Beginilah Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl, Gampang Kok

Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl

Sebelum memesan lantai kayu vinyl, ada baiknya untuk mengetahui lebih dahulu tentang cara memasangnya. Agar mendapatkan hasil yang baik dan tentunya memuaskan.

Cara pemasangan lantai kayu vinyl ternyata tidak sulit, bisa dikerjakan oleh siapa saja bahkan pemula sekalipun. Namun jika pemasangan dilakukan oleh mereka yang ahli dalam bangunan, pengerjaannya menjadi lebih cepat dan rapih. Berikut ini cara pemasangan lantai kayu vinyl:

Pemasangan Lantai Kayu Vinyl Mudah dan Cepat

Ukur permukaan lantai

Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl

Sebelum memasang lantai kayu vinyl, sebaiknya ketahui dahulu ukuran lantai yang hendak dipasang kayu vinyl tersebut. Bisa dikur sendiri atau menggunakan jasa profesional untuk membantu.

Perlu diingar bahwa pengukuran di tahap paling awal amatlah penting untuk memastikan jumlah atau luas lantai vinyl yang akan di beli. Jangan sampai ketika barang sudah tiba dan dipasang ternyata jumlahnya kurang dari kebutuhan. Selain menunda waktu pengerjaan, pemesanan selanjutnya juga akan memakan waktu.

Belum lagi jika harus membayar ongkos kirimnya yang berulang kali. Tentu akan menguras budget lebih besar lagi. Maka pengukuran lantai sangat penting dilakukan.

Jangan sampai nanti lantai kayu vinyl yang dibeli ternyata tidak cukup dengan luas lantai yang ada di rumah. Ada baiknya untuk mencegah hal itu, lebih baik memesan sedikit lebih banyak sehingga saat pengerjaan kita tidak kekurangan. Ya, memesan lebih banyak merupakan salah satu solusi bijaknya.

Jika kita memiliki vinyl lebih palagi untuk produk yang cukup langka maka bisa dijadikan sebagai cadangan jikalau ada vinyl yang sobek atau rusak atau sewaktu-waktu ingin menggantinya.

Pastikan permukaan lantai dalam keadaan bersih dan kering

Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl
Jika produk sudah sampai di rumah, maka saatnya membersihkan lantai dengan maksimal. Pasalnya, jika ingin lem para lantai kayu vinyl terpasang sempurna maka lantai harus benar-benar bersih dan juga kering. Hal ini tidak boleh diabaikan untuk hasil lantai vinyl yang maksimal indahnya.

Persiapkan lantai yang akan dipasangkan Lantai Kayu Vinyl dengan baik dan pastikan lantai tersebut sudah dalam keadaan yang kering, bersih, rata dan halus. Jika lantai rumah Anda sebelumnya terbuat dari semen, sebaiknya pastikan semen sudah rata dan tidak ada retak-retak yang nanti mengganggu proses pemasangan. Jangan biarkan lantai tersebut terlalu panas, dingin atau lembab.

Jadi, kunci utama memasang lantai kayu vinyl dengan sempurna ialah dengan memastikan bahwa pemukaan lantai sebelumnya dalam keadaan bersih, kering, dan juga rata. Jika belum memenuhi semuanya, maka luangkan waktu untuk mmebuat lantai rata, bisa dengan menambalnya dengan semen. Hal ini agar lantai vinyl yang terpasang bisa awet hingga puluhan tahun.

Pilih jenis vinyl

Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl

Tidak banyak mungkin orang yang tahu bahwa lantai kayu vinyl ini memiliki bebarap tipe, ada dua tipe tepatnya. Keduanya sama-sama praktis dalam pemasangan dan sama-sama memiliki ragam motif yang menakjubkan yang bisa membantu mewujudkan pemandangan dalam rumah yang menawan dan indah.

Terdapat dua jenis lantai kayu vinyl, yaitu self-stick dan glue down. Apa perbedaan dari keduanya? Ya, tepat sekali. Perbedaannya ialah pada lem untuk menempelkan vinyl ke permukaan lantai yang telah dipersiapkan.

Lebih detailnya: Perbedaannya terletak pada perekat yang ada di bagian bawahnya.

  • Untuk tipe vinyl self-stick

Adalah jenis vinyl yang sudah ada zat perekat pada bagian bawahnya, jadi kita hanya perlu memasangnya saja di lantai. Tentunya hal ini mudah dilakukan bukan? Bisa dilakukan siapa saja.

