Ruang kelas harus nyaman, agar ideal sebagai tempat belajar. Pemakaian material bermutu harus diutamakan. Selain itu penting untuk mendekorasi ruangan dengan cantik. Supaya enak dipandang dan betah selama di dalam kelas. Harga pelapis kayu HPL per meter sangat ekonomis sebagai pendukung dekorasi ruang kelas.

Tips Menata Ruang Kelas

Menata dan mendekorasi ruang kelas dengan baik sangat penting. Pertimbangkan berbagai aspek, seperti luas ruangan, furnitur atau perabot dan alat peraga pendidikan yang digunakan.

Ukuran ruangan kelas biasanya tergantung dari jumlah siswanya. Karena itu, terkadang jika ruangannya terlalu besar, maka akan dilengkapi dengan penyekat. Supaya terbagi menjadi dua ruangan dan bisa difungsikan oleh tingkatan kelas yang berbeda.

Besar ataupun kecil ruangan kelas, yang paling penting adalah cermat dalam penataan dan dekorasinya. Meskipun ruangannya terbilang kecil, namun bila ditata dan dihias dengan tepat, maka akan terasa lebih lapang. Kenyamanan juga sangat bisa dirasakan setiap siswa dan guru.

Untuk menunjang kebutuhan siswa dan pengajar di dalam kelas, maka disediakan juga lemari guru, papan tulis, meja dan kursi, loker dan sebagainya. Pastikan pemilihan furnitur kelas sudah sesuai kebutuhan. Sesuaikan ukuran dan jumlahnya, agar tidak ada barang tidak terpakai di dalam kelas. Sebab hal tersebut bisa menimbulkan kondisi sumpek dan tidak enak dipandang.

Nah, apa saja yang penting diperhatikan dalam menata ruang kelas? Berikut ini beberapa saran yang bisa diterapkan.

dekor ruang kelas

  1. Penataan Meja dan Kursi Siswa

Meja dan kursi merupakan perabotan penting di dalam ruang kelas. Sehingga sebagian besar ruangan kelas akan dilengkapi dengan fasilitas tersebut. Kecuali kalau proses belajar dirancang dengan meja lesehan. Maka tidak lagi diperlukan kursi untuk siswa.

Sangat tepat kalau ruangan hanya diisi oleh meja dan kursi sesuai jumlah siswa. Walaupun ada baiknya untuk menyediakan satu unit sebagai cadangan. Sehingga kalau terdapat meja dan kursi yang rusak bisa langsung segera diganti. Sedangkan perabot yang rusak harus segera dikeluarkan, agar tidak memenuhi ruangan.

Biasanya meja dan kursi siswa ditata dalam beberapa baris sesuai dengan luas ruangan kelas. Setiap meja bisa dilengkapi satu hingga dua orang. Oleh karena itu, ukuran meja harus disesuaikan dengan penggunaannya.

Sedangkan untuk meja dan kursi guru bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meja guru biasanya dilengkapi dengan laci yang dapat dikunci. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan yang aman. Begitu juga dengan lemari yang digunakan. Ukuran dan modelnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa melengkapinya dengan kunci, agar semua barang dan berkas yang tersimpan lebih aman.

  1. Formasi Tempat Duduk Bagi Siswa

Pada umumnya meja dan tempat duduk siswa disusun secara vertikal dan horizontal. Sehingga setiap siswa bisa fokus untuk mengikuti arahan pengajar. Pada kondisi tertentu, posisi atau formasi tempat duduk bisa diubah sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, dibuat dengan formasi bundar, seperti huruf U dan sebagainya.

Nah, meskipun masih seumuran tetapi ukuran tubuh siswa bisa berbeda-beda. Untuk itu, perlu juga memikirkan penempatan setiap siswa di dalam ruangan kelas. Sebagai contoh, bagi siswa bertubuh pendek atau kecil, sebaiknya ditempatkan di barisan paling depan. Sedangkan untuk siswa bertubuh tinggi atau besar bisa ditempatkan di barisan belakang.

Tujuan penempatan siswa tersebut, agar siswa di baris terdepan tidak menutupi pandangan yang duduk di baris belakangnya. Khususnya agar tulisan di papan tulis tetap bisa terbaca dengan mudah tanpa penghalang. Selain itu, pengajar juga lebih leluasa dalam memantau semua siswa.

