tidak dapat diperbarui

 

Jika sudah tergores atau rusak karena benda tajam, lapisan lantai vinyl akan terlihat jelek. Kalau sudah begitu, tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menggantinya. Hal ini akan merepotkan terutama jika Anda menggunakan lapisan vinyl gulungan. Itu berarti, Anda harus mengganti seluruh lantai dengan gulungan yang baru.

Sebagai solusi, sebaiknya pilih lapisan vinyl per lembar agar Anda tidak perlu mengganti seluruh lantai jika rusak atau tergores.

Walaupun memiliki kekurangan, lantai vinyl sudah terbukti tahan lama. Anda mungkin hanya perlu memikirkan perawatan selama 15 hingga 20 tahun ke depan. Jadi, harga yang Anda keluarkan pada awal pembuatan akan terasa hemat karena Anda tidak akan membutuhkan renovasi ulang dalam waktu dekat.

Berapa Harga vinyl yang Ada di Pasaran?

Berapa Harga vinyl yang Ada di Pasaran? - isibangunan.com

Berapa Harga vinyl yang Ada di Pasaran? – isibangunan.com

Harga vinyl yang ada di pasaran akan tergantung dengan ukuran dan kualitas yang ditawarkan oleh produk tersebut. Setidaknya, ada tiga ukuran vinyl yang biasa ditemukan:

  • 0,3 cm x 15 cm x 90 cm
  • 0,8 cm x 20 cm x 120 cm
  • 0,8 cm x 20 cm x 120 cm

Namun, beberapa merek juga memiliki ukuran yang berbeda dengan motif yang berbeda pula. Kisaran harga vinyl dengan ukuran berbeda adalah mulai Rp165.000 hingga Rp210.000. Biasanya, harga vinyl tersebut sudah termasuk biaya pasang.

Untuk biaya pasang sendiri, kisaran harganya adalah Rp50.000 per meter persegi atau tergantung jarak rumah dari toko, serta tingkat kesulitan kontur lantai rumah Anda. Untuk memasang lantai vinyl, yang Anda perlukan hanya lem perekat lantai yang berupa synthetic rubber adhesives. Sebelum dipasang, sebaiknya lantai keramik berada pada keadaan bersih sehingga lantai vinyl lebih mudah merekat.

Selain ukuran, merek, dan motif, harga vinyl juga bisa dipengaruhi oleh jenis kualitas yang dimiliki oleh lantai vinyl. Untuk mendapatkan lantai vinyl dengan kualitas terbaik, Anda bisa memilih lantai vinyl lokal seperti JT Vinyl.

Read More :   Lantai Vinyl Motif Kayu untuk Ruang Pertemuan

Mengenali Jenis Lantai Vinyl

Mengenali Jenis Lantai Vinyl - decorindoperkasa.com

Mengenali Jenis Lantai Vinyl – decorindoperkasa.com

Selain ukuran dan harga vinyl yang berbeda, lantai vinyl juga memiliki beberapa kualitas khusus yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda. Beberapa kualitas yang ditawarkan mungkin memiliki harga yang lebih mahal. Namun, sesuai kegunaannya, lantai vinyl tersebut bisa memberikan lapisan yang sempurna untuk kebutuhan Anda.

  • Anti-static

Anti-static sering disebut juga dengan lantai vinyl heavy duty. Lantai vinyl dengan kualitas ini sangat kuat dan dapat menahan banyak gesekan. Ini sangat cocok bagi ruangan yang sibuk dengan kegiatan dan banyak perabotan seperti ruang keluarga. Lantai vinyl jenis ini juga pas untuk digunakan di perkantoran.

  • Anti-bacterial

Lantai vinyl anti-bacterial adalah lantai vinyl yang lebih tahan terhadap segala jenis mikroorganisme termasuk bakteri dan jamur. Lantai jenis ini sering digunakan untuk rumah sakit dan laboratorium. Untuk di rumah, Anda bisa memanfaatkan lantai vinyl ini di kamar anak atau bayi.

  • Anti-slip

Lantai vinyl anti-slip membuat lantai tidak licin. Ini sangat cocok diaplikasikan untuk kontur lantai yang miring atau berupa tangga. Lantai ini juga bisa digunakan jika ada anggota keluarga yang menggunakan kursi roda di rumah.

  • Anti-chemical

 

Lantai vinyl anti-chemical lebih tahan terhadap bahan kimia. Biasanya, lantai jenis ini sering digunakan pada ruangan seperti laboratorium atau pabrik. Lantai tidak akan mudah rusak walaupun terekspos dengan bahan kimia yang keras bagi lantai.

Walaupun beberapa kualitas seperti anti-bacterial dan anti-slip lebih sering digunakan di tempat umum seperti rumah sakit dan laboratorium, tidak menutup kemungkinan bahwa lantai tersebut bisa digunakan untuk rumah. Terlebih lagi jika Anda menginginkan rumah yang higienis dan aman untuk seluruh anggota keluarga.

Jadi, bukan hanya penampilan rumah yang berubah, tapi kesehatan lingkungan dalam rumah pun akan terus terjaga.

Mencari Lantai Vinyl Terbaik untuk Rumah Anda

Mencari Lantai Vinyl Terbaik untuk Rumah Anda - vinylmotifkayu.com

Mencari Lantai Vinyl Terbaik untuk Rumah Anda – vinylmotifkayu.com

 

Setelah Anda mengetahui jenis, ukuran, dan kualitas khusus yang dimiliki lantai vinyl, langkah berikutnya adalah mencari distributor yang tepercaya. Jika Anda kesulitan mencari distributor lantai vinyl di dekat Anda, Anda perlu mempertimbangkan untuk membelinya secara online lewat isibangunan.com.

Sebagai penyedia lantai vinyl berkualitas nomor satu di Indonesia, isibangunan.com memiliki pilihan lantai dan harga vinyl yang beragam. Jika di pasaran harga vinyl bisa mencapai di atas Rp200.000 per meter, isibangunan.com menawarkan Anda harga yang jauh lebih baik yaitu berkisar di harga Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter.

Dengan kualitas impor, isibangunan.com menawarkan lantai vinyl dengan motif yang realistis dan mirip dengan kayu asli. Dengan begitu, rumah akan terasa hangat sekaligus mendapatkan kenyamanan yang ditawarkan oleh lantai vinyl.

Situs isibangunan.com juga memberikan kenyamanan bagi Anda untuk berbelanja. Cukup dengan mengikuti prosedur pembelian di website, Anda sudah bisa memilih lantai vinyl dengan corak yang sesuai dengan selera Anda. Tanpa repot, lantai vinyl akan sampai di rumah Anda.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 0811 -158- 309. Di nomor telepon tersebut, Anda bisa bertanya mengenai jenis, merek, pemasangan, hingga harga vinyl yang Anda inginkan.

Dalam memutuskan lantai vinyl yang sesuai, Anda bisa mempertimbangkan ruangan mana saja yang ingin Anda lapis dengan vinyl. Atau, motif seperti apa yang Anda inginkan ada di dalam rumah.

Untuk rumah yang lebih hangat dan terlihat elegan, lantai vinyl memang solusinya. Siap mendapatkan tampilan baru di rumah Anda? Segera hubungi isibangunan.com sekarang!

2 Comments

  1. Reni March 21, 2018
    • Isi Bangunan March 25, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.