Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama

2018-09-12T12:47:19+00:00September 8th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Wallpaper merupakan alternatif dekorasi dinding yang banyak diminati karena motifnya yang beragam. Idealnya, wallpaper dapat bertahan hingga 10 tahun. Namun, karena perawatan dan cara memasang wallpaper dinding yang salah, hanya dalam beberapa tahun sudah tampak kusam.

Bagi Anda yang suka berkreasi dengan dekorasi interior rumah, memasang wallpaper sendiri tentu menyenangkan. Agar dinding terlihat menarik dan hasilnya tahan lama, ikutilah urutan langkah di bawah ini.

Siapkan Peralatan

Siapkan Peralatan - Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - HGTV.com

cara memasang wallpaper dinding – image : HGTV.com

Peralatan yang harus ada sebelum pemasangan wallpaper meliputi alas plastik, tangga, meteran, roller, ampelas, dua buah bak untuk mengaduk lem, lem wallpaper, benang dengan pemberat, kuas lem, pisau cutter, pensil, dan penggaris. Sediakan peralatan lengkap supaya proses pemasangan nantinya tidak terhambat.

Mempersiapkan Dinding

Pastikan dinding tidak dalam kondisi lembap, karena kelembapan dapat membuat wallpaper cepat rusak. Untuk mengurangi kelembapan, Anda dapat melapisi cat khusus anti dinding lembap. Selain itu, Anda harus membersihkan dinding dari debu dan kotoran. Jika cat masih baru tunggu hingga benar-benar kering.

Usahakan agar permukaan dinding halus dan rata. Semakin rata dinding Anda, wallpaper akan semakin rekat menempel. Lapisan cat lama yang sudah mengelupas atau bekas wallpaper lama harus dibersihkan dengan sekrap terlebih dahulu. Apabila permukaan dinding kasar, ratakan dengan ampelas, kemudian lap dengan kain hingga bersih.

Pengukuran

Pengukuran - Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - HGTV.com

cara memasang wallpaper dinding – image : HGTV.com

Buatlah pengukuran pada dinding yang akan dilapisi dengan wallpaper. Sesuaikan lebarnya dengan lebar wallpaper. Untuk sambungan, lebihkan antara 1 hingga 1,5 cm.

Memotong Wallpaper

Potong wallpaper sesuai hasil pengukuran. Temukan pola yang berulang sebagai tempat Anda memotong wallpaper. Ukur objek pada ujung kertas sampai menemukan objek yang sama persis. Ukuran ini digunakan untuk menandai kertas sebelum Anda memotong menjadi panel-panel. Biasanya petunjuk pemasangan untuk menyatukan motif antar panel ada pada kemasan. Perhatikan petunjuk tersebut pada saat pemasangan supaya motifnya sesuai dengan seharusnya.

Menandai Posisi Memasang Wallpaper

Menandai Posisi Memasang Wallpaper - Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - diynetwork.com

cara memasang wallpaper dinding – image : diynetwork.com

Cara memasang wallpaper dinding dimulai dengan menandai posisi untuk memasang wallpaper dengan pensil. Supaya posisinya lurus, gunakan alat bantu berupa benang dengan pemberat dan penggaris.

Melapisi Dinding dengan Lem

Campurkan lem dengan air dengan takaran sesuai petunjuk pada kemasan. Siapkan lem dalam dua bak terpisah, untuk lem keseluruhan dan lem sambungan. Lem untuk bagian sambungan harus lebih kental karena bagian tersebut memerlukan daya rekat yang lebih tinggi. Dengan roller, sapukan lem pada dinding yang akan dilapisi wallpaper.

Menempel Wallpaper

Menempel Wallpaper - Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - nestingwithgrace.com

cara memasang wallpaper dinding – image : nestingwithgrace.com

Wallpaper biasanya dilengkapi dengan perekat di bagian belakangnya. Lap bagian tersebut dengan air bersih dan spons dari atas ke bawah hingga perekat tidak terlihat lagi. Kemudian tempelkan wallpaper pada permukaan yang sudah dilapisi lem.

Perhatikan tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Titik awal umumnya dari ujung ruangan yang tidak mencolok, misalnya dinding di belakang pintu. Hindari memulai dari tengah kecuali dinding memiliki aksen. Lekatkan wallpaper dengan hati-hati. Pastikan posisi wallpaper tegak lurus dengan lantai. Anda dapat menggunakan benang dengan bandul sebagai acuan agar posisinya tidak miring.

Untuk cara memasang wallpaper dinding pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus untuk bagian ini.

Meratakan Wallpaper

Meratakan Wallpaper - Urutan Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - grup-pumsa.cat

cara memasang wallpaper dinding – image : grup-pumsa.cat

Ratakan wallpaper yang sudah dipasang menggunakan penggaris akrilik. Sisa-sisa wallpaper yang berlebih, harus Anda potong dengan menggunakan pisau cutter. Pastikan tidak ada permukaan yang menggelembung atau belum menempel.

Cek

Setelah wallpaper terpasang, periksa kerapiannya, terutama bagian sambungan dan sudut. Bersihkan sisa-sisa lem yang menempel pada wallpaper, terutama pada bagian sambungan dengan menggunakan spons.

 

 

Demikian urutan cara memasang wallpaper dinding dengan benar supaya hasilnya rapi, cantik, dan tahan lama. Setelah wallpaper terpasang, Anda perlu merawatnya dengan cara rajin membersihkan permukaan dari debu dan kotoran yang menempel.

 

Komentar

Leave A Comment