Harga triplek relatif terjangkau, fleksibilitasnya tinggi dan mudah didaur ulang. Sayangnya, kayu olahan ini rentan terhadap hujan dan cuaca panas. Karena itu sangat memerlukan material khusus sebagai pelapisnya. Anda bisa mengandalkan HPL sebagai bahan finishingnya. Apalagi harga pelapis triplek motif kayu ini tetap ramah di kantong.

Triplek merupakan jenis kayu olahan yang memerlukan pelapis tahan air. Supaya tidak mudah mengalami pelapukan atau kerusakan. Ketebalan material ini bervariatif, mulai dari 0,8 mm sampai dengan 25 mm. Nah, supaya tepat dalam pemanfaatan triplek, maka sangat penting untuk memahami keunggulan dan kekurangannya.

Berbagai kekurangan sangat terlihat, sebelum triplek diaplikasikan pelapis tahan air, seperti HPL (High Pressure Laminate). Produk coating ini dianggap sangat ideal, karena sangat tangguh terhadap paparan air. Sehingga triplek yang sudah terlapis HPL sangat terlindungi. Nah, apa saja yang menjadi kekurangan dari triplek?

  1. Tidak tahan terhadap paparan air hujan dan cuaca panas. Karena kelemahannya ini, maka triplek tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan perabotan rumah, terutama yang ditempatkan di luar ruangan.
  2. Permukaan triplek terkadang tidak halus. Hal itu bisa diakibatkan karena lapisan veneer yang direkatkan tidak melalui proses pengamplasan terlebih dahulu. Bisa juga karena efek bahan perekat yang tidak berkualitas. Teknik yang tidak tepat saat produksinya juga bisa mengakibatkan permukaan triplek menjadi bergelombang. Oleh semua sebab itu, maka tingkat presisi dari triplek menjadi sangat buruk.
  3. Harus ekstra hati-hati saat pengangkutan tripleks. Bentuk triplek cukup lebar dan mudah patah. Oleh karena itu, harus sangat berhati-hati saat pengangkutannya. Jangan sampai terbentur atau tergores benda keras, sebab bisa memicu kerusakan.

Setidaknya beberapa kelemahan triplek tersebut harus dipahami untuk penggunanya. Agar mendapatkan produk berkualitas, sangat dibutuhkan ketelitian dalam pemilihan.

Apalagi jika Anda ingin memanfaatkan triplek sebagai bahan utama pembuatan perabotan dapur. Area atau ruangan dapur sangat identik dengan sifat basah dan memiliki kelembaban tinggi. Oleh karenanya, harus sangat waspada saat penempatan furniturnya.

Selain tepat dalam pemilihan lokasi penempatan furnitur, juga harus memilih bahan pelapis yang sudah terbukti tahan air. Dengan demikian, kelembaban udara mampu ditahan oleh material pelapis tripleknya. Supaya air tidak sampai masuk ke lapisan tripleknya.

Triplek sama halnya dengan kayu solid, bisa meresap kelembaban udara di dalam ruangan. Sehingga hal itu bisa menyebabkan pembusukan material dalam waktu relatif singkat. Tidak hanya membuat triplek lebih terlindungi, pemasangan HPL juga sangat efektif untuk meningkatkan nilai estetika furnitur.

Jenis Bahan Pelapis Tahan Air yang Dibutuhkan Triplek

Setidaknya terdapat dua fungsi yang harus dicermati, ketika akan memilih jenis bahan pelapis triplek. Pertama adalah pelapis bisa memberikan perlindungan terhadap paparan air dan kelembaban udara. Sedangkan kedua adalah bisa mempercantik tampilannya. Kabar baiknya, semua fungsi tersebut sudah diberikan oleh pelapis HPL.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung lagi dalam menentukan jenis pelapis triplek yang layak digunakan. Cukup gunakan HPL yang sudah terbukti tangguh, karena dilengkapi dengan lapisan anti air. Sehingga mampu menahan air agar tidak merusak lapisan triplek.

Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harga pelapis triplek motif kayu ini sangat terjangkau. Oleh karena itu, semakin banyak pengguna produk coating ini. Tidak hanya untuk melapisi produk furnitur rumahan saja. Tetapi juga digunakan di perkantoran dan tempat publik untuk segala keperluan.

