Saat mengunjungi toilet umum di restoran, hotel, atau tempat-tempat mewah lainnya, mungkin Anda menemukan jenis kran ini. Tidak ada tombol yang bisa ditekan atau gagang yang bisa diputar, Anda cukup mendekatkan tangan ke moncong kran dan air pun keluar.

Mengingat mutakhirnya teknologi yang disematkan, apakah harga kran sensor cukup mahal sehingga Anda tidak bisa memilikinya sendiri di rumah?

Sekilas Tentang Kran Sensor

harga kran sensor

homebaselumber.com

Kran sensor juga dikenal sebagai automatic water tap, beroperasi dengan sensor yang tak tampak. Sensor akan mendeteksi kondisi tertentu yang membuat air mengalir secara otomatis, tanpa melibatkan kontak langsung antara tangan pengguna dan permukaan kran. Beberapa juga dilengkapi dengan sinar inframerah.

Ada dua (2) sumber yang dapat mengaktifkan sensor pada kran ini, yaitu:

  1. Jalur listrik AC
  2. Baterai DC

Power input yang dimiliki biasanya sekitar 220 VAC atau 6 VDC. Dengan temperatur sekitar 0 hingga 6 derajat Celcius, jarak sensor yang dirasakan kran tersebut bisa mencapai 150 mm.

Alat otomatis ini memiliki desain yang sederhana dan minimalis, sehingga menghadirkan kesan elegan pada interior kamar mandi ataupun dapur Anda.

Beberapa di antaranya malah mengusung desain futuristik yang dapat memberi tampilan unik pada wastafel rumah Anda. Modelnya pun bermacam-macam, mulai dari bentuk lengkung hingga persegi.

Mengapa kran air sensor banyak digunakan di tempat-tempat umum? Salah satu alasannya adalah penghematan air, mengingat banyak pengunjung yang lupa mematikan keran usai menggunakannya. Keuntungan serupa juga akan Anda peroleh jika memasang alat ini di ujung pipa air rumah Anda.

Pertimbangan dalam Membeli Kran Sensor

harga kran sensor

deltafaucet.com

Bagaimanapun, memasang kran sensor di rumah membutuhkan beberapa pertimbangan, seperti:

  • Apakah ini termasuk keperluan yang mendesak?
  • Apakah harga kran sensor terjangkau?
  • Apakah mudah dioperasikan?
  • Apakah perawatannya rumit?

Bisa disebut sebagai keperluan mendesak apabila penghuni rumah kerap membuang air secara percuma. Misalnya karena lupa mematikan kran hingga air dari bak mandi meluap ke mana-mana. Akibatnya, tagihan air pun membengkak. Lebih mendesak lagi ketika ada anggota keluarga berusia lanjut yang kesulitan untuk sekadar memutar gagang keran.

Urusan harga, tentu Anda harus berinvestasi lebih tinggi. Jika kran tersebut akan dipasang di satu titik saja, mungkin tidak masalah. Namun, jika Anda ingin menempatkannya di beberapa area sekaligus, Anda harus memperhitungkan anggaran dengan cermat.

Seperti yang sudah dijelaskan, pengoperasiannya sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu lebih telaten merawatnya dibandingkan ketika menggunakan kran biasa.

Jika terjadi masalah-masalah kecil seperti sensor yang tidak berfungsi, Anda masih bisa mencoba mengatasinya melalui panduan dari buku manual. Apabila tidak berhasil juga, tentu Anda membutuhkan bantuan teknisi sehingga menghabiskan sejumlah biaya.

Bagi Anda yang mengutamakan estetika ruangan dan tidak mempermasalahkan harga, tentu pertimbangan-pertimbangan di atas tidak berlaku.

Kisaran Harga Kran Sensor

harga kran sensor

consumerfinance.gov

Kisaran harga kran sensor sekitar 900 ribuan hingga delapan jutaan rupiah. Tinggal sesuaikan pilihan Anda dengan bujet yang tersedia. Namun, jangan tergesa-gesa memilih berdasarkan pertimbangan harga termurah atau justru harga termahal yang diyakini memiliki kualitas terbaik.

Pastikan kebutuhan sanitasi Anda secara lebih spesifik, karena akan menentukan fitur penunjangnya.

  • Apakah Anda sekadar ingin menghemat air dengan keran yang bisa menutup dan membuka secara otomatis?
  • Apakah Anda membutuhkan opsi air panas?
  • Apakah Anda membutuhkan fitur yang bisa mengatur tekanan air dan bentuk semprotan?
  • Apakah Anda menginginkan presisi sensor yang paling canggih dan akurat?

Semakin lengkap fiturnya, semakin tinggi pula harganya.

Terakhir, untuk mendapatkan harga kran sensor yang sesuai dengan kebutuhan anggaran, berkunjunglah ke isibangunan.com. Bukan hanya soal harga dan kualitas, isibangunan.com memberikan pelayanan terbaik dan responsif pada para pelanggannya. Segera hubungi nomor WhatssApp yang tertera untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Komentar