Ada banyak pilihan material untuk pembuatan pintu. Salah satu yang sering digunakan adalah multiplek. Karena kualitasnya bisa diandalkan dan tetap terjangkau harganya. Bahan baku ini semakin cantik dengan lapisan HPL. Dengan segala kelebihannya, harga pintu multiplek lapis HPL relatif ekonomis.

Tampilan Keren dengan Harga Terjangkau

Plywood atau kayu lapis atau multiplek ini sangat dikenal dalam dunia konstruksi bangunan. Material ini juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furnitur dan pendukung dekorasi interior. Anda juga bisa memanfaatkan kayu olahan ini sebagai bahan pembuatan pintu.

Multiplek sangat dikenal dengan harganya yang relatif murah, bisa didaur ulang, mudah dibentuk dan fleksibel. Sehingga lebih mudah untuk dibuat dalam berbagai kebutuhan. Seperti halnya material kayu lainnya, multiplek juga bisa rapuh karena kondisi cuaca, serangan rayap dan paparan air atau kelembaban.

Oleh karena itu, muncul ide untuk melapisi kayu olahan ini dengan pelapis HPL (High Pressure Laminate). Dengan begitu, pintu berbahan multiplek tetap lebih aman dari berbagai ancaman tersebut. Sebab produk laminasi ini sudah dilengkapi berbagai fitur bermanfaat, seperti anti gores, anti air, anti jamur dan tahan panas.

Itulah alasannya kenapa pintu multipleks sangat layak untuk diberikan lapisan HPL. Sebab, selain bisa menjadi pemanis tampilannya, juga sekaligus bisa memberikan perlindungan bagi pintu multiplek. Kalau sudah terlapisi dengan material coating tersebut, maka pintu tampil makin menawan, tidak mudah rusak dan lebih panjang usia pemakaiannya.

Pada dasarnya material multiplek mudah untuk dibentuk, lebih fleksibel dan harganya tetap ekonomis. Sangat jelas kalau dilihat dari harga, jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu solid, seperti mindi, pinus, mahoni, jati dan sejenisnya.

Multiplek diproduksi dalam bentuk lembaran dengan ukuran panjang 244 cm dan lebar 122 cm. Agar bisa disesuaikan dengan penggunaannya, maka pabrikan memproduksi beragam tingkat ketebalan. Pada umumnya berkisar 10-40 milimeter.

Oleh karena relatif tipis, maka multiplek lebih fleksibel. Dengan begitu, lebih gampang untuk diolah dalam berbagai bentuk furnitur. Permukaan kayu olahan ini halus dan masih bisa diberikan lapisan HPL. Supaya tampilan permukaannya lebih cantik dan elegan.

Anda tidak selalu harus melapisi kayu olahan ini dengan HPL bermotif kayu. Sudah banyak pilihan warna dan corak yang bisa menjadi bahan coatingnya. Semisal, motif batu alam seperti granit dan marmer, motif metal, warna solid dan sebagainya. Anda bisa menggali banyak gagasan dan kreativitas, agar pintu multiplek juga bisa tampil beda, dengan sentuhan pelapis HPL.

Nah, Anda tertarik untuk memanfaatkan multiplek sebagai pintu rumah atau bangunan? Pastikan memilih produk multiplek berkualitas, supaya lebih kokoh dan kuat. Kemudian gunakan pula produk HPL berkualitas tinggi. Supaya tidak hanya bisa meningkatkan nilai estetika pintu saja. Akan tetap juga bisa melindungi dari berbagai ancaman, seperti panas sinar matahari, kelembaban udara, air dan sebagainya.

Harga pintu multiplek lapis HPL relatif terjangkau, jadi Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya. Jika Anda ingin membeli pintu multiplek berlapis HPL, pastikan juga produsennya menggunakan kayu lapis dan HPL bermutu bagus. Tidak menjadi masalah harus membayar sedikit lebih mahal, tapi bisa mendapatkan produk unggulan.

Kenapa Harus Menggunakan Pelapis HPL?

penjual pintu HPLProses pembuatan HPL mengandalkan tekanan dan suhu tinggi. Oleh sebab itu, tercipta material finishing yang sangat kuat. Banyaknya corak dan warna yang disuguhkan membuatnya makin diminati konsumen. Bahkan bisa menggeser penggunaan cat duco yang biasanya digunakan sebagai bahan coating kayu.