  1. Jangan Lupakan Perawatan Furnitur Ruang Kelas

Supaya tetap terlihat cantik dan lebih awet, semua furnitur di dalam ruang kelas harus dirawat dengan baik. Kalau tidak pasti akan tidak enak dipandang dan gampang rusak. Untuk itu, pastikan hanya memilih perabot yang terbukti bagus kualitasnya. Serta tidak lupa melakukan perawatan dengan berkala.

Furnitur berbahan dasar kayu masih menjadi favorit masyarakat. Termasuk untuk kebutuhan tempat belajar dan mengajar. Untuk bisa mendapatkan perabot berbahan kayu berkualitas, pasti membutuhkan anggaran sangat besar. Apalagi kalau jenis kayu yang digunakan sangat langka, berkualitas dengan tampilan sangat cantik.

Nah, jika tetap ingin menggunakan furnitur kayu berkualitas, sekarang ini sudah ada alternatif terbaiknya. Anda tidak harus mengeluarkan anggaran sangat besar. Caranya dengan memakai furnitur kayu olahan yang dilaminasi HPL (High Pressure Laminate).

Furnitur Berlapis HPL Ideal Digunakan di Ruang Kelas

furnitur ruang kelasBeberapa perabot yang dibutuhkan di ruang kelas adalah lemari, meja, kursi, rak buku, kabinet untuk ruang penyimpanan dan sebagainya. Material kayu masih menjadi favorit. Selain bisa menggunakan kayu solid, ada kreasi lain yang dapat mempercantik furnitur. Salah satu caranya adalah menggunakan kayu olahan dengan sentuhan finishing HPL.

Kenapa HPL sangat layak dipilih sebagai bahan laminasi furnitur? Sebab sangat banyak keunggulan dan manfaatnya. Material finishing ini terbukti tahan panas, anti air, anti jamur, anti rayap, anti gores, dan lebih tahan terhadap paparan api. wajar saja kalau bahan laminasi ini sudah lama digunakan pada produk kitchen set.

Selain memiliki beragam kelebihan tersebut, HPL juga tampil dengan banyak pilihan warna dan corak memikat. Beberapa yang menjadi favorit konsumen adalah motif kayu, bunga, batu alam, metal dan warna solid. Setiap varian corak tersebut pastinya memiliki keunikan tersendiri. Sehingga bisa disesuaikan dengan tujuan pemasangannya.

Jangan khawatir dengan kebutuhan anggarannya, sebab harga pelapis kayu HPL per meter cukup terjangkau. Apalagi dengan kualitas dan daya tahan yang ditawarkannya. Maka sangat ekonomis untuk digunakan. Karena itu, sangat ideal bila diaplikasikan pada seluruh furnitur ruang kelas.

Apalagi sekarang ini produsen mebel juga menciptakan banyak desain cantik. Sehingga selain bisa memenuhi kebutuhan sekolah, juga bisa sekaligus mempercantik pemandangan ruang kelas. Selain itu, sudah tersedia sangat banyak pilihan warna dan motif elegan.

Karena itu bisa disesuaikan dengan keinginan. Jadi tidak selamanya furnitur kelas tampil dengan nuansa kayu saja. Ruangan kelas bisa dilengkapi dengan perabot dengan nuansa warna atau motif menarik lainnya.

Saat ini produk HPL tersedia dalam beragam merek di pasaran. Oleh sebab itu, kualitas dan daya tahannya pun berbeda-beda. Produk pelapis kayu ini bahkan tidak hanya dihasilkan oleh pabrikan lokal saja, karena sebagian didatangkan dari luar negeri. Manakah yang terbaik, produk lokal atau produk impor?

Temukan jawabannya dengan berkonsultasi bersama tenaga ahli berpengalaman di IsiBangunan.com! Distributor dan importir bahan dekorasi bangunan ini sangat berpengalaman dan terpercaya. Semua produk yang disediakan sangat memenuhi keinginan masyarakat.

Karena produknya berkualitas, aman digunakan dan sudah mengantongi berbagai sertifikasi. Sehingga tidak perlu meragukan lagi kualitas, daya tahan dan keamanan produknya.

Harga pelapis kayu HPL per meter bisa saja berubah sewaktu-waktu. Cek update harga HPL sebelum membeli. Hubungi staf IsiBangunan sekarang juga dan dapatkan produk HPL dengan harga terbaik.

Please rate this