Furnitur menjadi kebutuhan setiap orang, baik untuk rumah tinggal, perkantoran maupun area publik. Oleh karenanya, desain, fungsi, ukuran, tampilan dan harganya bervariatif. Demikian juga dengan produk pelapis perabotan tersebut. Decosit hadir sebagai salah satu pilihannya. Harga decosit per roll relatif ekonomis, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pelapis furnitur kayu.

Fungsi Penggunaan Pelapis Kayu

Ada dua fungsi dasar dari penggunaan produk pelapis furnitur. Dengan pemasangan pelapis tersebut, harapannya perabotan rumah atau kantor lebih terlihat menawan dan panjang masa pakainya. Sehingga bisa menunjang aktivitas manusia dan menghemat pengeluaran. Berikut ini setidaknya fungsi atau manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan pelapis kayu.

  1. Meningkatkan Nilai Estetika Furnitur dan Interior

Ya, finishing seperti deco sheet sering diandalkan sebagai pelapis furnitur, terutama yang berbahan kayu olahan. Furnitur kayu solid biasanya mengaplikasikan pelapis cair, seperti cat duco dan melamin sebagai finishingnya. Meskipun bahan coating tersebut juga bisa diaplikasikan pada jenis kayu olahan.

Kayu olahan sangat banyak jenisnya, seperti plywood atau kayu lapis, MDF, particle board, blockboard dan sebagainya. Setiap jenisnya memiliki keunikan tersendiri. Mengenali kelebihan dan kekurangannya sangat penting, agar lebih tepat dalam pemilihan jenis kayunya.

Karena keberadaan kayu solid berkualitas semakin langka, sudah pasti berpengaruh besar terhadap harga jualnya. Harga furnitur berbahan kayu asli sangat mahal, apalagi jika dibarengi dengan desain yang menarik. Sayangnya, tidak semua orang mampu membelinya. Padahal setiap orang sangat membutuhkan produk furnitur dalam kesehariannya.

Beragam produk furnitur tidak hanya dimanfaatkan untuk penunjang kebutuhan dan aktivitas di rumah saja, tetapi juga sangat diperlukan di tempat kerja dan area publik. Kondisi tersebut memantik kreativitasan produsen atau pabrikan furnitur.

Mereka mulai mengolah kayu olahan agar menjadi produk lebih fungsional, yang pastinya sangat dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, sekarang ini sangat mudah ditemukan produk furnitur berlapis deco sheet, taco sheet, HPL (High Pressure Laminate) dan sebagainya.

Deco sheet atau dikenal juga dengan sebutan decosit merupakan produk coating furnitur yang cukup terkenal di Indonesia. Produk finishing ini menawarkan aneka warna dan pilihan menarik. Permukaannya halus dan berkilau, sehingga mampu menambah nilai estetika furnitur.

Bentuknya lembaran dengan ketebalan kurang lebih 1 milimeter. Tinggi dari lembaran ini adalah 120 centimeter. Dengan panjang bisa mencapai 100 meter per roll atau gulung. Walaupun menawarkan keindahan pada furnitur, namun harga decosit per roll masih sangat terjangkau. Karena itu, harga furnitur berlapis decosit juga tetap ekonomis.

agen HPL terdekatNamun, memang tidak bisa dipungkiri kalau warna atau tampilan deco sheet tidak bisa bertahan lama. Seiring penggunaan biasanya warnanya memudar atau terlihat kekuningan. Karena memang, material coating ini kurang tahan terhadap paparan air dan panas sinar matahari. Jadi bila kerap terpapar bisa membuat kualitas warnanya menurun.

Untuk itu, sebagai antisipasi penurunan kualitas dan penampilan tersebut, pastikan tidak menaruh furnitur di area yang mudah terpapar terik matahari secara langsung. Hindarkan juga perabotan dari percikan atau paparan air. Jadi tempatkan di area kering, supaya menjaga daya tahan furnitur tersebut.

Jika, Anda ingin mendapatkan kualitas dan ketahanan lebih bagus, lebih disarankan untuk menggunakan pelapis HPL. Memang dari segi harga lebih mahal daripada deco sheet. Akan tetapi material ini lebih tangguh, karena dilengkapi dengan fitur, anti air, tahan panas, anti jamur dan anti gores. Berbagai fitur bermanfaat tersebut yang menjadikan HPL lebih bagus daya tahannya.

