Ruangan yang estetis bisa tercipta jika tepat dalam memilih furnitur. Hingga kini perabotan berbahan kayu masih menjadi favorit banyak orang. Apalagi dengan adanya produk pelapis furnitur, seperti decosheet atau dekon atau decosit. Anda bisa menemukan beragam produknya melalui toko yang jual decosheet terdekat.

Agar tercipta ruangan yang estetis, pemilihan furnitur yang sesuai dengan konsep interior hunian sangat penting. Perabotan berbahan kayu masih menjadi favorit kebanyakan orang. Karena banyak penjualnya, tersedia dalam berbagai fungsi dan dianggap cocok untuk seluruh tema desain interior.

Selain itu, penting juga mempertimbangkan penggunaan pelapis kayu, yang bisa semakin meningkatkan estetika furnitur dan interior. Supaya interior terlihat semakin sempurna, pastinya harus cermat dalam pemilihan material coating tersebut.

Ada banyak ragam pilihan produk pelapis furnitur di pasaran. Supaya lebih tepat dalam pemilihan dan pengaplikasiannya, sebaiknya Anda mengenal beberapa diantaranya.

  1. Nitro Cellulose

Resin nitrocellulose adalah bahan baku dari pelapis kayu bertekstur cair. Material tersebut kemudian dicampurkan dengan bahan pelarut, sehingga mudah dikeringkan. Ketahanannya terhadap air terbilang bagus. Pelapis ini menjadikan furnitur terlihat licin dan halus. Sayangnya hasil lapisannya tidak terlalu tebal. Karena itu membuat perabotan mudah tergores.

  1. Polyurethane

Material coating kayu ini biasanya dimanfaatkan sebagai pelapis anti air. Biasanya material pelapis ini diandalkan untuk furnitur outdoor. Daya tahannya terbilang lebih lama, bila dibandingkan dengan pelapis kayu bertekstur cair lainnya.

Kelebihannya tidak hanya tahan terhadap paparan air saja, sebab terbukti tahan panas. Lapisan filmnya juga lebih tebal layaknya plastik. Sehingga permukaan kayu bisa tertutupi dengan sempurna. Hasil pelapisannya nampak halus dan berkilau atau glossy. Dengan keunggulannya tersebut pelapis ini sangat diandalkan untuk perabotan kayu yang ditempatkan di luar ruangan.

  1. Pelapis Anti Air Berjenis Waterbased

Produk pelapis kayu ini mengandalkan air murni untuk bahan pelarutnya, sehingga bentuknya cair. Oleh karena itu mampu menghasilkan pelapisan transparan dan tidak menutupi warna dasar kayunya. Dengan begitu, tampilannya lebih natural.

Meskipun termasuk dalam jenis pelapis anti air, tetapi juga memiliki ketahanan yang bagus terhadap ancaman goresan. Harga produk ini juga lebih terjangkau. Karena itu, pelapis kayu ini cukup dikenal masyarakat.

  1. Pelapis HPL

HPL atau High Pressure Laminate dibuat dari jenis kertas tebal dan menghasilkan tekstur, warna serta motif menawan. Umumnya material ini dimanfaatkan sebagai pelapis kayu olahan untuk pembuatan furnitur. Kayu olahan yang dimaksud seperti blockboard, MDF, particle board atau pylwood.

Cara pembuatan bahan pelapis ini dengan merekatkan beberapa lapisan di bawah suhu dan tekanan sangat tinggi. Oleh karena itu, lapisannya sangat kuat, tahan air, tahan jamur, tahan panas dan anti gores. Bentuknya lembaran dengan ketebalan yang bervariatif.

Ketahanan pelapis ini terbukti lebih lama, jika dibandingkan dengan pelapis furnitur bentuk cair. Oleh karena itu, furnitur berlapis HLP bisa lebih lama pemakaiannya. Material coating ini sangat cocok untuk menghiasi furnitur bergaya modern dan minimalis. Tidak hanya untuk perabotan dan interior saja, karena bisa juga mempercantik tampilan eksterior bangunan.

Ada banyak pilihan motif memikat dari HPL, karenanya semakin menjadi primadona dalam dunia desain interior dan eksterior. Beberapa motif favoritnya adalah motif kayu, motif marmer, motif granit, motif metal dan motif warna solid.

