Anda seorang freelancer? Pastinya membutuhkan tempat atau ruang kerja yang nyaman. Banyak cara bisa diterapkan, untuk menciptakan suasana menyenangkan di ruang kerja meskipun berada di lingkungan rumah. Furnitur cantik berbalut laminasi HPL bisa diandalkan. Harga HPL serat kayu sangat ekonomis, sehingga ideal digunakan.

Menjalankan aktivitas kerja di rumah memang menyenangkan. Karena tidak perlu terjebak kemacetan, dan bebas mengatur jam kerja. Tapi bukan berarti tanpa gangguan. Apalagi kalau masih memiliki anak kecil, dan ditambah lagi dengan kondisi lingkungan atau aktivitas tetangga.

Untuk itu, harus pandai dalam mensiasati kondisi tersebut. Salah satunya dengan menciptakan ruang kerja yang kondusif. Ruangan khusus tersebut harus didesain dengan cantik, fungsional dan nyaman. Sehingga sangat mendukung segala aktivitas pekerjaan.

Jika Anda masih bingung dalam penataan ruangan kerja di dalam rumah, berikut ini beberapa kita yang dapat diterapkan.

menata ruang kerja

  1. Pilih Spot Terbaik Sebagai Ruang Kerja

Sebelum mulai membuat ruang kerja, langkah awalnya adalah dengan menentukan spot atau area yang dianggap paling pas untuk diubah sebagai ruang kerja. Ruangan ini tidak harus memiliki ukuran sangat besar. Karena sudut ruangan saja, jika ditata dengan tepat maka bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja yang nyaman. Jadi meskipun ruangan tersebut hanya mampu memuat satu meja dan satu kursi tetap bisa digunakan.

Anda bisa memilih spot di dekat atau depan jendela. Lokasi ini cukup strategis karena bisa memanfaatkan sumber cahaya gratis, terutama saat siang hari. Anda juga bisa menikmati aliran udara segar, sehingga membantu pikiran tetap segar.

Jadi, membuat ruang kerja di dekat jendela, Anda tidak lagi membutuhkan lampu atau sumber cahaya berlebihan. Cara ini tentunya juga akan menghemat tagihan listrik. Namun penting diperhatikan, sebaiknya area tersebut tidak menyatu dengan kamar tidur atau ruang keluarga.

Lebih disarankan untuk memilih area yang tidak jauh dari ruang tamu. Bisa juga memanfaatkan lorong dekat balkon, yang biasanya lebih jarang dilalui penghuni rumah. Dengan begitu, nantinya ruang kerja lebih terbebas dari berbagai gangguan.

  1. Terapkan Konsep Desain Interior Ruang Kerja Sesuai Selera

Desain ruangan biasanya mengikuti konsep keseluruhan hunian. Jadi kalau rumah mengusung gaya minimalis, maka idealnya ruang kerja di dalamnya juga menyesuaikan konsep tersebut. Untuk ide atau inspirasi tata letak ruang kerja dan desainnya sangat mudah ditemukan di internet. Kemudian sesuaikan pilihannya dengan selera Anda.

Lebih tepat kalau memilih konsep dan desain ruang kerja yang tidak terlalu rumit. Supaya tidak kerepotan dalam penataannya. Sehingga ruangan kerja tersebut tetap memberikan kenyamanan. Agar tidak merusak pemandangan, Anda bisa menata instalasi listrik dan kabel di dalam satu tempat. Cara ini juga memberikan ruang gerak lebih leluasa.

Desain compact juga bisa diaplikasikan pada ruang kerja. Dengan begitu, ruangan tersebut memiliki banyak fungsi atau multifungsi. Sebagai contoh selain bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja, bisa juga dilengkapi dengan tempat tidur nyaman untuk beristirahat.

Penting sekali untuk menata ruang kerja lebih fungsional. Salah satu caranya dengan menempatkan meja kerja yang memiliki banyak ruang untuk penyimpanan berbagai barang. Adanya furnitur fungsional ini tentunya sangat sejalan dengan konsep minimalis. Selain itu sangat efektif untuk menciptakan ruang kerja yang bersih, rapi dan lebih terasa lapang.

tips dekor ruang kerja

  1. Tempatkan Meja dan Kursi yang Nyaman

Meja kerja dan kursi yang nyaman adalah perabotan wajib di ruang kerja. Sebelum memilih produk furnitur tersebut, pastikan ukurannya sesuai dengan luas ruangannya. Kalau Anda lebih senang bekerja dengan duduk lesehan, maka bisa menggunakan meja yang rendah.

