Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar

“Make it simple, but significant.” – Don Draper

Memiliki lahan yang terbatas di area perkotaan membuat sebagain orang memilih desain rumah yang minimalis. Rumah dengan desain seperti ini mengusung konsep simpel, lebih menunjukkan elemen geometri serta minim dekorasi.

Namun, bukan berarti hunian minimalis harus dibiarkan seadanya. Anda dapat memilih material-material sederhana yang memiliki karakter kuat sehingga membuat rumah terlihat menarik.

Untuk bahan penutup lantai, material vinyl dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki pilihan motif yang elegan, vinyl sangat cocok dipadukan dengan konsep geometris pada hunian. Selain mudah didapatkan, jenis lantai vinyl juga mudah dipasang sehingga tak akan mengganggu proses penyelesaian rumah.

Lantai vinyl biasanya dipasang menggunakan jasa profesional untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun bagi Anda yang ingin menekan biaya tersebut, berikut ini kami bagikan cara pasang lantai vinyl dengan benar.

Ketahui Jenis Lantai

Ketahui Jenis Lantai - Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar

Ketahui Jenis Lantai – Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar – Pinterest

Secara umum, lantai vinyl memili tiga jenis yakni vinyl plank, vinyl tile, dan vinyl rool. Vinyl plank berbentuk seperti lembaran kayu tipis dengan ukuran lebar antara 10 sampai 20 cm serta panjang 90 sampai 100 cm. Sementara itu, lantai vinyl tile berbentuk seperti keramik. Untuk lantai vinyl roll, bentuknya seperti karpet roll dengan ukuran lebar mencapai 2 meter. Sementara ukuran panjangnya hingga 25 meter.

Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, cara pemasangannya ke lantai hampir mirip, yakni menggunakan lem.

Cara Pemasangan

Cara Pemasangan - Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar

Cara Pemasangan – Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar – redbancosdealimentos

  • Ukur ruang dan pesan lantai vinyl.

Ukurlah luas ruangan yang akan dipasang vinyl secara teliti. Penting bagi Anda untuk mendapat ukuran yang akurat. Bila tak dilakukan, maka bisa saja Anda kekurangan material vinyl yang akan digunakan. Sebaiknya, Anda memesan ukuran vinyl yang lebih besar dari ukuran ruangan yang akan ditutupi untuk mencegah kekurangan.

  • Singkirkan benda di lantai.

Untuk mulai memasang lantai, pastikan Anda menyingkirkan setiap benda yang ada di lantai. Misalnya Anda akan memasang vinyl di dapur, maka mulailah memindahkan kulkas, rak piring, dan lemari.

  • Bersihkan lantai dengan teliti

Sebelum memasang vinyl, pastikan lantai harus rata, dan kering. Tentukan titik pusat dari keempat sisi dinding dalam ruangan. Kemudian hubungkan titik dari ujung dinding ke titik tengah. Anda akan mendapatkan pola dua garis yang menyilang sehingga bisa menjadi acuan saat memasang vinyl lantai.

  • Perekat yang Berkualitas

Agar cara pasang lantai vinyl dapat berhasil, gunakanlah lem yang berkualitas. Jenis lem yang sering digunakan bisa Anda beli di toko bangunan. Oleskan lem secukupnya ke permukaan lantai dan bagian bawah lantai vinyl. Tempelkan segera vinyl setelah lem dibalurkan. Ikuti garis pedoman agar hasil semakin rapi.

  • Pemotongan

Untuk mendapat hasil maksimal, pada beberapa ruangan perlu dilakukan pemotongan lantai lantai, agar pemasangannya rapat ke dinding. Gunakanlah  pisau cutter yang tajam serta penggaris dari logam sebagai bantuan.

Pada dasarnya, lantai vinyl roll memiliki bentuk yang lebih fleksibel sehingga mudah untuk di terapkan. Namun tetap saja Anda harus berhati-hati bila melakukan pemotongan di beberapa bagian. Lebih baik untuk ruangan kecil, gunakan lantai vinyl jenis plank atau tile. Sementara untuk ruangan yang lebih besar, pilihlah jenis vinyl roll.

Membeli Lantai Vinyl Berkualitas

Membeli Lantai Vinyl Berkualitas - Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar

Membeli Lantai Vinyl Berkualitas – Begini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Benar – gatewaygrassroots

Ketika telah mengetahui cara pasang lantai vinyl yang tepat maka jangan lupa gunakan barang yang berkualitas pula. Anda dapat membeli kebutuhan lantai vinyl di  PT. Lumbung Kemakmuran Bersama yang merupakan perusahaan importir terkemuka di Indonesia.

Melayani pemesanan via online, Anda bisa  mengunjungi kami situs resmi kami di isibangunan.com. Produk vinyl yang kami jual bermutu tinggi. Kami dan memiliki kualitas nomor 1 di Indonesia. Tunggu apalagi? Segera pesan sesuai kebutuhan.

Baca Juga :

2018-03-21T08:00:48+00:00 Maret 21st, 2018|Categories: Lantai Vinyl, Vinyl|Tags: , , , |

Leave A Comment