Tipe lantai kayu vinyl ini adalah yang paling praktis dan paling mudah dipasang. Saking mudahnya tidak perlu kita menyewa tenaga profesional. Jika kita cukup percaya diri, maka kita bisa memasangnya, tentunya setelah mematuhi dan mempelajari cara memasang yang benar dan tepat.

Tipe jenis ini mungkin banyak dicari karena simple dan praktis. Namun dari segi daya rekatnya mungkin masih akan kurang sempurna. Selanjutnya kita akan berkenalan dengan tipe lantai kayu vinyl lainnya yang tak kalah menakjubkan.

  • Tipe glue down

Tipe lantai kayu vinyl ini butuh lebih banyak pekerjaan tambahan, karena tak memiliki zat perekat pada bagian bawahnya. Namun jangan khawatir, untuk hasilnya tak kalah keren dengan sebelumnya. Justru lantai vinyl bisa merekat lebih sempurna dengan lem khusus untuk merekatkan vinyl.

Lantai ini pun bisa dipasang sendiri tanpa tenaga profesional. Caranya adalah:
Sebelum merekatkannya, kita harus mengoleskan lem di bawah lapisan dasar untuk memastikan lantai ini bisa merekat dengan sempurna. Namun sebelumnya, pastikan bahwa permukaan lantai dalam keadaan bersih, kering, dan juga rata sempurna untuk memastikan lantai vinyl merekat sempurna.

Meksipun ada satu sisi yang mmebuat pemasangan lantai kayu vinyl ini lebih repot dari tipe yang sebelumnya. Tipe ini juga membuat kita harus mengeluarkan biaya tambahan, misalnya untuk lem dan alat untuk merekatkannya.

Untuk menunggu lemnya kering juga butuh beberapa waktu. Namun jika kita mau bersabar, maka hasil terbaik yang akan diperoleh. Perlu diketahui, bahwa lantai kayu vinyl ini juga sama-sama memiliki keragaman motif dan warna. Jadi jangan khawatir bahwa kita tak akan bisa menemukan lantai yang sesuai keinginan kita.

Tips Memasang Lantai Kayu Vinyl dengan Sempurna

Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl

Khususnya untuk tipe yang kedua, lantai kayu vinyl ini perlu diterapkan cara khusus agar pemasangan lnatai vinyl berjalan sempurna tanpa ada kesalahan. Ikuti tips ini untuk hasil lantai vinyl terbaik dan juga menawan.

Agar terpasang dengan sempurna, sebaiknya sediakan kain basah untuk mencegah jika ada tumpahan noda yang jatuh ke lantai. Jadi, jiak sekiranya ada lem yang tmpah atau mentes, maka bisa segera di lap dengan kain basah tersebut. Jangan sampai lem tersebut mengering dipermukaan vinyl karena akan sulit dibersihkan.

Dan ditakutkan akan bisa merusak permukaan lantai kayu vinyl yang halus dan mengkilap.
Satu hal yang penting diingat adalah rekatkan vinyl dengan hati-hati dan pastikan tidak ada jarak yang memisahkan antarasatu lembar vinyl dengan lembar lainnya. Jika ada peregangan, hal ini bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Jamur yang ada akan membuat lantai jadi tidak higienis dan juga tidak bersih dan bisa menimbulkan penyakit.
Jadi, meksipun merekatkannya sangat gampang, namun memastikan kerapihan lantai kayu vinyl harus dilakukan dengan hati-hati. Oleh karena itulah, menggunakan jasa profesional tak akan membuat kita rugi.

Untuk mempersiapkan lem perekatnya, sebaiknya biarkan lem yang sudah dioleskan ke vinyl menjadi sedikit mengering, baru setelah itu tempelkan ke lantai.  Jangan memindahkan lantai kayu vinyl yang sudah terpasang karena jika dilakukan bisa menyebabkan kerusakan. Lantai kayu vinyl yang sudah rusak biasanya tidak bisa digunakan lagi. Sungguh disayangkan jika sampai terjadi.

Beli Lantai Kayu Vinyl di Isibangunan.com

Jika kita sudah tahu cara pemasangannya yang benar, maka saatnya kita tahu dimana tempat membeli lantai kayu vinyl yang murah serta mudah. Salah satu yang banyak dikunjungi ialah di situs isibangunan.com. bersiaplah terpesona dengan pilihan ragam lantai kayu vinyl yang motifnya beragam dan juga indah dilihat yang akan menyulap ruangan jadi lebih mewah dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

2017-12-14T17:00:01+00:00 Desember 14th, 2017|Categories: Lantai Vinyl|Tags: , , , |

Leave A Comment