Begini Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Tepat

2018-01-05T08:00:43+00:00Januari 5th, 2018|Categories: Blog, Lantai Vinyl|Tags: , , , , |

Popularitas lantai vinyl semakin meningkat belakangan ini. Selain dapat bertahan lama, jenis lantai ini memiliki banyak pilihan bentuk dan motif, sehingga memudahkan Anda berkreasi. Harganya pun relatif rendah sehingga dapat dijangkau semua kalangan.

Namun harus diingat, sama seperti bagian rumah lainnya, lantai juga harus dirawat dengan benar dan teratur. Sebagai panduan, berikut kami bagikan beberapa cara membersihkan lantai vinyl dengan tepat.

Debu

lantai Vinly - 3.bp.blogspot.com

lantai Vinly – 3.bp.blogspot.com

Membersihkan debu lantai secara rutin merupakan cara sederhana untuk membuat lantai vinyl Anda tetap awet. Kotoran yang dibiarkan menumpuk terlalu lama justru dapat mengikis permukaan lantai.

Untuk pembersihan menggunakan sapu, pakailah jenis sapu nilon yang lembut. Jangan lupa bersihkan sapu terlebih dulu dari kotoran seperti potongan kertas atau rambut sebelum digunakan. Sementara bila menggunakan vacum cleaner, pastikan sikat yang dipakai tidak kasar untuk mencegah kerusakan pada permukaan vinyl.

Setelah debu dibersihkan, sebaiknya lantai dipel. Anda dapat menambahkan cuka pada air agar lantai bersih secara maksimal serta menghilangkan bau tak sedap.

Pastikan ketika dipel, lantai tidak menjadi terlalu basah. Pasalnya, air yang menumpuk berlebihan di celah vinyl akan menyebabkan kerusakan pada lapisan lem. Akibatnya, vinyl semakin mudah terlepas.

Noda Ringan

lantai Vinly - biopolish.com

lantai Vinly – biopolish.com

Jangan sepelekan noda ringan seperti tumpahan air putih atau jus di atas lantai vinyl. Bila dibiarkan mengering sendiri, akan terbentuk noda permanen sehingga semakin sulit dibersihkan. Karena itu, segera bersihkan tumpahan air dengan menggunakan lap kering. Sementara untuk jus atau minuman bergula, bersihkanlah dengan lap basah.

Noda Membandel

lantai Vinly - wallpapergordyn.com

lantai Vinly – wallpapergordyn.com

Untuk menghilangkan noda membandel seperti tumpahan minyak atau saus tomat, Anda bisa menggunakan cairan pembersih atau detergen. Gosok dengan sikat atau spons lembut secara perlahan, kemudian bersihkan menggunakan lap basah. Pastikan jangan sampai ada pembersih atau sabun yang tertinggal karena justru akan meninggalkan noda baru. Setelah itu, keringkan permukaan dengan lap.

Selain menggunakan cairan pembersih komersil, Anda dapat membersihkan noda menggunakan bahan yang lebih murah yakni baking soda. Agar dapat diaplikasikan, buatlah pasta, yang merupakan campuran baking soda dan air hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Selanjutnya, gosok ke permukaan vinyl yang kotor dan bersihkan dengan lap basah.

Bila terkena noda make up, cat kuku, atau tinta, cara membersihkan lantai vinyl dengan tepat adalah menggunakan alkohol. Hindari penggunaan aseton karena justru akan merusak permukaan lantai vinyl.

Goresan

lantai Vinly - 4.bp.blogspot.com

lantai Vinly – 4.bp.blogspot.com

Goresan akan menyebabkan lantai vinyl terlihat tak lagi menarik. Sebagai cara penanggulangannya, segera oleskan bagian tersebut dengan kain halus yang telah diberi minyak jojoba. Goresan yang ringan akan mudah hilang, sedangkan goresan yang kondisinya parah hanya dapat disamarkan saja.

 

Langkah Pencegahan

lantai Vinly - 3.bp.blogspot.com

lantai Vinly – 3.bp.blogspot.com

Demikianlah cara membersihkan lantai vinyl yang perlu Anda ketahui. Perawatan dengan benar dan rutin akan menghasilkan lantai  yang bersih, mengilap, terawat serta awet.

Meskipun demikian, lebih baik Anda melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar  lantai berumur panjang. Berhubung lantai vinyl mudah tergores, sebaiknya Anda tidak menggeser benda-benda berat secara langsung karena dapat menyebabkan kerusakan permanen. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengalas benda yang hendak dipindahkan dengan papan atau keset kaki.

Anda juga perlu meletakkan keset kaki di depan pintu ruangan yang lantainya menggunakan vinyl. Keset kaki dapat meminimalkan kehadiran debu serta kotoran berlebihan ke atas permukaan lantai. Pasang juga pelindung karet pada bagian bawah furnitur yang berat. Ini penting untuk mencegah goresan di lantai bila furnitur dipindahkan.

Komentar

Leave A Comment