Pelapis HPL tidak hanya bisa diaplikasikan pada permukaan furnitur saja. Tetapi juga bisa diaplikasikan sebagai panel dinding. Dijamin tampilannya semakin mempesona. Namun sebenarnya masih ada fungsi lain dari pemasangan bahan finishing tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk bermutu. Dengan cara menyimak daftar harga HPL Taco di pasaran.

Fungsi HPL Sebagai Panel Dinding

Aplikasi HPL untuk dinding interior tidak hanya bermanfaat sebagai penambah nilai artistik saja. Setidaknya ada tiga kegunaan atau fungsi lainnya. Sehingga sangat menguntungkan bisa menggunakan bahan pelapis ini sebagai dekorasi interior.

Material pelapis ini memang lebih populer sebagai bahan laminasi furnitur. Namun, secara kreatif bisa difungsikan juga sebagai material panel dinding. Baik pada partisi dinding maupun dinding ruangan. Anda bisa mengaplikasikannya di bangunan rumah, perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Nah, apa saja fungsi dari pemasangan HPL sebagai panel dinding atau wallpanel.

  1. Bisa Menutupi Kerusakan Dinding

Karena difungsikan sebagai panel dinding, maka akan menjadi lapisan terluar pada dinding. Material ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi kerusakan pada dinding. Kerusakan itu bisa karena terdapat noda yang sulit dibersihkan, cat terkelupas, berlumut, terdapat retakan halus dan sebagainya.

Anda bisa mengklamufase penampilan dinding tersebut dengan memasang pelapis HPL. Dengan begitu, dinding akan terlihat lebih cantik. Apalagi produk finishing ini memiliki sangat banyak varian warna dan motif menawan. Sehingga sangat memudahkan dalam penentuan desain, agar tetap serasi dengan ornamen interior lainnya.

manfaat panel dinding HPL

  1. Sebagai Tambahan Insulasi dan Peredam Kebisingan

Dinding interior tidak hanya terlihat semakin memikat dengan pemasangan panel dinding. Karena selain itu juga memiliki fungsi insulation dan soundproofing. Keberadaan panel dinding sangat efektif sebagai bahan tambahan insulasi pada ruangan.

Maksud dari insulasi adalah memberikan fungsi kontrol terhadap hawa panas dan dinding di dalam ruangan. Dengan begitu, suhu ruangan tetap terasa ideal dan memberikan kenyamanan pada penghuninya.

Fungsi lainnya adalah sebagai soundproofing atau lapisan akustik. Adanya lapisan ini bermanfaat sebagai peredam kebisingan. Sangat berguna untuk diaplikasikan pada ruang kelas sekolah, studio musik, ruang kerja, perkantoran, kamar hotel dan sebagainya. Jadi, untuk mendukung privasi pada sebuah ruangan dan lebih kedap suara, maka pemasangan panel dinding ini sangat dianjurkan.

  1. Berfungsi Sebagai Sekat Ruangan

Dinding struktur biasanya berupa bata atau batako. Namun, jika ingin memisahkan ruangan yang terlalu lapang, tidak harus menggunakan dinding solid. Anda bisa membuat partisi dinding atau sekat ruangan. Bisa dengan menggunakan material kayu dan dilapisi dengan pelapis HPL.

Cara ini pastinya lebih praktis dan hemat biaya. Daripada menggunakan material lain. Selain itu, ketahanan partisi dinding ini juga bisa diandalkan. Berkat pelapisan menggunakan HPL, yang sudah terbukti handal. Karena tahan air, tahan panas, anti jamur, tahan gores. Sehingga dindingnya terlihat lebih cantik dan awet.

Nah, setidaknya itulah beberapa fungsi dari pemasangan sekat ruangan menggunakan lapisan HPL. Sangat banyak pilihan warna dan corak yang dapat diaplikasikan. Agar bisa menyulap keindahan interior dalam waktu relatif singkat.

Daftar harga HPL Taco yang sangat terjangkau, sangat disukai konsumen apalagi kualitas dapat diandalkan. Pastikan Anda membeli di penjual atau distributor terpercaya. Pelajari spesifikasi produk yang ditawarkan. Supaya bisa mengukur kualitasnya dan menentukan produk yang lebih tepat.

Cara Memasang HPL Agar Kuat dan Rapi

Harga pelapis triplek HPLPenggunaan HPL untuk dinding bisa diandalkan untuk mengganti wallpaper, wallpanel PVC dan sebagainya sebagai penghias ruangan. Nilai estetika ruangan akan meningkat dengan signifikan. Karena dinding terlihat lebih mewah dan elegan.

Ukuran standar HPL adalah dengan panjang 2440 milimeter dan lebar 1220 milimeter. Ketebalan material ini mulai dari 0,5 milimeter hingga 1,5 milimeter. Harga jualnya di pasaran sangat tergantung dari kualitas, ketebalan dan mereknya. Semakin bagus kualitasnya umumnya ditawarkan dengan harga lebih tinggi.

