3 Tips Mengatasi Masalah Genting Baja Ringan yang Bocor

Saat musim hujan, kebocoran atap rumah merupakan masalah yang tidak menyenangkan bagi keluarga mana pun. Atap yang bocor dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah penghuni rumah tidak mampu merawat atap dengan baik. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah genting.

Genting baja ringan atau sering disebut genting metal dianggap lebih baik dari jenis genting lainnya. Genting jenis ini mulai diminati oleh masyarakat karena keunggulan yang dimilikinya, antara lain bobotnya yang lebih ringan, harganya lebih murah, dan tahan lama.

Akan tetapi tahukan Anda? Semua jenis genting yang tidak terawat dengan baik berpotensi mengalami kebocoran. Nah, saat mengetahui adanya kebocoran genting, Anda perlu segera memperbaikinya sebelum kebocoran bertambah luas. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba memperbaiki genting metal sendiri, simak tips di bawah ini:

Temukan penyebab dan sumber kebocoran terlebih dahulu

Pada kasus genting bocor, penyebab kebocoran dapat disebabkan berbagai hal, antara lain:

  • Sambungan antara genting terhalangi oleh daun atau ranting pohon sehingga menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah
  • Genting yang terbuat dari bahan metal dapat membentuk cekungan akibat terinjak. Cekungan yang terbentuk ini akan merubah jalan air sehingga dapat masuk ke dalam rumah
  • Genting rusak karena robek atau berlubang
  • Kemiringan atap rumah Anda tidak sesuai dengan standar yang seharusnya. Hal ini menyebabkan air hujan tidak langsung turun ke bawah.
  • Tidak dilakukan penyemenan pada pertemuan antara genting dan tembok atau terjadi keretakan pada pertemuan tersebut. Sebagai akibatnya, air hujan akan merembes ke dalam rumah.
  • Pemasangan genting yang tidak benar, seperti genting terpasang miring atau tidak lurus
Read More :   Pintu Baja Kayu untuk Rumah Masa Kini

Cek sumber kebocoran yang berarti tetesan air harus ditelusuri hingga ke genting.

Apabila sumber kebocoran telah diketahui, segera lakukan perbaikan dengan cara sebagai berikut

Kebocoran pada Nok (Rabung)

Ganti dan rapikan Nok kembali atau periksa paku SDS (Self Driving Screw) pada atap tersebut. Sealant (silicone watershield) dapat digunakan pada paku SDS bila diperlukan

Kebocoran pada talang

3.bp.blogspot.com

3.bp.blogspot.com

Periksa tingkat keparahan kebocoran yang terjadi pada talang. Apabila lubang kebocoran kecil maka dapat dilakukan penambalan dengan menggunakan bahan additive. Akan tetapi bila lubang kebocoran besar maka sebaiknya Anda mengganti talang dengan yang baru.

Kebocoran pada genting

jayawan.com

jayawan.com

Bila sumber kebocoran ternyata berasal dari salah satu genting, maka periksa lebih teliti sumber kebocorannya. Kebocoran dapat disebabkan oleh susunan lembaran genting tidak benar dan rapi. Anda dapat mengatasinya dengan merapikan kembali susunan lembaran genting dan memakunya dengan kuat dan rapi.

Bila sumber kebocoran berasal dari paku SDS yang terpasang di genting, maka dapat diatasi dengan pemberian sealant pada paku SDS agar air tidak merembes masuk.

Read More :   Temukan Penawaran Pintu Baja Harga Terbaik yang Berkualitas

Kebocoran pada wall flashing

Anda perlu meneliti lebih lanjut apakah kebocoran terjadi pada plesteran penutup wall flashing atau pada lembaran wall flashing. Jika kebocoran hanya terjadi pada plesteran penutup wall flashing saja, Anda dapat mengoleskan bahan water proofing pada plesteran tersebut. Akan tetapi bila kebocoran ternyata terjadi pada lembaran wall flashing, Anda dapat merapikan dan mengganti lembaran tersebut.

Lakukan pemantauan perbaikan genting

Pemantauan perlu dilakukan pada saat hari hujan untuk dapat menilai apakah perbaikan yang dilaksanakan berhasil mengatasi kebocoran atau tidak. Bila masih ditemukan kebocoran, Anda perlu melakukan pemeriksaan kembali dengan lebih rapi dan teliti.

Anda sebaiknya hanya membeli genting baja ringan dengan kualitas yang baik. Kualitas genting yang Anda beli ikut mempengaruhi ketahanan genting terhadap cuaca. Pastikan Anda membeli genting maupun bahan bangunan lainnya di toko tepercaya dan berpengalaman seperti isibangunan.com. Kunjungi situsnya dan dapatkan bahan bangunan berkualitas dengan harga terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.