Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut!

John Saladino pernah mengungkapkan bahwa, “rumah jauh lebih dari sekadar tempat berteduh, melainkan juga sebagai tempat menggugah perasaan dan meningkatkan spiritual”. Senada dengan yang disampaikan John Saladino, masyarakat berbondong-bondong untuk menciptakan rumah idaman yang tak hanya nyaman tetapi juga hangat dan estetik.

Untuk menghadirkan kesan tersebut, kini masyarakat tak lagi hanya berfokus pada dinding dan furnitur, tetapi juga pada lantai sebagai pusat dari segala aktivitas. Selain keramik dan granit tile (marmer), material pelapis lantai yang juga tengah populer saat ini adalah parket.

Parket (parquet) sendiri merupakan pelapis lantai alami yang terbuat dari bahan kayu; baik kayu solid ataupun kayu laminasi (sintesis). Jenis lantai ini diyakini memiliki berbagai kelebihan, di antaranya: mampu memberi efek mewah, elegan, dan hangat, serta dapat diaplikasikan dengan berbagai tema (minimalis, kontemporer, ataupun tradisional). Tak hanya itu, pelapis lantai ini juga sangat baik bagi kesehatan karena kemampuannya untuk mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC).

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memilihnya sebagai material lantai rumah, yuk ketahui dulu info penting terkait jenis, kelebihan, dan harga parket lantai berikut!

Parket Kayu Solid

Parket Kayu Solid - Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut!

Parket Kayu Solid – Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut! – tuin

Pelapis lantai jenis ini umumnya terbuat dari kayu-kayu golongan keras berkualitas baik, seperti jati, ulin, meranti, damar, dan lainnya. Tak heran, lantai ini menghadirkan penampilan urat kayu asli yang tentunya sangat menarik dan elegan. Tak hanya itu, karena bahannya yang berasal dari kayu murni, daya tahan yang dimiliki juga sangat baik dibandingkan dengan jenis lantai kayu yang lain.

Hanya saja, sifat ketahanannya terhadap kelembapan cukup rendah. Layaknya kayu asli, lantai ini masih bisa memuai dan menyusut di musim-musim tertentu. Selain itu, harga parket lantai ini juga cenderung mahal, mengingat bahan dasarnya yang tergolong kayu-kayu berharga tinggi.

Parket Kayu Laminated (Sintesis/Laminasi)

Parket Kayu Laminated (Sintesis/Laminasi) - Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut!

Parket Kayu Laminated (Sintesis/Laminasi) – Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut! – maderame

Dilihat dari segi tampilan fisik, lantai kayu jenis ini memang memiliki penampilan luar layaknya parket kayu solid. Hanya saja, segi kualitas cenderung lebih rendah karena material bahannya yang tidak 100% terbuat dari kayu murni. Bagian atasnya masih menggunakan lapisan kayu asli, sedangkan bagian bawah hanya menggunakan serbuk kayu atau kayu berkualitas jelek. Karenanya, daya tahan dan harganya pun berada di bawah parket kayu solid.

Estimasi dan Perbandingan Harga Parket Lantai

Estimasi dan Perbandingan Harga Parket Lantai - Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut!

Estimasi dan Perbandingan Harga Parket Lantai – Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut! – a1woodfloors

Nyatanya, tekstur bahan yang berbeda sangat berpengaruh terhadap besaran biaya supply dan instalasi kedua jenis parket. Parket kayu solid yang notabenenya berasal dari kayu asli, memiliki estimasi harga yang jauh lebih mahal, yakni sekitar 350-600 ribu per meter persegi. Untuk parket kayu laminasi cenderung lebih ekonomis, yakni hanya sekitar 125-250 ribu rupiah per meter persegi.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Hal Penting yang Harus Diperhatikan - Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut!

Hal Penting yang Harus Diperhatikan – Sebelum Memasang Lantai Kayu, Ketahui Dulu Informasi Penting Terkait Jenis dan Harga Parket Lantai Berikut! – castle-maids

Sebelum memutuskan memasang lantai parket, ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui dan perhatikan, yaitu:

  • Sebelum melakukan proses instalasi, pastikan bahwa lantai dasarnya telah dibersihkan.
  • Pemasangan lantai parket membutuhkan lapisan underlayer berbahan plastik atau foam, yang berfungsi menahan uap air agar tidak naik ke atas. Hal ini penting guna menghindari terjadinya kelembapan yang bisa menyebabkan pengeroposan lantai kayu di kemudian hari.
  • Lakukan pembersihan secara rutin dan sebaiknya gunakan sapu berbulu lembut, vacuum cleaner, dan lap kering. Langkah ini bertujuan agar kotoran dan debu tidak menumpuk, sehingga tampilan lantai akan selalu bersih dan bebas jamur.
  • Untuk perawatan tambahan, setidaknya lakukan penyemiran ulang (waxing) sekali dalam sebulan agar tampilan lantai kayu yang khas tetap terjaga.

Baca Juga:

Nah, itulah beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui. Jika Anda sudah yakin, segera hubungi distributor bahan bangunan yang tepercaya; salah satu yang direkomendasikan adalah isibangunan.com. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis lantai parket, vinyl, dan lainnya, dengan jaminan harga terjangkau dan proses yang mudah.

Jadi, bagaimana? Tunggu apa lagi?

2018-03-27T08:00:37+00:00 Maret 27th, 2018|Categories: Lantai Vinyl, Vinyl|Tags: , , , |

Leave A Comment