Sebenarnya produk bagus tidak selalu dibanderol dengan harga mahal. Pastikan Anda mendapatkan informasi atau rekomendasi tepat, agar bisa menemukan produk HPL berkualitas tapi tetap bersaing harganya. Setelah itu bisa langsung mendatangi penjual atau memesannya secara online.

Anda bisa menyerahkan proses pemasangan pelapis HPL pada dinding kepada tukang profesional. Bisa juga memasangnya secara mandiri. Pastikan sudah mempelajari cara instalasi dengan benar. Supaya hasilnya rapi dan kuat. Nah, apa saja langkah-langkah penting yang harus diperhatikan?

  1. Persiapkan Permukaan Dinding

Material finishing tempel ini relatif muda dipasang. Namun bukan berarti asal langsung tempel. Anda harus memerhatikan kondisi permukaan dindingnya. Tujuannya agar hasil pemasangannya terlihat rapi dan bertahan lama atau tidak mudah terkelupas.

Bersihkan permukaan tembok dari paparan debu, noda dan kotoran. Meskipun terkadang tidak terlihat, tetapi tetap harus melakukan langkah tersebut. Sebagai upaya untuk mencegah kelembaban, sangat disarankan untuk mengoleskan lapisan cat waterproofing.

Sebab tingkat kelembaban yang tinggi akan merusak daya rekat lemnya. Setelah langkah tersebut, Anda tidak bisa langsung menempelkan lapisan HPL. Tetapi dengan menunggunya beberapa hari, setidaknya 3-5 hari. Untuk memastikan permukaan dinding sudah benar-benar kering. Jika sudah bisa mulai menempelkan pelapis HPL.

  1. Potong Lembaran HPL Sesuai Ukuran Dinding

Mungkin Anda tidak ingin menempelkan pelapis HPL untuk seluruh bidang dinding. Hal itu tidak menjadi masalah, sebab peranannya adalah sebagai pendukung dekorasi. Jadi luas pemasangan disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Bisa seluruh bidang dinding, separuh dan sebagainya.

Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah melakukan pengukuran bidang dindingnya secara akurat. Pakailah alat ukur atau meteran, agar hasilnya benar-benar valid. Kemudian membuat pola sesuai dengan bidang dinding. Setelah itu baru bisa melakukan pemotongan lembaran HPL.

Alat untuk memotong bahan pelapis ini sebenarnya bisa mengandalkan cutter. Namun jika ingin prosesnya lebih mudah dan hasilnya lebih rapi, maka disarankan menggunakan gergaji circle yang dilengkapi dengan mata potong keramik. Jika sudah dipotong, maka lembaran HPL harus diamplas bekas potongannya. Agar penampilannya lebih rapi.

  1. Tempelkan Pelapis HPL Pada Dinding

Sangat dianjurkan untuk memasang bahan pelapis dinding ini pada siang hari. Tepatnya ketika kondisi cuaca sedang cerah. Biasanya suhu udara berkisar 28-30 derajat celcius. Kenapa hal ini harus dilakukan? Tujuannya adalah supaya permukaan HPL tidak melengkung. Kondisi cuaca yang terlalu dingin atau panas memang berisiko mengakibatkan lembaran HPL mengalami keadaan tersebut.

Sebelum melakukan penempelan pelapis HPL pada dinding, maka oleskan lem kuning. Pastikan produk lem yang digunakan sudah teruji kualitasnya. Karena bila daya rekatnya lemah, sudah pasti lembaran HPL mudah terkelupas.

Penempelan bahan pelapis ini harus dikerjakan secara hati-hati. Agar permukaannya terlihat rata, maka tekanlah dari tengah lalu ke atas. Kemudian menekan dari sisi tengah menuju ke bawah. Kemudian bisa dilanjutkan dengan pemasangan paku menggunakan mesin tembak paku atau nail gun. Tujuan langkah ini supaya ikatan pelapis dan dinding semakin kuat.

cek harga HPL per lembar

  1. Sempurnakan Hasil Pemasangan HPL

Langkah selanjutnya bisa dengan menutupi bagian sambungan memakai dempul. Pengolesan dempul bisa dikerjakan secara cermat agar hasilnya sangat rapi dan sempurna. Sangat penting diperhatikan, agar dempul tidak mengotori permukaan pelapis HPL.

Kalau terdapat bagian ujung pelapis yang tidak rata, maka bisa dirapikan lagi memakai cutter. Kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan tekstur amplas yang paling halus, supaya tetap menjaga kerapian potongannya.

Bagaimana cara menyamarkan keberadaan paku? Anda bisa mewarnai paku tersebut dengan spidol khusus HPL atau cat kayu. Pastikan pewarnaan tersebut diserasikan dengan warna lapisan HPL-nya. Sedangkan untuk sisa-sisa lem yang terlihat masih menempel di permukaan pelapis HPL, bisa dihilangkan dengan bantuan bensin.

Itulah panduan praktis dalam pemasangan HPL sebagai pelapis dinding. Simak informasi daftar harga HPL Taco melalui distributor resmi di IsiBangunan.com. Dapatkan produk berkualitas dengan harga bersaing.

Please rate this