Siapa yang ingin nyaman dan tidur nyenyak di dalam kamar? Tidak harus mengeluarkan anggaran berlebihan untuk menciptakan suasana menyenangkan dan cantik. Anda bisa menyertakan HPL sebagai bahan dekoratifnya. Tidak perlu khawatir dengan harga papan HPL, karena pastinya tetap hemat.

Dekorasi Kamar Tidur untuk Ciptakan Kenyamanan

Anda pastinya senang dengan suasana kamar yang tertata rapi, bersih dan cantik, bukan? Sehingga bisa menikmati tidur berkualitas, tanpa adanya gangguan apapun. Penataan kamar yang baik sangat diperlukan. Agar bisa memberikan ketenangan pikiran bagi penghuni kamar.

Coba bandingkan dengan suasana kamar yang monoton dan membosankan. Desain interiornya tidak jelas, setiap furnitur atau benda lainnya juga tidak tertata dengan baik. Seakan tidak ada konsep, tak terurus dan menciptakan suasana berantakan. Kondisi tersebut pasti akan berpengaruh besar terhadap pikiran, dan menurunkan kualitas tidur.

Itulah kenapa aktivitas mendekorasi kamar menjadi sangat penting. Dengan harapan bisa mempercantik suasana dan menghadirkan kenyamanan. Konsep dekorasinya juga bisa menampilkan kebiasaan dan karakter penghuni kamarnya.

Bagi yang senang dengan dekorasi sederhana dan rapi, biasanya identik dengan karakter disiplin. Selain itu, pemilik kamar biasanya juga seorang yang sistematis. Untuk itu, desainlah secantik dan senyaman mungkin, karena kamar tidur adalah tempat awal dan mengakhiri aktivitas.

Suasana kamar tidur akan siap menyambut saat penghuninya terbangun dari lelap. Kemudian selepas beraktivitas di luar rumah, mereka kembali lagi ke dalam kamarnya. Jadi, hiasnya kamar dengan tepat sesuai selera atau sesuaikan dengan konsep interior rumahnya.

Tips Dekorasi Kamar Tidur

dekorasi kamar tidur Supaya lebih tepat dalam mendekorasi kamar tidur, ada beberapa kiat yang bisa dipertimbangkan. Cara ini bisa memudahkan siapa saja untuk mewujudkan desain kamar tidur idaman. Nah, apa saja tips yang bisa diaplikasikan?

  1. Sesuaikan Tampilan Warna Sesuai Selera

Desain dan konsep warna sangat penting untuk diperhatikan. Kalau Anda senang dengan varian warna pastel, maka bisa diaplikasikan pada bagian dinding dan furnitur.

 

  1. Pilih Perlengkapan Murah Tapi Berkualitas Bagus

Anda bisa melengkapi kamar tidur dengan beragam jenis furnitur, seperti dipan kasur, kursi, meja, rak buku dan sebagainya, dengan barang bagus tapi tidak terlalu mahal harganya. Furnitur kayu solid bisa diganti dengan yang berbahan kayu olahan. Produk perabotan ini biasanya sudah dilapisi dengan HPL HPL (High Pressure Laminate).

HPL menawarkan sangat banyak pilihan warna dan corak menawan. Jadi selain bisa memiliki furnitur bermotif kayu, Anda juga bisa mencoba tampilan lainnya seperti motif warna solid, motif flower, motif batuan alam dan sebagainya. Harga perabotan ini jelas lebih murah daripada yang berbahan kayu asli. Namun, tetap menawarkan tampilan cantik dan elegan.

Desain tampilannya sangat unik dan bisa diserasikan dengan konsep ruangannya. Pastikan sepadankan ukuran furnitur dengan luas kamar tidur. Kalau ruangannya terbatas, memilih yang berukuran kecil tapi fungsional adalah pilihan paling tepat. Desain minimalis bisa menjadi andalannya.

  1. Jangan Libatkan Banyak Warna

Lebih disarankan untuk menampilkan tiga warna penting saja di dalam kamar tidur. Warna-warna primer tersebut bisa disatukan, sehingga membentuk pemandangan menawan. Pilihan warna itu, antara lain kuning, biru dan kuning. Jika diperlukan bisa menambahkan warna putih, agar bisa meningkatkan kecerahan warna utamanya.

