Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel

2018-05-29T08:00:41+00:00 Mei 29th, 2018|Categories: ACP|Tags: , |

Belakangan, banyak bangunan dengan dinding yang dilapisi Aluminium composite panel (ACP). Selain sebagai pengganti sentuhan akhir plester dan cat, ACP juga dimanfaatkan untuk memperindah konstruksi sebuah bangunan. Ada berbagai bangunan yang telah memanfaatkan ACP sebagai lapisan luar dinding, seperti hotel, bank, SPBU, kantor-kantor pemerintahan, kantor-kantor perusahaan, dan sebagainya.

 

Material Dinding

Material Dinding - Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel

Material Dinding – Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel – Pinterest

Perlakuan pemasangan ACP akan berbeda jika dipasang pada bahan dinding yang berbeda. Ada yang bisa langsung dipasang, ada yang harus dilapisi plester. Berikut 2 bahan dinding beserta perlakuan dinding sebelum dipasangi ACP.

  • Dinding batu bata

Untuk dinding yang berbahan batu bata, sebelum dipasang ACP, sebaiknya diplester terlebih dahulu. Plester ini boleh menggunakan aci maupun tidak. Lapisan plester ini berfungsi untuk mengikat konstruksi rangka dengan kuat. ACP pun juga dapat kuat dan tahan lama  menempel di dinding

  • Aluminium Composite Panel untuk Dinding beton

Jika bangunan yang ingin Anda lapisi dengan ACP berbahan dinding dari beton, ACP bisa langsung dipasang tanpa harus diplester.

 

Material untuk Dudukan Aluminuim Composite Panel (ACP)

Material untuk Dudukan Aluminuim Composite Panel - Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel

Material untuk Dudukan Aluminuim Composite Panel – Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel – flickr

Material sebagai rangka dudukan untuk menepelkan ACP sebaiknya menggunakan metal atau logam dengan kualitas baik. Kedua material ini bagus untuk rangka dudukan karena tidak mudah berkarat dan rusak, sebagai contoh aluminium dan besi hallow.

Meskipun begitu, ketebalan logam rangka dapat berpengaruh terhadap bebean rangka dan beban ACP. Hindari penggunaan rangka yang berasal dari furring gypsum galvanis. Material ini tidak tahan dengan panas matahari, perubahan cuaca, kelembapan, dan air hujan sehingga mudah berkarat.

 

Langkah-Langkah Memasang Aluminuim Composite Panel (ACP)

Langkah-Langkah Memasang ACP - Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel

Langkah-Langkah Memasang ACP – Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel – accordbanners

Secara singkat, langkah-langkah dalam memasang ACP dibagi ke dalam 5 langkah. Pertama, memasang konstruksi rangka dudukan ACP pada permukaan dinding. Kedua, memfrabikasi lembaran ACP. Ketiga, memasang lembaran ACP pada rangka dudukan. Keempat, memasang sealent pada sela-sela lembaran ACP. Kelima, membersihkan ACP. Jangan lupa mengecek kembali sambungan las dan kekuatan sekrup setelah besi hollow terpasang. Ini dimaksudkan agar rangka terbukti kuat sebelum dipasangi aluminium composite panel.

Di bawah ini langkah-langkah pemasangan ACP secara lengkap.

  • Tahap memasang scaffolding

Sebelumnya, dilakukan pengecekan terhadap kondisi bidang dinding yang akan dipasang, rata atau tidak. Kemudian, tentukan jarak bidang permukaan dinding dengan bidang seven. Setelah itu, tentukan titik braket pada permukaan dinding.

Untuk memasang rangka, jarak antara permukaan dinding dengan rangka tidak melebihi 50 cm. Perlu diperhatikan, panjang braket disesuaikan dengan jarak antara permukaan dinding dengan modul panel seven. Braket siku penunjang yang biasanya berukuran 70 x 70 x 7 mm disambungkan menggunakan las dengan braket siku ACP standar yang berukuran 50 x 50 x 4 mm.

Setelah disambung, braket dipasang menggunakan baut dyna bilt pada titik-titik permukaan dinding yang telah ditentukan. Perhatikan titik-titik ini dengan saksama. Sebab, jika tidak akurat akan berpengaruh terhadap rangka vertikal dan modul.

  • Tahap memasang rangka vetikal

Rangka vertikal berbahan besi hollow dengan ukuran 40 x 40 mm. Sambungkan dengan titik-titik braket menggunakan sekrup galvis berdiameter 4 mm. Setelah terpasang, lakukan pengecekan kembali terhadap permukaan dinding. Lalu, mengecek rangka vertikal apakah sudah lurus atau belum.

Selanjutnya dilakukan pemasangan rangka horizontal yang disesuaikan dengan modul panel. Rangka horizontal disambungkan dengan rangka vertikal memakai sekrup galvis dengan diameter 4 mm.

  • Tahap memasang braket modul ACP

Pada tahap ini digunakan material siku berbahan aluminium yang dipasang berhadapan dengan rangka hollow. Perhatikan jarak antarmodul. Jarak ini harus konsisten agar sealent yang digunakan tidak terbolak-balik dan terpadu pada semua penempatan modul.

Sealent yang hendaknya digunakan ialah sealent neutral. Sealent jenis ini tahan di berbagai cuaca dan mudah disambungkan menggunakan lakban berbahan kertas.

 

Belanja ACP Berkualitas Tinggi di Isibangunan.com

Belanja ACP Berkualitas Tinggi di Isibangunan - Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel

Belanja ACP Berkualitas Tinggi di Isibangunan – Penting! Ini Cara Memasang Aluminium Composite Panel – Pinterest

Baca Juga :

Kami perusahaan importir dan distributor aluminium composite panel berkualitas tinggi. Harga yang bersaing bisa Anda dapatkan di tempat kami. Jika Anda ingin berbelanja ACP, silakan berkunjung ke situs kami. Anda juga dapat mengubungi kami di +62811-158-309 atau kirim pesan melalui WhatsApp.

Leave A Comment