Namun, meja dan kursi lebih tinggi harus digunakan, jika Anda lebih sering berdiri atau lebih nyaman duduk di kursi. Apapun gayanya, pastikan meja dan kursi yang digunakan memberikan kenyamanan. Jangan menggunakan meja dan kursi dari tampilannya semata. Tetapi harus nyaman juga saat digunakan. Apalagi kalau aktivitas kerjanya membutuhkan waktu berjam-jam.

Biasanya meja dan kursi berbahan kayu solid menjadi pilihan. Sayangnya untuk memiliki furnitur tersebut cukup menguras anggaran. Khususnya bila Anda menginginkan bahan kayu berkualitas. Nah, sebagai alternatifnya, Anda bisa mengandalkan perabotan yang terbuat dari kayu olahan dan dilaminasi oleh HPL High Pressure Laminate).

Produk tersebut semakin banyak diminati. Sebab Anda bisa berkreasi dengan banyak sentuhan warna dan motif cantik. Pabrikan HPL sudah meluncurkan ratusan motif dan warna memikat. Beberapa corak yang menjadi favorit konsumen adalah motif serat kayu, batu alam, bunga, metal dan warna solid.

Jadi, Anda juga bisa memiliki perabotan kayu dengan tampilan eksotis, tanpa harus mengeluarkan budget besar. Bahkan dari segi kualitasnya lebih unggul, karena lebih tahan air, serangan rayap, jamur, tahan panas dan anti gores. Sehingga perabotnya tidak mudah rusak. Cara perawatannya juga mudah, sehingga tidak merepotkan dan memerlukan biaya besar.

  1. Bikin Tempat Penyimpanan yang Banyak

Ada lagi perabotan yang penting keberadaannya di ruang kerja, yaitu ruang atau tempat penyimpanan. Furnitur ini biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai berkas atau peralatan kerja. Besar kecilnya tempat penyimpanan ini bisa disesuaikan dengan keperluan, dan luas area ruang kerja.

Kalau banyak berkas yang harus tersimpan dengan rapi, maka bisa menempatkan kabinet atau rak buku berukuran besar dekat dengan meja kerja. Bisa juga menggunakan meja kerja yang dilengkapi banyak laci. Anda bisa browsing untuk mencari inspirasi desain atau produk storage di website terkait, marketplace, media sosial dan sebagainya.

  1. Berikan Sentuhan Dekoratif

Supaya pemandangan ruang kerja tidak monoton atau membosankan, Anda bisa menambahkan barang dekoratif. Seperti memasang foto keluarga, panjangan dinding berupa kata-kata motivasi, tanaman hias dan lain sebagainya. Cara ini bisa menjadi penyemangat dalam bekerja.

Anda juga bisa menghias salah satu sudut ruangan dengan tampilan unik dari tekstur kayu. Anda bisa menggunakan HPL motif serat kayu. Pilihan warna dan coraknya sangat banyak. Anda tidak akan mengeluarkan banyak anggaran, sebab harga HPL serat kayu cukup ekonomis.

dekorasi ruang kerja

Jual HPL Berkualitas Harga Kompetitif

Anda tertarik untuk menata ruang kerja di rumah dengan furnitur berlapis HPL? Sekarang ini sangat mudah menemukan produk perabot tersebut di toko mebel. Harganya sudah pasti lebih terjangkau daripada yang berbahan kayu solid. Namun, dari segi tampilan, kualitas dan daya tahannya tidak kalah bagus.

Nah, jika Anda juga ingin menghias bagian dinding, plafon atau lantai menggunakan lembaran HPL, maka pastikan membeli produk berkualitas. Saat ini sangat banyak merek HPL tersebar luas di pasaran. Pastikan produk yang digunakan terjamin kualitas, keamanan dan ketahanannya.

Jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga murah saja. Namun, harus mencermati juga aspek kualitas dan daya tahannya. Karena percuma saja harganya murah, kalau mudah rusak sehingga daya pakainya lebih singkat. Untuk info produk dan harga HPL serat kayu berkualitas bisa dicek langsung di IsiBangunan.com.

Please rate this