Macam-Macam Pakaian Untuk Pekerja Lapangan

2018-01-25T08:00:54+00:00Januari 25th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , , , , |

Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat bekerja di tempat yang memiliki risiko kecelakaan tinggi. Setiap perusahaan tentu sudah menetapkan prosedur tersebut dalam manual atau panduan kerja mereka. Bentuk perlindungan keselamatan pun dimulai dari bagian paling dasar, yakni pakaian dan perlengkapan tubuh.

Baju safety lapangan adalah istilah yang ditujukan untuk pakaian standar di tempat kerja yang desainnya menekankan pada aspek perlindungan diri. Aspek tersebut dimanifestasikan mulai dari pemilihan material hingga model dan bentuknya.

Selain pertimbangan material, variasi pilihan warna juga semakin berkembang. Dengan ini, para pekerja bisa bebas memilih warna yang mereka anggap menarik. Warna ini sendiri juga memiliki fungsi lain, yakni identitas. Di wilayah kerja yang sibuk, warna juga bisa menjadi pembeda divisi dan golongan.

Selain warna, penambahan detail pada baju juga sudah sering dilakukan oleh para pembuat baju. Namun begitu, detail yang diberikan tentu tetap mengikuti standar yang ada. Detail yang sering ditambahkan pada desain standar pakaian kerja lapangan adalah saku.

Berikut ini adalah beberapa jenis pakaian yang umum dikenakan oleh para pekerja lapangan. Namun sebelum itu, ada baiknya melihat sesaat  penjelasan singkat tentang Wearpack.

Apa Itu Wearpack?

Baju safety lapangan - duniacakrawala.com

Baju safety lapangan – duniacakrawala.com

 

Wearpack adalah sebutan untuk seragam yang dikenakan oleh para pekerja lapangan. Wearpack dibedakan menjadi 2 jenis: biasa dan khusus. Tipe biasa adalah jenis yang biasanya dipakai di lingkungan kerja dengan risiko rendah hingga sedang. Kemudian untuk khusus, jenis yang ini dikenakan di lokasi kerja dengan risiko kecelakaan tinggi, seperti area tambang.

Jenis-Jenis Wearpack yang Umum Dikenakan di Lapangan

Baju safety lapangan - grosiralatsafety.net

Baju safety lapangan – grosiralatsafety.net

 

  1. Potongan

Seragam yang satu ini bentuknya terpisah antara bawahan dan atasannya. Untuk kenyamanan yang sempurna, desain yang tersedia di pasaran adalah untuk laki-laki dan perempuan. Untuk membedakan yang tipe biasa dan khusus, biasanya ditambahkan detail garis/pita reflektor atau scotchlite pada tipe khusus agar si pengguna mudah dikenali di area yang minim cahaya.

  1. Coverall

Untuk model ini, celana dan atasan tidak dibuat terpisah. Untuk memudahkan si pengguna saat memakai dan melepas pakaiannya, zipper atau ritsleting biasanya didesain memanjang dari kerah hingga pinggang. Dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang lebih sering menyebutnya dengan baju montir.

  1. Rompi Safety

Rompi adalah pakaian tambahan yang biasanya dikenakan untuk luaran. Detail desain umum rompi di antaranya adalah tanpa lengan, memiliki empat saku, berwarna cerah (high visibility), dan memiliki garis-garis reflektor.

Standar Pakaian Baju Safety Lapangan

Baju safety lapangan - 3.bp.blogspot.com

Baju safety lapangan – 3.bp.blogspot.com

Agar terhindar dari bahaya, berikut adalah beberapa poin yang harus baju safety lapangan miliki

  • Kain yang kuat. Material kain yang biasanya digunakan untuk wearpack adalah kain Drill. Dalam hal proteksi, ada juga model pakaian yang terbuat dari bahan anti api dan air (water and flame resistant).
  • Ukuran yang menyesuaikan tubuh penggunanya. Jika terlalu longgar atau ketat, si pengguna bisa saja merasa kesulitan dan tidak nyaman saat melakukan aktivitas.
  • Hindari desain yang memiliki detail menjuntai. Kain-kain yang menjuntai akan sangat berbahaya jika berdekatan dengan mesin yang bergerak.
  • Memiliki warna cerah atau high visibility. Warna cerah akan memudahkan mata pekerja lain dalam mengenali penggunanya.
  • Adanya tambahan garis/pita reflektor atau Garis-garis ini akan memantulkan cahaya dan membuat penggunanya mudah dikenali walaupun sedang berada di tempat redup. Karena sifatnya yang peka, garis reflektor tetap mampu berpendar di area minim cahaya.

 

Demikianlah penjelasan singkat seputar pakaian standar yang dikenakan di lapangan. Saat memilih, pastikan untuk melihat aspek-aspek penting di atas demi kelancaran dan keamanan dalam bekerja.

Komentar

Leave A Comment