  1. Deco Sheet

Bila dilihat dari penampilannya sekilas dengan HPL. Karena juga menampilkan aneka warna dan motif elegan. Pabrikannya juga meluncurkan sangat banyak motif menawan, jumlahnya mencapai ratusan. Sehingga sangat banyak motif cantik yang bisa digunakan. Dengan begitu, bisa memuaskan selera konsumen dan mudah dipadukan dengan gaya interiornya.

Namun, deco sheet tidak setebal HPL sehingga relatif mudah robek. Sehingga harus ekstra hati-hati ketika proses pemasangannya. Bicara ketahanan terhadap air, panas dan goresan juga belum sebagus HPL. Akan tetapi dari segi harga relatif lebih murah, bila dibandingkan dengan produk HPL.

Nah, itulah beberapa jenis pelapis kayu yang mudah dijumpai di pasaran. Tentunya masih ada lagi varian pelapis furnitur lainnya, yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan atau selera. Dapatkan motif kerusakaan Anda di toko yang jual decosheet terdekat.

Manfaat Memakai Pelapis Furnitur

harga jual HPL Pada dasarnya pelapis furnitur dimanfaatkan agar meningkatkan estetika dan sekaligus sebagai pelindung. Dengan begitu, furnitur mampu menambah keindahan ruangan. Selain tetap harus mengutamakan fungsionalitas dari perabotan tersebut.

Secara umum, material kayu tidak tahan dengan paparan air, panas, api dan goresan. Oleh karena itu, harus mendapatkan perlindungan memadai. Apalagi material tersebut merupakan kayu olahan, yang secara kualitas dan ketahanan tidak sebagus kayu solid.

Nah, dengan pemasangan pelapis berkualitas, maka setidaknya memberikan perlindungan memadai agar perabotan tidak mudah rusak. Dengan begitu, furnitur selalu terlihat bagus dan bisa digunakan dalam waktu lebih lama.

Supaya keinginan itu bisa terwujud, maka penting untuk memilih produk pelapis berkualitas. Sehingga hasil pelapisannya sangat sempurna, cantik dan tahan lama. Ketelitian dalam proses pengerjaan pemasangan juga sangat penting. Dengan demikian, hasilnya sangat rapi, bersih dan menawan.

Tentukan jenis pelapisnya, pilih yang berkualitas, pilih motif yang sesuai, temukan harga yang lebih bersing, dan tentukan tempat membelinya. Setidaknya dengan beberapa langkah tersebut, Anda bisa menemukan produk pelapis kayu yang benar-benar berkualitas tinggi.

Jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga sangat murah. Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari spesifikasi dan kualitas produknya. Sebab seringkali perbedaan yang sangat signifikan terjadi karena mutu dan spesifikasi produknya terpaut jauh. Pada dasarnya harga boleh murah, tetapi tidak murahan. Kualitas produk harus senantiasa menjadi prioritasnya.

Pilih Deco Sheet atau HPL?

jual HPL imporKarena penampilannya yang sama, bagi yang awam seringkali tidak bisa membedakannya. Oleh karena itu, pelajari perbedaan keduanya, agar lebih tepat dalam pemilihannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya atau distributor resminya. Supaya bisa memperoleh produk sesuai harapan, baik dari segi kualitas dan harganya.

Pada dasarnya kedua produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ingin lebih hemat anggaran, pilihannya adalah deco sheet. Sayangnya, kualitas produk tersebut tidak sebagus HPL. Karena lebih tipis, gampang robek, warna mudah pudar dan tidak tahan lama.

Sedangkan produk pelapis HPL menawarkan sebaliknya. Karena dari aspek harganya memang lebih tinggi. Namun, mampu memberikan kualitas yang lebih bisa diandalkan. Oleh karena, lebih tahan panas, tahan air, anti jamur dan anti goresan.

Sekarang ini sangat mudah menemukan kedua produk tersebut. Sebab sudah banyak penjual atau distributor yang menyediakannya. Tidak harus selalu datang langsung, karena bisa juga membelinya secara online.

Bagi Anda yang tidak bisa menemukan toko jual decosheet terdekat, belanja online pastinya sangat membantu. Bahkan bisa lebih hemat waktu, tenaga dan uang. Salah satu importir dan distributor yang menyediakan aneka bahan dekorasi bangunan adalah IsiBangunan.com. Pilihan motif dan stoknya sangat melimpah.

Please rate this