9 Fakta Penting tentang Genting Metal Multiroof yang Wajib Anda Ketahui

Genting metal atau disebut juga genting multiroof merupakan inovasi penting dalam teknologi pembuatan genting rumah atau bangunan lainnya. Genting tradisional atau genting konvensional yang ada selama ini terbuat dari tanah. Dengan teknologi terkini, genting dapat dibuat dengan menggunakan logam atau metal sebagai bahan bakunya. Hasilnya, genting metal multiroof memiliki berbagai kelebihan dibanding genting tanah konvensional.

Genting metal sebagai genting modern dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan atap rumah atau bangunan lainnya. Meskipun demikian, sebelum Anda memutuskan menggunakannya, ketahui dulu 9 fakta penting genting metal multiroof berikut ini.

Asal usul sebutan multiroof

3.bp.blogspot.com

3.bp.blogspot.com

Secara harfiah, istilah multiroof berasal dari Bahasa Inggris yang berarti atap ganda. Standar bentuk genting metal terdiri dari 2 susun genting yang berjejer menjadi satu. Dalam satu susun dapat terdiri dari 4 atau 5 genting yang berukuran genting tanah konvensional.

Bahan dasar genting metal terbuat dari campuran logam

www.aptibet.org

www.aptibet.org

Genting metal tidak terbuat dari satu bahan logam saja. Untuk mendapatkan karakteristik terbaik, beberapa logam dicampur untuk membuat genting metal. Bahan ini dapat terbuat dari Colorboand atau baja ringan yang dilapisi seng, aluminium, fosfat, dan coraltex (batuan alam).

Varian genting metal di pasaran

www.aptibet.org

www.aptibet.org

Genting metal terdiri dari dua jenis yaitu genting metal berpasir dan genting metal polos. Genting metal berpasir merupakan insulator panas matahari yang lebih baik. Selain itu, genting metal berpasir juga dapat meredam suara air hujan. Meskipun demikian, genting metal berpasir lebih mahal dibanding genting metal polos.

Genting metal diklaim memiliki daya tahan tinggi

Zincalume (seng dan alumunium) merupakan bahan pembentuk genting metal yang memiliki karakteristik tahan pecah, antikarat, antijamur, serta antirayap. Bahan-bahan dasar tersebut meningkatkan daya tahan genting metal.

Memiliki bobot yang lebih ringan sehingga cocok di daerah rawan gempa

Genting multiroof berbentuk lembaran-lembaran yang membuatnya  menjadi lebih ringan dibanding genting tanah. Rata-rata berat genting multiroof adalah 7 kg untuk luas 1 meter persegi. Berat ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan atap beton yang memiliki berat sekitar 60 kg untuk luas bidang yang sama.

Oleh sebab itu, genting metal dapat menjadi pilihan genting untuk daerah-daerah rawan bencana gempa.

ukup ditopang dengan rangka sederhana

Oleh karena bobotnya ringan, Anda dapat menggunakan rangka atap sederhana yang terbuat dari bahan baja ringan.

Memiliki harga yang lebih murah

Rata-rata harga genting metal di Indonesia dijual antara Rp70.000–Rp100.000 per lembar. Merek, jenis, serta ketebalan genting tentu memengaruhi harga jual genting metal. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya pembangunan.

Hampir 60 persen bahan genting metal merupakan bahan daur ulang

http://startrussmandiri.com

http://startrussmandiri.com

Teknologi produksi genting metal saat ini dapat memanfaatkan bahan-bahan daur ulang sebagai bahan baku genting metal. Genting metal yang telah rusak pun dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan genting metal yang baru. Oleh karena itu genting metal merupakan genting yang ramah terhadap lingkungan.

Genting metal cenderung membuat interior bangunan terasa lebih panas

Genting metal, terutama jenis genting metal polos, dapat menyebabkan kondisi ruangan terasa panas. Hal ini disebabkan oleh karakteristik logam yang merupakan konduktor panas yang baik. Akibatnya, panas dari sinar matahari akan diteruskan ke dalam ruangan yang memiliki suhu lebih rendah.

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta di atas, apakah Anda memutuskan untuk menggunakan genting metal multiroof sebagai genting pilihan? Jika ya, belilah genting metal di distributor bahan bangunan berkualitas yang sudah terjamin mutunya. Jatuhkan pilihan Anda kepada distributor bahan bangunan resmi dan berkualitas di Jakarta kepada isibangunan.com. Segera klik situsnya di isibangunan.com dan dapatkan berbagai bahan bangunan berkualitas.

2018-02-13T08:00:08+00:00 Februari 13th, 2018|Categories: Bangunan|Tags: , , , , |

Leave A Comment