Pemasangan HPL relatif lebih mudah, sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Penggunaan material ini sangat mendukung interior berkonsep modern dan minimalis. Tampilan motifnya merata, jadi tidak terlihat belang-belang. Bahan finishing ini pun sangat terjangkau harganya.

Kesulitan baru terasa ketika pemasangan pada bidang melengkung atau sudut kecil. Oleh karena itu, pastikan sudah memahami teknik pemasangan HPL yang benar. Bila kurang menguasai, maka pastikan juga menyerahkan tugas tersebut kepada tenaga ahli berpengalaman.

Selain itu, karena tingkat fleksibilitasnya rendah, maka berisiko patah. Namun, itu kalau salah dalam memilih produk. Sebab varian merek HPL sangat banyak di pasaran. Setiap merek tersebut menawarkan spesifikasi produk dan kualitas yang beragam. Jadi sangat wajar kalau memilih produk bermutu rendah, pasti lebih berisiko mudah rusak atau patah.

Kiat Perawatan Furnitur Multiplek Lapis HPL

jual pintu HPLCara perawatan furnitur berlapis HPL juga sangat mudah dan sederhana. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran besar sebagai pemeliharaannya. Cukup gunakan alat kebersihan sederhana, seperti kain lap sebagai alatnya.

Paparan debu, noda dan kotoran bisa terjadi setiap saat pada pelapis HPL. Oleh karena itu, Anda harus memiliki jadwal rutin untuk membersihkannya. Meskipun hanya terdapat debu yang menempel, tetap saja harus dibersihkan. Sebab kalau tidak pernah dibersihkan, agar menumpuk dan mengurangi keindahannya.

Apalagi jika terdapat noda dan kotoran membandel, maka harus segera menyingkirkannya. Anda bisa mengandalkan lap kering dan air. Campuran air dan baking soda bisa ditambahkan jika diperlukan, khususnya kalau nodanya sangat sulit dihilangkan.

Pemakaian thinner atau alkohol sangat tidak diperbolehkan. Karena bisa merusak lapisan HPL.  Saat akan membersihkan kotoran, harus menyikatnya dengan perlahan atau jangan terlalu kuat. Sebab bisa memicu kerusakan pada permukaannya. Gunakan sikat berbulu halus, semisal sikat gigi bekas.

Supaya mendukung keawetan dan keindahan furnitur berlapis HPL, maka harus memerhatikan cara penempatannya. Jangan pernah menaruh perabotan di area berhawa panas. Sebaiknya tidak meletakkan furnitur di dekat jendela. Jangan pula menaruhnya di tempat yang mudah terpapar sinar matahari secara langsung. Tempat lembab juga harus dihindari, agar tidak menimbulkan kerusakan.

Nah, dengan mengaplikasikan segala kiat di atas, maka harapannya furnitur Anda lebih awet keindahan dan daya tahannya. Dengan demikian, perabotan bisa digunakan dalam waktu lebih lama. Pastinya akan lebih banyak anggaran yang bisa dihemat. Sebab sangat jarang melakukan perbaikan atau pergantian furnitur.

Dengan harga pintu multiplek lapis HPL yang terjangkau, pastinya menjadi nilai tambah tersendiri. Wajar saja bila produk ini kian diminati masyarakat. Tidak perlu mengeluarkan anggaran besar, namun tetap bisa mendapatkan pintu berkualitas.

Bila Anda ingin membeli produk pelapis HPL sendiri, sekarang ini semakin mudah. Sebab sudah banyak distributor di berbagai kota atau daerah. Nah, agar tidak keliru dalam pemilihan produknya, pastikan sudah memahami kualitas dan spesifikasi produknya.

Banyaknya merek HPL yang beredar memang membuat bingung dalam pemilihannya. Jika masih awam dengan produk ini, konsultasikan saja dengan tim ahli IsiBangunan.com. Distributor dan importir bahan dekorasi bangunan ini sangat terpercaya menghadirkan produk-produk unggulan. Salah satunya adalah HPL.

Ingin informasi lebih detail terkait harga pintu multiplek lapis HPL? Segera hubungi tim marketing IsiBangunan, agar bisa mendapatkan informasi lebih akurat.

Please rate this