Ciri Bahan Pelapis Triplek Berkualitas

harga pelapis HPL kayuBerbagai ciri atau kriteria harus terpenuhi, ketika Anda memilih bahan pelapis untuk triplek. Dengan tujuan bisa melindungi kayu olahan ini dengan baik. Selain itu, tentunya bisa mempercantik penampilan furniturnya. Nah, apa sajakah kriteria yang dimaksud?

  1. Maksimal dalam menutup seluruh permukaan triplek. Bahan coating yang digunakan harus mampu menutup pori-pori triplek dengan rapat. Dengan begitu, paparan air, minyak dan cairan lainnya tidak akan menembus pelapis tersebut. Produk HPL bisa diandalkan, karena memiliki kemampuan tersebut.
  2. Mampu melindungi Triplek dari serangan rayap. Karakteristik umum dari kayu solid dan kayu olahan adalah mudah keropos karena dimakan rayap. Oleh karena itu, pelapis yang digunakan harus mampu melindungi triplek dari serangan serangga tersebut. Jika pengeroposan terjadi pastinya akan menurunkan kualitas triplek. Sehingga mudah rusak dan patah, dan tidak layak digunakan lagi. Pelapis HPL sangat bisa diandalkan sebagai pelindung kayu dari serangan rayap.
  3. Mampu melindungi terhadap ancaman panas dan sinar matahari. Suhu udara panas dan paparan terik matahari bisa merusak kondisi triplek. Namun kalau sudah dilapisi dengan material yang handal, maka ancaman tersebut dapat dicegah dengan baik. Produk HPL juga terkenal mampu meredam hawa panas dan tidak mudah rusak karena sengatan sinar matahari.
  4. Mampu melindungi triplek dari goresan atau benturan. Lapisan anti gores sudah disertakan pada setiap lembaran produk HPL. Oleh karena itu, mampu melindungi triplek dari berbagai ancaman tersebut. dengan begitu, turut menjaga kondisi triplek agar tidak mudah rusak akibat goresan atau benturan.
  5. Memiliki pilihan warna dan corak cantik. Pelapis HPL tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tripleks saja. Akan tetapi juga berperan penting dalam mengubah tampilan kayu olahan ini. Sehingga semakin menarik dan meningkatkan nilai ekonomisnya.

Dengan mengetahui kelemahan dan cara mengatasinya tersebut, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan kayu olahan tersebut. Anda bisa memanfaatkanya dalam beragam kebutuhan. Selain itu, pastikan menggunakan bahan pelapis yang sudah teruji handal. Agar bisa memberikan perlindungan maksimal, dan menambah keindahannya.

Beli HPL Sekarang Juga!

harga pelapis bermotif kayu Anda ingin membeli produk HPL sekarang juga? Saat ini merek dan harga pelapis triplek motif kayu ini sangat bervariatif. Jadi, tidak semua produk HPL memiliki standar kualitas yang sama. Untuk itu, sangat diperlukan pemahaman dalam pemilihan produknya.

Jangan sampai tertipu dengan produk bermutu buruk, yang sudah pasti rendah ketahanannya. Meskipun ditawarkan dengan harga sangat murah dan menggiurkan.

Jika Anda ingin memperkaya pengetahuan atau wawasan seputar produk HPL, sangat disarankan untuk mengunjungi website IsiBangunan.com. Sangat banyak konten edukasi dan informasi seputar produk pelapis kayu tersebut. Sehingga bisa menjadi tambahan pengetahuan, dan mengenal lebih dekat dengan produk HPL. Sehingga lebih cermat dan selektif dalam pemilihan mereknya.

Anda juga bisa menikmati layanan konsultasi gratis, agar mendapatkan penjelasan dan solusi atas segala keinginan Anda. Harapannya semua keinginan tersebut bisa terwujud dengan baik. Sekaligus tetap menghemat pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Anda juga bisa mengecek harga pelapis triplek motif kayu terbaru setiap saat. Sehingga Anda bisa melakukan perhitungan secara mandiri. Anda bisa merancang anggaran pembiayaan sendiri, jika menggunakan produk HPL untuk pelapis perabotan dan elemen interior lainnya. Jika masih bingung, bisa berkonsultasi dengan tenaga berkompeten dari IsiBangunan.

Please rate this