Cara Membersihkan Lantai Vinyl Agar Tahan Lama

 

Seiring dengan perkembangan zaman, desain interior rumah pun semakin beragam. Misalnya, di zaman modern ini, lantai rumah tidak hanya menggunakan ubin atau keramik, tetapi telah merambah hingga lantai kayu dan vinyl. Pemilihan jenis lantai tentu disesuaikan dengan selera si pemilik rumah.

Adapun lantai vinyl umumnya dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, seperti desain yang beragam, harga terjangkau, dan mudah dalam perawatan. Jika lantai rumah Anda terbuat dari vinyl, proses perawatannya sangat mudah. Namun Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan lantai vinyl dengan benar agar lantai bisa tahan lama. Pasalnya, jika lantai vinyl mengalami kerusakan, lantai tidak dapat diperbaiki dan harus diganti.

Nah, berikut adalah cara membersihkan lantai vinyl agar lantai tetap awet dan tahan lama:

Menghilangkan Debu

Anda bisa menghilangkan debu atau partikel pasir yang menempel pada permukaan lantai vinyl dengan menggunakan sapu atau mengepelnya. Anda juga bisa menggunakan air hangat dan menambahkan beberapa tetes pH cleaner untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Read More :   Jenis-Jenis Lantai Karpet Vinyl Serta Harganya

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan saat mengepel yaitu menggunakan larutan cuka dan air. Campuran ini tidak hanya dapat membersihkan lantai namun juga menghilangkan segala jenis bau busuk.

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

Membersihkan Noda Membandel

Minyak yang menempel pada lantai membutuhkan perlakuan khusus. Jika tidak segera dibersihkan, maka bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan lantai. Sebaiknya, jangan gunakan detergen keras jenis apa pun untuk membersihkannya. Detergen cenderung akan menyebabkan permukaan lantai menjadi lengket dan debu gampang menempel.

Untuk menghilangkan minyak, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes pembersih dengan air hangat untuk membersihkan lantai dan bilas dengan bersih. Anda juga bisa mencampurkan sabun cuci piring cair dengan satu liter air untuk menghilangkan noda membandel tersebut.

Jika noda tersebut sangat sulit dihilangkan, Anda dapat membasahi lantai dengan campuran bahan seperti di atas, diamkan selama semalaman sehingga kotoran menjadi lunak. Kemudian bersihkan dengan kain kering.

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

Membersihkan Tumpahan

Untuk menjaga lantai tetap mengilap dan bersih, bersihkan lantai sesegera mungkin jika terjadi tumpahan, baik tumpahan makanan atau bahan lainnya. Jika dibiarkan lama, maka noda tersebut akan sulit dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dengan cara membilas tumpahan tersebut dengan kain basah dan cairan.

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

Menyediakan Alas Kaki Atau Keset

Hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk selalu menjaga lantai agar tetap bersih yaitu dengan menyediakan alas kaki atau keset pada setiap pintu masuk ruangan. Sebelum masuk ruangan, jangan lupa usapkan kaki pada keset untuk mencegah menempelnya debu dan kotoran pada lantai rumah Anda.

Read More :   Vinyl Lantai Bandung_Pilihan Pelapis Lantai untuk Rumah Modern

Jangan Menginjak Lantai Yang Baru Dipasang

Jika Anda baru saja memasang lantai vinyl, sebaiknya jangan menginjaknya terlebih dulu selama kurang lebih 24 jam. Hindari juga menggeser-geser benda berat di atas lantai vinyl, untuk menghindari kerusakan permanen. Jika terpaksa harus memindahkan barang-barang berat dan besar, lapisi dengan alas kain untuk mencegah goresan.

Jika Anda telah menggunakan lantai vinyl dalam jangka lama, lantai vinyl akan terkelupas. Untuk menjaganya, jangan bersihkan bagian yang terkelupas tersebut. Namun, tempelkan dan rekatkan kembali bagian yang terkelupas tersebut dengan menggunakan lem.

Sementara itu, pada lantai vinyl yang sudah terlalu kotor, Anda bisa membersihkannya dengan metode scrub atau general cleaning. Selanjutnya, pada lantai vinyl yang sudah kusam, Anda bisa menggunakan coating agar lantai kembali mengkilap.

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

cara membersihkan lantai vinyl/https://renovasi-rumah.net

Nah, itu tadi cara membersihkan lantai vinyl dengan benar. Jangan ragu lagi memilih lantai vinyl sebagai lantai pada rumah Anda. Meski harganya terjangkau, lantai vinyl juga bisa tahan lama jika dirawat dengan benar.

Read More :   Menarik, Inilah 4 Tipe Lantai untuk Mempercantik Rumah Anda

Leave a Reply