Perbedaan Paku Beton Putih dan Hitam dari Fungsi dan Harganya

Paku merupakan logam keras yang terbuat dari besi atau baja yang runcing. Gunanya untuk melekatkan dua bahan dengan menembus keduanya menggunakan bantuan palu. Berdasarkan bahan yang dilekatkan, paku dibedakan menjadi berbagai jenis.

Paku besi biasanya digunakan untuk melekatkan material berbahan dasar kayu, seperti papan kayu atau tripleks. Untuk material yang lebih keras dari kayu, seperti misalnya tembok atau lempeng besi, jenis paku beton atau yang terbuat dari baja bisa menjadi pilihan utama.

Mengenal Paku beton

Paku beton - bautmur.net

Paku beton – bautmur.net

 

Paku beton dikenal dengan banyak istilah. Di Kalimantan, terdapat kayu ulin yang sangat keras dan hanya dapat ditembus dengan paku beton. Itu sebabnya di daerah Kalimantan paku ini disebut sebagai paku ulin. Di beberapa tempat lainnya, paku beton biasa digunakan untuk membantu proses pengecoran bangunan. Oleh karena itu, ia disebut juga sebagai paku cor.

Harga paku beton tentu saja lebih mahal dari pada paku besi untuk kayu karena memiliki kekuatan yang lebih baik. Secara umum jenis paku beton dibedakan menjadi dua, yaitu paku beton hitam dan putih. Berikut ini adalah perbedaan keduanya serta kisaran harga per kilogramnya.

Paku Beton Putih

Paku beton - bukalapak.com

Paku beton – bukalapak.com

Paku jenis ini biasanya digunakan dinding. Apabila Anda akan meletakkan pernak-pernik di dinding, gunakanlah paku beton putih untuk membuat gantungannya. Paku ini juga bisa digunakan untuk pengait kawat di dinding.

Material dasar paku ini terbuat dari baja yang sangat kuat sehingga dapat menembus dinding beton yang keras. Warnanya pun mengilap dan tidak mudah berkarat. Tidak perlu khawatir saat akan memasang lukisan di dinding gipsum, paku beton putih juga aman untuk menembus dinding tersebut.

Di pasaran, paku beton putih dijual dengan ukuran 2,5 sampai dengan 12,5 cm. Anda dapat memilih panjangnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah daftar harga paku beton putih pada tahun 2017 yang dapat Anda jadikan panduan untuk membelinya.

No. Ukuran Paku Beton Putih (cm) Harga Per Kg (rupiah)
1 2,5 – 5 34.500 – 38.000
2 6 – 12,5 32.500 – 36.000

Paku Beton Hitam

Paku beton - leo-hardware.com

Paku beton – leo-hardware.com

Paku beton hitam sebenarnya memiliki kegunaan yang sama dengan yang putih. Bahannya pun sama terbuat dari baja yang kuat dan tidak mudah bengkok. Anda dapat mengaplikasikan paku beton hitam untuk dinding atau tembok yang sangat keras.

Dibandingkan dengan beton putih, paku beton hitam memiliki kekuatan yang lebih kecil. Biasanya paku beton hitam digunakan untuk mengaitkan kabel di dinding. Orang-orang jarang menggunakan paku beton hitam untuk menggantung lukisan atau pernak-pernik di dinding. Oleh karena itu, panjang paku yang dijual di pasaran hanya berkisar 3, 5, dan 7 cm. Harga paku beton hitam lebih murah daripada yang putih. Berikut ini tabel harganya.

No. Ukuran Paku Beton Hitam (cm) Harga Per Kg (rupiah)
1 3 20.000
2 5 19.000
3 7 17.000

 

Dengan mengetahui kisaran harga paku beton di tahun 2017, Anda tidak perlu khawatir mendapatkan paku yang harganya sangat mahal. Saat ini, Anda dapat membeli paku di toko bangunan online. Makin mudah, bukan?

Hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli paku adalah bahan yang akan dipaku dan kegunaannya. Pemilihan paku yang kurang tepat menyebabkan benda yang dipaku rusak atau paku tidak bisa digunakan.

2018-01-11T08:00:40+00:00 Januari 11th, 2018|Categories: Bangunan|Tags: , , , , , |

Leave A Comment