5 Aspek Penting dalam Desain Kamar Mandi Minimalis

2018-08-01T01:17:21+00:00Februari 17th, 2018|Categories: Bangunan|Tags: , , , |

desain kamar mandi minimalis – Beberapa tahun terakhir, desain minimalis muncul menjadi tren yang disukai banyak orang. Sebagian besar kontraktor menerapkan gaya minimalis untuk mendekorasi bangunan dengan lahan terbatas. Meski terkesan sederhana, tetapi sedap dipandang mata. Dari sisi perawatan, ruang bergaya minimalis lebih mudah dan murah ketimbang model lain.

Desain minimalis juga cocok diaplikasikan pada kamar mandi sempit guna memberikan efek luas, tanpa mengurangi nilai estetika ruangan. Sebelum Anda melakukan dekorasi, ada sejumlah aspek penting dalam desain kamar mandi minimalis yang wajib diperhatikan.

Ukuran Desain Kamar Mandi Minimalis

desain kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis – livedesain.com

Sesuaikan rancangan dengan letak dan luas kamar mandi. Walau terlihat sepele, hal tersebut menentukan jenis sanitary wear dan perlengkapan kamar mandi apa yang sebaiknya Anda gunakan. Sangat penting untuk melakukan sketsa terlebih dahulu.

Warna

desain kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis – i.pinimg.com

Pemilihan warna perangkat sanitasi, keramik, dan dinding turut berperan dalam menciptakan kesan lapang. Warna netral dan natural banyak digunakan untuk mendekorasi ruang sempit, padahal warna vintage pun dapat memberi efek serupa. Artinya, minimalis tidak melulu monoton. Anda dapat menggabungkan sejumlah warna dalam satu ruangan.

Sebagai contoh, kombinasi warna abu-abu dan cokelat akan menghasilkan perpaduan yang kontras dan dinamis. Warna lain yang dapat Anda coba adalah gabungan antara warna hijau, putih, dan abu-abu atau krem. Warna tersebut memberikan kesan segar dan modern.

Warna monokromatik pun tak kalah menawan. Kombinasi dari satu warna dasar menyuguhkan harmonisasi yang indah dan menimbulkan kesan hangat. Namun, jika Anda lebih menyukai warna kalem, cukup padukan warna krem dengan putih atau emas. Selain menciptakan suasana santai, kamar mandi akan tampak lebih mewah dalam balutan kesederhanaan.

Lantai

desain kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis – 2.bp.blogspot.com

Untuk melapisi lantai, ada sejumlah material yang dapat dijadikan pilihan, yakni keramik, granit, dan marmer. Masing-masing memiliki ukuran, corak, warna, dan keunggulan yang berbeda.

Keramik merupakan material standar yang biasa digunakan. Keramik mudah ditemukan di toko bahan bangunan baik di desa maupun kota. Harganya relatif murah dan gampang dibersihkan. Namun, ukuran keramik tidak sebesar marmer dan granit.

Jika Anda menginginkan kesan mewah, jatuhkan pilihan pada granit atau marmer. Marmer juga memberikan kesan sejuk dan luas. Sayangnya, granit dan marmer sulit untuk dibersihkan dan memerlukan perawatan ekstra. Harganya pun tergolong mahal. Kendati demikian, material tersebut menjadi favorit dalam desain kamar mandi minimalis.

Dinding

desain kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis – edesainminimalis.com

Mayoritas orang hanya menggunakan cat tembok untuk melapisi dinding. Di samping lebih murah, warnanya bervariasi. Perawatannya pun mudah dan tidak menghabiskan banyak dana. Kekurangannya, cat tembok cepat berubah warna dan mengelupas.

Dari sisi harga, wallpaper memang mahal, tetapi daya tahannya lebih lama ketimbang cat tembok. Wallpaper dapat bertahan hingga 8 tahun. Tentunya, tergantung jenis dan kualitas wallpaper. Semakin bagus maka umur wallpaper semakin panjang.

Di pasaran tersedia beberapa jenis wallpaper yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan kamar mandi Anda, antara lain vinyl wallpaper, self-adhesive wallpaper, dan fiberglass wallpaper. Untuk desain dan warna wallpaper sangat beragam. Anda dapat menyesuaikan dengan selera.

Material lain yang dapat dijadikan alternatif adalah keramik dinding. Tak jauh berbeda dengan wallpaper, keramik dinding juga dapat menimbulkan kesan “wah” sekaligus indah. Material ini tidak mudah rusak dan semakin berkilau saat dibersihkan. Keramik dinding memiliki banyak jenis dan teksur, mulai dari stone tile, glass tile, glazed tile, mosaic tile, hingga costum printing tile.

Perabot

desain kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis – 1.bp.blogspot.com

Tema minimalis menonjolkan kesederhanaan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli hiasan. Beri sedikit sentuhan “cantik” dengan aksesori fungsional, seperti bingkai kaca, gantungan handuk, atau kabinet.

Baca Juga:

Itulah 5 aspek yang sebaiknya diperhatikan sebelum Anda menciptakan kamar mandi impian. Sempurnakan desain kamar mandi minimalis dengan memperhatikan pencahayaan, ventilasi, dan floor drain. Jika Anda membutuhkan perlengkapan kamar mandi, jangan ragu untuk berbelanja di isibangunan.com. Dapatkan produk sanitasi berkualitas dengan harga kompetitif. Hubungi kami sekarang juga! Klik Di sini

Komentar

Leave A Comment