  1. Hiasi Dengan Wallpaper Atau HPL

Kalau tidak ingin mewarnai dinding kamar dengan cat, maka sebagai alternatifnya bisa memasang wallpaper atau pelapis HPL. Kedua produk ini menawarkan aneka warna dan motif sangat menarik. Sangat ideal sebagai bahan dekoratif kamar tidur.

Memang lazimnya HPL digunakan sebagai pelapis kayu untuk furnitur. Namun, sebenarnya bisa juga diaplikasikan sebagai pelapis dinding. Jika ingin lebih menghemat biaya, maka bisa memasang sendiri.

Karena memang harga papan HPL cukup ekonomis. Ada banyak pilihan merek HPL di pasaran. pastikan selektif dalam pemilihannya, dengan mempertimbangkan spesifikasi produk, ukuran dan kualitasnya.

  1. Aplikasikan Meja Dinding

Keberadaan meja di dalam kamar tidur terbilang sangat penting. Sebab bisa menjadi tempat menaruh atau menata berbagai benda yang diperlukan. Salah satunya bisa dimanfaatkan ketika sedang belajar, menyelesaikan tugas kantor dan sebagainya.

Ukuran perabotan ini beraneka ragam, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan luas ruangannya.  Supaya kamar tidur tidak terlihat penuh dan sumpek. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan meja dinding yang tidak berkaki.

Furnitur ini biasanya sudah dilengkapi dengan laci sebagai tempat penyimpanan. Ukuran meja ini biasanya tidak begitu besar. Sangat dianjurkan untuk menaruh meja ini di dekat kasur. Supaya mempermudah mengambil barang dan menaruhnya kembali.

  1. Segarkan Kamar dengan Tanaman Hias

Kamar tidur yang pengap pasti membuat penghuninya tidak nyaman. Kondisi itu diakibatkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancar. Keadaan tersebut juga bisa menyebabkan bau tidak sedap. Nah, agar mencegah kondisi tidak menyenangkan itu, Anda bisa menaruh beberapa tanaman hias.

Tentunya tidak sembarangan dalam pemilihan tanamannya. Tumbuhan yang dipilih harus cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Anda bisa memilih tanaman seperti gardenia, peace lily, sanseveira (lidah mertua), spider plant, pothos, English ivy, bamboo palm, lavender, anthurium, monstrea dan sebagainya.

Menaruh tanaman hias tersebut tidak hanya memperindah ruangan saja. Akan tetapi juga terbukti bisa menyegarkan udara dan menyaring racun. Dengan begitu, mampu menciptakan suasana tenang, nyaman dan aman.

Anda bisa menaruh tanaman kecil di atas meja. Kalau yang ukurannya cukup besar, bisa menempatkannya di lantai. Tanaman dengan bunga-bunga cantik juga bisa ditaruh di dalam kamar tidur.

Hitung Anggaran Sebelum Mendesain Ulang Kamar Tidur

harga HPL terbaruKebutuhan biaya atau anggaran tentunya harus sangat diperhatikan ketika akan mendekor kamar tidur. Jika ketersediaan anggarannya cukup besar, maka sangat memudahkan dalam pemilihan material berkualitas tinggi.

Sayangnya, kalau ketersediaan biayanya lebih terbatas, maka harus pintar dalam mengaturnya. Agar bisa mendapatkan material dekoratif berkualitas bagus, namun masih tetap menghemat anggaran. Bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengoptimalkan fungsi HPL. Seperti yang sudah diulas di atas, material finishing kayu ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada furnitur saja. Namun, sudah terbukti bisa mempercantik tampilan plafon, dinding dan lantai ruangan.

Jadi Anda tidak perlu mendatangkan beragam material. Cukup memanfaatkan HPL untuk segala keperluan dekorasi ruangan kamar tidur. Tentunya, agar tampilannya sesuai keinginan, harus menyesuaikan konsep rumah secara keseluruhan. Agar memudahkan dalam memilih warna dan motif HPL.

Supaya lebih hemat lagi, Anda tidak selamanya harus mengandalkan tukang profesional. Karena Anda juga bisa belajar melakukan instalasi HPL secara mandiri. Apalagi secara umum, bahan coating ini relatif praktis dan mudah dalam pemasangannya. Sehingga tidak memakan banyak waktu.

Bila keraguan masih menghantui Anda, bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis yang diberikan IsiBangunan.com. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkini mengenai produk dan harga papan HPL berkualitas.

Please rate this