Jadi, manakah yang seharusnya dipilih sebagai pelapis furnitur kayu? Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dananya. Kalau anggarannya lebih memadai, langsung menggunakan furnitur berlapis HPL lebih dianjurkan.

Selain bisa digunakan sebagai pelapis furnitur kayu, sebenarnya berbagai material di atas juga bisa digunakan sebagai pelapis berbagai elemen interior, seperti jendela, pintu, plafon, lantai, dinding dan sebagainya. Jadi Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghias area interior.

  1. Sebagai Pelindung Furnitur dan Interior

Berbagai ancaman bisa menimpa furnitur dan interior. Seperti benturan, goresan, paparan air, minyak, noda, terik matahari dan sebagainya. Agar meminimalisir risiko kerusakan, maka furnitur harus mendapatkan perlindungan memadai.

HPL sangat bisa diandalkan sebagai pelapis furnitur, karena dilengkapi lapisan anti gores, anti air, anti panas dan anti jamur. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu tidak mudah jamuran, lapuk dan rusak. Lembaran material ini memiliki karakteristik keras dan kaku. Sehingga sangat kuat melawan beragam ancaman tersebut.

Warna dan motifnya juga tidak cepat memudar. Walaupun perabotan ditempatkan di area basah atau sering terpapar terik matahari. Oleh karena itu, produk coating ini cukup ideal diaplikasikan sebagai pelapis lemari dapur atau kitchen set.

Penggunaan produk HPL berkualitas, pemasangan yang tepat dan rutin dalam pemeliharaannya, lebih menjamin daya tahannya. Sehingga masa pemakaiannya lebih lama, bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun.

Berbeda dengan harga decosit per roll, HPL dijual dengan hitungan per lembar. Sebab produk ini bentuknya lembaran mirip triplek. Dengan ketersediaan ketebalan yang berbeda-beda. Dengan begitu, memudahkan konsumen memilih varian produk sesuai kebutuhan dan keinginan.

Produk Pelapis Andalan Produsen Furnitur

distributor HPLPabrikan atau produsen furnitur sangat terbantu dengan adanya pelapis deco sheet dan HPL. Sebab pengerjaan finishing semakin praktis, mudah dan cepat. Selain itu juga lebih menghemat biaya dan tenaga. Dengan begitu, sangat membantu proses pengerjaan dengan hasil tampilan sangat menawan.

Penggunaan pelapis kayu tersebut juga membantu meningkatkan harga jual furniturnya. Struktur kayu olahan memang tidak sebagus kayu solid. Karena memang dibuat dari limbah kayu, sehingga perlu finishing yang sesuai. Agar penampilannya lebih menarik, dan nilai jualnya lebih bagus.

Penggunaan cat duco dan melamin dianggap lebih besar biayanya. Proses pengerjaannya memerlukan waktu lebih lama. Selain itu, juga sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Sebab proses pengeringannya sangat mengandalkan paparan sinar matahari.

Karena itu, penggunaan deco sheet dan HPL dianggap lebih ideal dan efisien secara biaya, tenaga serta waktu. Pilihan warna dan motifnya juga sangat beragam. Anda bisa memiliki furnitur dan interior dengan desain serat kayu, marmer, granit, metal atau memilih warna solid.

Tidak hanya sekelas pabrikan furnitur saja yang bisa menggunakan pelapis deco sheet atau HPL. Material ini bisa didapatkan di toko dekorasi bagunan. Khususnya produk decosit tidak harus dibeli dalam bentuk gulungan. Tetapi dijual eceran dengan hitungan per meter.

Jadi konsumen bisa membeli sesuai kebutuhan saja. Pastinya ketentuan tersebut sangat menghemat anggaran, karena tidak harus membeli dalam jumlah banyak sekaligus. Hitunglah kebutuhan dengan akurat, supaya jumlah pembeliannya lebih pas.

Jika Anda ingin mendapatkan produk pelapis furnitur yang terjamin kualitasnya, bisa langsung membelinya di IsiBangunan.com. Importir dan distributor ini menyediakan aneka produk dekorasi bangunan berkualitas. Mutu dan daya tahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Ayo, kunjungi sekarang juga dan dapatkan informasi terbaru harga decosit per roll!

Please rate this