3 Pendekatan untuk Mengenal Besi Beton

Besi beton atau lebih dikenal dengan besi tulangan beton merupakan komponen penting dalam proses mengecor maupun membuat fondasi suatu bangunan. Berat besi beton memang tidak seberapa, tetapi cukup kuat untuk membuat bangunan tersebut kokoh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang besi beton, mari berkenalan dengannya lewat ulasan berikut.

Spesifikasi Besi Beton

duniabajakomsen.com

duniabajakomsen.com

Besi beton, steel bar, atau steel rebar (reforcing bar) merupakan batang baja yang digunakan untuk menambah kekuatan beton dan menahannya dari runtuh. Sifat beton dan besi beton ini sangan berlawanan. Beton kuat terhadap tekanan, tetapi tidak kuat terhadap tarikan. Sebaliknya, besi beton sangat kuat terhadap tarikan, tetapi tidak kuat terhadap tekanan. Oleh karena itulah, kedua sifat ini disatukan sehingga menghasilkan yang namanya beton bertulang atau reinforcement concrete.

Jenis besi beton yang paling sering digunakan adalah baja karbon dan dilapisi dengan bahan stainless steel, serat kaca, serat karbon, dan serat basalt. Bahan-bahan tersebut membuat besi beton tidak terlalu banyak memuai atau menyusut ketika mengalami perubahan suhu, sehingga tidak mengakibatkan retaknya bangunan, sekaligus membuatnya tahan terhadap korosi.

Sesuai dalam SNI 07-2052-2002 yang mengatur standar besi beton, besi beton harus terhindar dari kandungan serpihan, lipatan, retakan, luka dalam yang muncul pada proses cenai. Teksturnya harus kasar atau BjTD (Baja Tulangan Deform), kecuali untuk tulangan spiral dan tendon boleh menggunakan tekstur yang polos atau BjTP (baja Tulangan Polos). Tekstur kasar atau sirip pada besi beton juga harus memiliki pola dan jarak yang teratur, ukuran yang sama, dan arahnya melintang dari sumbu batang dalam sudut 45°-75° dengan kedua sisi dibuat berlawanan. Atau jika sudutnya di atas 70°, kondisi sirip berlawanan di kedua sisi itu tidak perlu. Rusuk memanjang dalam besi beton juga harus sejajar dengan sumbu batang tersebut.

Dalam SNI, telah diatur pula tentang jenis, ukuran, panjang, dan berat besi beton, serta toleransi atau pengecualian terhadap penyimpangan atas standar yang telah ditetapkan. Contohnya, pada standar berat besi beton yakni antara 0,222 kg/m sampai 17,4 kg/m dengan toleransi yang berbeda-beda sesuai kategori namun dibatasi sampai 3,5% terhadap batas toleransi tersebut. Harga besi beton juga bergantung pada ukuran-ukuran ini, khususnya pada diameternya. Diameter besi beton tersedia mulai dari 3,8 mm sampai 18,8 mm dengan harga antara 11 ribu rupiah hingga 218 ribu rupiah per batangnya.

Istimewanya Besi Beton

ecs7.tokopedia.net

ecs7.tokopedia.net

Beberapa keistimewaan besi beton telah tercantum dalam ulasan mengenai spesifikasi sebelumnya. Keistimewaan lain besi beton dituliskan dalam poin-poin berikut ini.

  1. Mudah dipasang dengan menggunakan fasilitas fabrikasi bengkel.
  2. Sifat homogen yang ada pada besi beton dapat meminimalkan atau bahkan menghilangkan faktor ketidakpastian mutu bahan.
  3. Besarnya deformasi dalam tegangan yang lumayan tinggi dapat menghindarkan bangunan dari roboh.
  4. Dapat dilas untuk menyambungkannya.
  5. Komponen yang menyusunnya tidak permanen sehingga dapat dengan mudah dibongkar pasang.
  6. Dapat didaur ulang dengan melebur bagian-bagian yang sudah tak terpakai.
  7. Jika dipelihara dengan baik dan dalam kondisi normal, besi beton dapat bertahan lama atau bahkan selamanya tanpa khawatir kemampuannya berkurang.

Sisi Lain Besi Beton yang Artistik

3.bp.blogspot.com

3.bp.blogspot.com

Selain sebagai penguat fondasi dan struktur sebuah bangunan, besi beton juga dapat digunakan untuk dekorasi. Besi beton yang sudah tidak terpakai dapat dilebur atau didaur ulang sebagai perabotan rumah tangga. Kap lampu, leher pada patung angsa, teralis jendela dan pintu, pagar rumah, pegangan tangga, rusuk rak, kaki kursi dan meja, serta vas, dapat menggunakan bekas besi beton ini, tentunya dengan dicat dahulu untuk mendapatkan warna yang menarik.

Demikianlah perkenalan dengan besi beton. Pendekatan ini perlu, sebelum Anda mengenalnya lebih jauh dan kemudian membelinya untuk bangunan baru Anda, begitu juga dengan berat besi beton yang sesuai kebutuhan. Segera hubungi +0811158309 untuk mendapatkan harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik.

2018-03-02T08:00:38+00:00 Maret 2nd, 2018|Categories: Bangunan|Tags: , , , , |

Leave A Comment