3 Alasan Menjatuhkan Pilihan pada Baja Ringan

2018-02-27T08:00:02+00:00Februari 27th, 2018|Categories: Bangunan|Tags: , , , |

Dewasa ini, baja ringan semakin marak digunakan sebagai rangka konstruksi suatu bangunan. Jenis baja tersebut kerap diaplikasikan pada pintu rumah, kerangka atap bangunan, sampai dapur dan kamar mandi. Apakah yang menjadikan baja ringan patut dipilih untuk menguatkan struktur bangunan Anda? Berikut ulasan mengenai baja ringan hingga murahnya harga baja ringan per batang.

Spesifikasi Baja Ringan?

property-bandung.com

property-bandung.com

Baja ringan merupakan bentuk dari hasil olahan baja konvensional melalui proses canai dingin yang dikembangkan dan berkualitas tinggi. Dilengkapi dengan lapisan pelindung untuk membuat baja ringan bebas korosi atau pelapukan. Pelapisan pada baja ringan terdiri dari beberapa macam sehingga menghasilkan jenis-jenis baja ringan, seperti galvanized yang biasa disebut dengan galvalum atau zincalum, serta ZAM yang disebut berdasarkan lapisan yang digunakan yaitu zinc 96%, aluminium 6%, dan magnesium 3%.

Baja ringan mempunyai kuat tarik sebesar 250-550 Mpa dengan standar bahan yang digunakan, yaitu ASTM A792, JIS G3302, dan SGC 570. Berdasarkan kuat tarik tersebut, baja ringan dibedakan menjadi beberapa jenis. Kuat tarik tinggi atau 550 Mpa, digunakan untuk produk struktural seperti kerangka atap bangunan. Untuk baja ringan yang berkuat tarik rendah yakni 250-300 Mpa, digunakan sebagai bahan pembuatan alat yang membutuhkan kelenturan dan mudah dibentuk sesuai keinginan.

Keunggulan Baja Ringan

1.bp.blogspot.com

1.bp.blogspot.com

Seperti namanya, jenis baja ini memiliki bobot yang bahkan lebih ringan dari kayu. Inilah mengapa sekarang banyak yang menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap. Massanya yang lebih enteng membuat struktur bangunan sedikit terkurangi bebannya.

Masih sebagai kerangka atap bangunan, keunggulan lain dari baja ringan adalah bebas rayap. Keunggulan satu ini tidak kalah penting, mengingat sebagian besar alasan kerangka atap diganti karena sudah dimakan rayap. Anda tidak ingin diliputi kekhawatiran terhadap atap rumah yang bisa ambruk seketika, bukan?

Lebih murah, lebih kuat, dan lebih cepat ketika dipasang, merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh baja ringan. Meskipun bobotnya lebih enteng, tetapi kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional; mampu menahan beban berat serta fleksibel. Diproduksi oleh pabrik, membuat baja ringan memiliki bentuk yang sama sehingga jika disatukan akan terlihat simetris. Bobot yang ringan juga mempermudah proses pemasangan dan dapat disambung baik menggunakan baut, keling, maupun las.

Murahnya Harga Baja Ringan

4.bp.blogspot.com

4.bp.blogspot.com

Bentuk baja ringan terbagi menjadi dua, yaitu kaso dan reng. Kaso biasa disebut juga dengan truss atau kanal c. Fungsinya adalah sebagai pengganti kayu kaso. Ketebalan baja ringan untuk kaso bermacam-macam. Biasanya, digunakan untuk kuda-kuda utama pada kerangka atap bangunan. Berikutnya adalah baja ringan untuk reng yang berbentuk trapesium. Reng digunakan sebagai pembentuk bidang untuk meletakkan genteng dalam sistem kerangka atap bangunan. Kedua bentuk tersebut memengaruhi harga. Berikut adalah daftar harga baja ringan per batang baik kaso maupun reng dengan panjang 6 meter tiap batangnya.

KASO RENG
Tebal Harga Tebal Harga
0.65 mm 71-96 ribu rupiah 0.40 mm 36-56 ribu rupiah
0.70 mm 76-99 ribu rupiah 0.45 mm 41-61 ribu rupiah
0.75 mm 81-101 ribu rupiah
1.00 mm 106-151 ribu rupiah

Demikian ulasan mengenai baja ringan hingga harga baja ringan per batang. Sudah tahu tempat memesan baja ringan dengan mutu terbaik namun harganya terjangkau? Kunjungi isibangunan.com yang merupakan distributor berbagai macam barang impor, atau langsung hubungi nomor telepon +0811158309. Tunggu apa lagi? Segera pesan dan bawa pulang baja ringan kebutuhan Anda.

Komentar

Leave A Comment